Bioindustri Omnipresen

Blog

Pernis Kayu Water Based Untuk Finishing Kayu Pinus, Biovarnish

Pernis kayu merupakan salah satu bahan finishing warna transparan yang sering digunakan pada finishing bahan kayu, termasuk finishing untuk kayu pinus. Pernis berfungsi untuk meningkatkan nilai estetika kayu dan melindungi media kayu yang dilapisinya.

finishing kayu pinus bisa dilakukan dengan pernis water based Biovarnish

Pernis atau sering pula disebut dengan vernis kayu atau varnish merupakan bahan finishing kayu yang sejak jaman dahulu sering digunakan dalam industri furniture maupun building.

Fungsi pernis secara umum dibedakan menjadi dua macam. Fungsi yang pertama, yaitu untuk fungsi proteksi. Media kayu yang telah diaplikasi dengan diharapkan menjadi lebih tahan terhadap paparan cuaca secara langsung maupun tak langsung.

Fungsi yang kedua, yaitu untuk meningkatkan nilai estetika dari media kayu. Selain difungsikan untuk proteksi kayu, pernis dimaksudkan untuk meningkatkan nilai estetika atau keindahan alami kayu.

Keindahan struktur dan serat kayu alami tetap ter-ekspose meskipun sudah dilakukan proses finishing menggunakan pernis. Karena pernis hasilnya bening, tidak menimbulkan efek warna pada media kayu.

Rekomendasi Pernis Kayu yang Bagus

Sebelum memilih merk pernis yang mau digunakan, akan lebih baik jika Anda secara jeli memperhatikan karakter dari berbagai pernis yang ada di pasaran. Secara umum, pernis diperuntukkan untuk finishing indoor. Pernis kayu biasanya terbuat dari colorant dan top coat. Jenis pernis yang pewarnanya menggunakan dye biasanya bersifat tidak tahan terhadap paparan langsung cuaca.

Warna pernis akan lebih cepat memudar jika jenis furniturenya adalah furniture outdoor. Akan tetapi, terdapat beberapa jenis pernis yang bisa digunakan baik untuk finishing indoor ataupun outdoor, termasuk Biovarnish.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu water based yang bisa diaplikasikan untuk media berbahan kayu, bambu, particle board, rotan, maupun serat alam. Sangat praktis untuk digunakan, produk ini bisa diaplikasikan dengan kuas, bal, maupun spray gun.

Produk pernis kayu water based ini juga aman dan ramah lingkungan, tidak bau dan tidak beracun. Karena produk ini diformulasikan dengan mengacu pada standar keamanan penggunaan bahan kimia di US dan Eropa, yaitu regulasi US-EPA dan ECHA.

Sehingga produk ini bisa diaplikasikan untuk proses finishing kayu untuk furniture maupun produk building seperti kusen dan pintu yang akan dijual pada market yang persyaratannya eco friendly atau negara dengan regulasi keamanan ketat seperti US, Uni Eropa, Jepang, Jerman, dll.

Merk Pernis kayu yang Bagus Untuk Finishing Kayu Pinus

Kayu pinus merupakan jenis kayu dengan lebih dari 20 species yang berbeda. Namun secara umum, hanya ada dua jenis kayu yang sering digunakan di industri kayu, yaitu Pinus Radiata dan Pinus Merkusii. Jenis Pinus Merkusii inilah yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Kayu pinus memiliki kelebihan di kemudahannya untuk diproses dan seratnya yang halus, sehingga sangat membantu pada saat proses finishing. Namun, Anda juga perlu hati-hati memilih bahan finishing, karena kayu pinus cukup lemah terhadap kelembaban produk dan perubahan suhu.

Biovarnish merupakan pilihan tepat untuk fiishing kayu pinus dengan kualitasnya yang bagus. Selain itu, produk top coat/clear coat water based ini juga mampu diaplikasikan di area indoor maupun area outdoor.

pernis kayu water based untuk aplikasi furniture kayu pinus

Tips Aplikasi Biovarnish Untuk Finishing Kayu Hasil Close Pore

Untuk memaksimalkan hasil finishing kayu pinus menggunakan Biovarnish, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup cacat kayu seperti mata kayu dan menutup pori-pori yang besar. Wood filler juga membantu untuk didapatkannya hasil finishing yang close pore.

Setelah aplikasi Biovarnish Wood Filler, aplikasikan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang diharapkan. Terdapat 20 pilihan warna untuk Anda pilih. Anda bisa menggunakan kuas maupun spray gun untuk mengaplikasinya.

Setelah aplikasi Biovarnish Wood Filler dan Biovarnish Wood Stain, sangat disarankan untuk mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk hasil yang maksimal. Biovarnish Clear Coat difungsikan sebagai topcoat untuk menutup lapisan film di bawahnya dan untuk memberikan efek glossy pada hasil finishing media kayu. Produk Biovarnish Clear Coat tersedia dalam varian gloss dan doff.

Untuk memperoleh produk pernis kayu water based ini, Anda bisa kontak no hotline kami di 0822-4338-0001 (phone, sms, wa). Untuk Anda yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya, Anda bisa mengunjungi Bio Service Point Jogja.

Untuk Anda yang berdomisili di daerah Jepara, bisa menghubungi Bio Service Point Jepara. Sedangkan untuk Anda yang berdomisili di wilayah Cirebon, Anda bisa menghubungi Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

tanya cs bio
Tanya Bio!