Bioindustri Omnipresen

Blog

Pengertian Pernis dan Fungsinya dalam Finishing Furniture Kayu

Pernis adalah bahan finishing transparan yang sering digunakan pada finishing bahan kayu, berfungsi untuk meningkatkan estetika dan melindungi media kayu yang dilapisinya.

Pernis kayu adalah bahan finishing kayu yang seringkali digunakan dalam industri furniture maupun building karena kepraktisannya. Bahan finishing ini bisa langsung diaplikasikan pada berbagai jenis furniture kayu tanpa harus menggunakan bahan finishing lain. Namun demikian, pernis juga bisa diaplikasikan dalam sistem coating, dipadu dengan bahan-bahan lain.

Pernis atau sering pula disebut dengan vernis atau varnish sudah dikenal sejak jaman dulu di berbagai wilayah di dunia, seperti Mesir, India, Cina, Jepang dan Korea. Para ahli sejarah menyampaikan, bahwa awalnya varnish telah populer di India dan Cina sebelum berkembang di Jepang dan Korea.

Kata “varnish” berasal dari kata latin “vernix” yang artinya resin yang berbau. Awalnya resin dikembangkan dari mencampur resin-getah pinus dengan pelarut, kemudian diaplikasikan dengan cara kuas untuk mendapatkan efek keemasan dan lapisan film yang keras untuk melindungi media yang dilapisi.

Manfaat Pernis Kayu dalam Proses Finishing Furniture Berbahan Kayu

Pernis bisa melindungi media kayu dari efek panas, hujan, angin, kotoran maupun serangan serangga. Pernis juga mampu melindungi permukaan kayu dari pengaruh bahan kimia rumah tangga seperti cuka dan alkohol.

Secara umum, pernis menghasilkan tampilan warna transparan namun mampu menguatkan serat kayu sehingga keindahan alur dan serat kayu semakin terekspose.

Namun ada juga jenis pernis yang menghasilkan lapisan film yang mengandung sedikit warna. Hasil akhir lapisan film-nya biasanya glossy, walaupun ada juga jenis pernis yang tampilan akhirnya doff.

Pernis sintetis yang paling bagus hasilnya saat ini masih yang berbahan polyurethane yang mampu menghasilkan hasil coating yang bening, tidak menguning (non yellowing), dan sangat kuat dan keras. Sehingga sangat cocok bahkan untuk furniture outdoor heavy duty sekalipun.

Jenis-Jenis Pernis Yang Sering Digunakan Untuk Finishing Furniture

Secara umum, pernis/vernis/varnish dibedakan menjadi dua, yaitu pernis solvent based dan pernis water based. Pernis solvent based biasanya merupakan kombinasi dari drying oil, resin, thinner atau solvent.

Sedangkan pernis water based menggunakan air sebagai pelarutnya. Pernis water based mampu memberikan hasil yang similar dengan pernis solvent based. bahkan jenis pernis ini memberikan tawaran beberapa keunggulan.

Lantas, apa keunggulan pernis water based dibanding pernis solvent based? Beberapa keunggulannya antara lain cepat kering, bahkan kering sentuh sudah didapatkan hanya dalam kurun waktu 20-30 menit.

Selain itu, hasil finishingnya juga tidak mudah retak dan tidak menimbulkan gelembung yang bisa menjebak udara di dalamnya. Bahkan hasilnya juga tahan air dan tahan terhadap alkohol. Yang paling menarik adalah karena tidak ada kecenderungan untuk menguning pada hasil finishingnya.

CTA Konsultasi Produk Finishing Kayu

Pernis Adalah Bahan Finishing yang Praktis

Pernis bisa diaplikasikan dengan cara kuas maupun dengan cara semprot/spray. Pada pernis solvent based, setelah pernis diaplikasikan maka lapisan film akan terbentuk dan mengeras seiring dengan menguapnya solvent yang digunakan. Sedangkan pada pernis water based, proses pembentukan lapisan film terjadi seiring menguapnya air yang digunakan sebagai pelarut.

Keunggulan finishing dengan pernis selain praktis dan mudah aplikasinya adalah kualitas estetikanya yang mampu menampilkan keindahan serat kayu alami. Meskipun yang digunakan adalah pernis warna namun tetap mampu memperlihatkan keindahan serat kayu di bawahnya.

Karena praktis dan hasil finishingnya menarik, berbagai proses finishing kayu pun banyak memanfaatkan pernis. Metode finishing dengan pernis banyak diminati untuk lantai kayu, kusen, pintu, wooden toys, handycraft hingga furniture.

Di pasaran, berbagai produk pernis telah banyak beredar dengan beragam variasi. Anda bisa menemukan pernis yang unggul karena tahan lama, hingga pernis yang mampu memberikan hasil akhir finishing yang berkualitas tinggi.

Dua Fungsi Pernis yang Utama

Pernis adalah bahan finishing yang banyak digunakan oleh para pekerja finishing karena proses aplikasinya yang relatif mudah namun hasilnya memuaskan. Sebagaimana bahan finishing lainnya, pernis memiliki dua fungsi, yaitu:

  1. Fungsi Proteksi. Pernis diaplikasikan untuk memberikan proteksi terhadap kayu. Kayu yang telah diaplikasikan dengan pernis diharapkan lebih tahan terhadap paparan lingkungan dari yang sifatnya biotik maupun abiotik. Kayu lebih tahan panas, tahan air, tahan serangan serangga, jamur termasuk efek negatif dari angin.
  2. Fungsi Estetika. Selain diaplikasikan untuk memberikan proteksi, pernis juga dimaksudkan untuk meningkatkan estetika kayu. Hasil aplikasi dari pernis bisa meningkatkan keindahan dari media kayu, bahkan bisa menutupi cacat kayu yang sebelumnya ada. Produk-produk pernis sendiri telah hadir di pasaran untuk mewujudkan keindahan kayu idaman Anda.

Rekomendasi Memilih Pernis yang Bagus

pernis kayu biovarnish clear coat

Secara umum, berbagai produk pernis dimaksudkan untuk keperluan indoor. Pernis adalah bahan finishing yang terbuat dari colorant dan top coat.

Berbagai jenis produk pernis, terutama pernis yang pewarnanya adalah dye, memiliki sifat yang tidak begitu tahan terhadap paparan outdoor. Warna pernis akan cepat memudar saat kayu diletakkan di lingkungan outdoor pada masa pakai yang lebih pendek dari yang seharusnya.

Namun, ada beberapa jenis/brand pernis yang bisa digunakan baik untuk kebutuhan indoor maupun outdoor, salah satunya brand Biovarnish. Merk pernis Biovarnish merupakan seri produk finishing brush system maupun spray system yang diproduksi oleh Bio Industri Omnipresen.

Mengenal Lebih Dekat Pernis Water Based Biovarnish

Produk Biovarnish memiliki hasil aplikasi yang lebih baik, dan bisa diaplikasikan baik untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Keunggulan lain produk pernis ini adalah kelarutannya pada air, bukan solvent.

Dengan demikian, produk ini bisa digunakan untuk finishing kayu yang akan dijual pada market yang persyaratannya eco friendly. Atau negara dengan standar regulasi keamanan ketat seperti Uni Eropa, US, Jepang, dll.

Seri produk Biovarnish juga aman dan ramah lingkungan. Karena formulanya tidak mengandung racun, rendah voc (volatile organic compound/zat mudah menguap yang berbahaya), tidak mengandung logam berat dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya dan tidak berbau.

Keunggulan Biovarnish pada Saat Aplikasi

Dari sisi aplikasi, seri produk Biovarnish sangat mudah diaplikasikan. Bahkan oleh seorang ibu rumah tangga sekalipun. Biovarnish bisa diaplikasikan secara brush system maupun secara spray system. Apabila diaplikan degan kuas, tarikan kuasnya ringan, mudah rata dan cepat kering.

Dari sisi hasil, produk ini mampu menghasilkan lapisan film yang kuat dengan transparansi warna tajam, daya rekat kuat, tahan gores, tahan air dan tahan terhadap cuaca. Selain itu, hasil finishing juga tahan terhadap tumpahan noda kecap, cuka maupun wine.

Dari sisi biaya produksi, pemakaian produk Biovarnish bisa membantu menghemat biaya produksi. Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli thinner atau bahan pelarut organik lainnya.

Penghematan juga bisa Anda peroleh dari biaya tenaga kerja. Karena proses aplikasi bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun tanpa harus tergantung sinar matahari. Maka proses finishing bisa dikerjakan lebih cepat. Dengan begitu biaya tenaga kerja bisa lebih hemat.

Varian Produk Biovarnish Series

langkah aplikasi pernis biovarnish

Biovarnish sendiri terdiri dari beberapa item produk, yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat. Biovarnish Wood Filler tersedia dalam empat varian warna, yaitu warna mahoni, warna jati, warna sungkai dan warna ramin.

Sedangkan untuk Biovarnish Wood Stain dan Liquid Stain, tersedia dalam 20 pilihan warna natural kayu yang sangat menarik. Silahkan cek di katalog warna Biovarnish Wood Stain untuk melihat lebih detail pilihan warnanya.

Untuk clear coat, Biovarnish tersedia dalam dua pilihan tingkat glossy, yaitu gloss dan matte. Biovarnish tersedia dalam 4 kemasan produk, yaitu kemasan minican isi 400 gr, kemasan can isi 1 kg dan kemasan pail isi 20 kg. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing untuk proses pemesanan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Produk Biovarnish

varian produk biovarnish
Untuk  mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk Biovarnish Series, Anda bisa menghubungi kami melalui CS  di kontak WhatsApp berikut ini.

CTA Order Produk Finishing Kayu

tanya cs bio
Tanya Bio!