Bioindustri Omnipresen

Blog

Pemutih Kayu Mahoni (Bleaching) dengan WA-250

mahogany wood color bleaching process
mahogany wood color bleaching process

Cara memutihkan (bleaching) kayu mahoni dengan bahan pemutih kayu White Agent WA-250 untuk menurunkan resiko tanin color bleeding, menyeragamkan warna bagian kayu kubal dan teras dan lain sebagainya.

Kebayang gak sih jika kayu mahoni yang merah itu bisa kita bikin putih bersih seperti kayu pinus bahkan seputih kayu sengon ?

Kayu mahoni yang punya serat lembut dan kuat memang ideal digunakan untuk furniture interior maupun exterior. Selain warna natural atau warna wood stain transparan, kayu mahoni ini sering digunakan dengan warna finishing solid opaque seperti putih kream dll. Sayangnya, getah warna taninnya yang sangat kuat sering kali keluar /bleeding dan merusak warna finishing yang telah kita buat.

Nah, proses wood bleaching treatment seperti pada gambar ini dpt kita lakukan untuk menurunkan resiko kasus tanin color bleeding pada kayu mahoni warna solid opacque terutama warna putih dan warna terang lainnya. Wood preparation treatment ini juga dapat kita lakukan untuk menyeragamkan beda warna kayu teras dan kubal baik pada kayu mahoni, jati atau jenis kayu lainnya. kasus beda warna dasar kayu seperti ini sering kali mengganggu estetika hasil warna finishing yang kita kehendaki baik warna transparan maupun untuk warna solid opacque.

Bioindustries mengembangkan produk bahan kimia pemutih kayu WA-250 yang aman dan ramah lingkungan sebagai solusi pengganti bahan H2O2 yang sangat keras dan berbahaya dan cenderung merusak struktur kekuatan serat kayu.

Tidak seperti bahan kimia H2O2 yang harus dijemur dibawah terik sinar matahari agar dapat bekerja dengan baik, WA-250 tidak perlu dijemur dan hanya cukup didiamkan beberapa saat bahan aktipnya akan bekerja menetralisir warna kayu yang disedot keluar dan akhirnya dapat berwarna lebih putih terang tapi masih terlihat natural.

Prosedur aplikasi WA-250 untuk pemutih kayu mahoni?

WA-250 dapat diaplikasikan pada kayu dengan cara apapun baik di kuas, roll maupun dicelup atau direndam. Tetapi untuk pekerjaan yang banyak dan continuous, direkomendasikan teknik aplikasi rendam agar efektif, efesies dan ekonomis.

Berikut ini prosedur kerja aplikasi WA-250 dengan aplikasi perendaman :

larutan WA-250

  • Pertama, siapkan produk white agent WA-250. Buat larutan WA250 +air dengan perbandingan 1 :1 atau 1:2. Atau dengan konsentrasi 30%-50%. Aduk hingga homogen.

perendaman kayu dalam larutan WA-250 50%

  • Kedua, rendam potongan kayu atau komponen furniture dalam larutan WA-250 selama 30-60 menit. Semakin lama perendaman maka semakin dalam bahan meresap ke dalam serat. Tiriskan dan tunggu sampai warna kayu berubah warna menjadi terang / memutih seperti yang diinginkan. Diamkan hingga 4-6 jam. Ulangi perendaman jika warna kayu belum mencapai warna putih yang diinginkan. Biarkan overnight.

pencucian setelah perendaman WA-250

  • Ketiga, setelah mendapat warna putih yang diinginkan, cuci /bilas dengan air bersih mengalir untuk menghilangkan sisa bahan aktif yang tertinggal dalam serat kayu.

hasil warna kayu mahoni putih bersih setelah dibleaching

  • Keempat, keringkan kayu dengan cara dijemur atau dioven sampai mencapai mc standard 12%. Kayu siap difinishing.

Fungsi dan manfaat treatment pemutih kayu WA250

  1. memudahkan proses pewarnaan finishing kayu
  2. Menyeragamkan warna kayu teras dan kubal
  3. mengilangkan warna bekas blue /black stain serta cacat warna kayu lainnya
  4. Menurunkan resiko kasus tanin color bleeding

Kelebihan WA-250 vs H2O2

  1. Lebih efektif efesien
  2. Tidak perlu penjemuran
  3. Tidak merusak struktur kekuatan serat kayu / tidak bikin kayu rapuh
  4. Relatip aman dan ramah lingkungan

Demikian teknik bleaching warna kayu mahoni menggunakan bahan pemutih kayu WA-250. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan cara aplikasi, silahan hubungi cabang dan agen terdekat atau bisa juga kontak no hotline Bioindustries di no 0822-4338-0001.

tanya cs bio
Tanya Bio!