Tips Merawat Dinding dan Pagar Kayu - Bioindustries

Tips Merawat Dinding dan Pagar Kayu

Merawat dinding dan pagar kayu dengan bahan pengawet dan cat kayu atau wood coating perlu dilakukan agar pagar lebih awet dan tahan cuaca.

pagar kayu

pagar kayu

Rumah dengan dinding atau pagar kayu memang terlihat etnik dan elegant. Namun sayangnya material kayu jika ter-expose sinar matahari dan hujan terus menerus, secara alami warna kayu akan segera berubah menjadi hitam abu-abu, kusam dan cepat lapuk.

Fenomena perubahan warna dan pelapukan ini terjadi akibat dari proses oksidasi alami dan aktivitas biodegradasi. Seperti aktivitas pertumbuhan jamur kayu dan bakteri pembusuk kayu, aktivitas pertumbuhan lumut serta aktivitas serangan serangga kayu. Contohnya rayap dan kembang bubuk kayu atau sering juga disebut “teter / totor”.

Cara perawatan, pengawetan dan pengecatan dinding dan pagar kayu

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan merawat dinding atau pagar kayu, agar warna kayu tetap cerah, awet dan tahan cuaca.

  1. Pastikan permukaan telah benar-benar bersih sampai warna kayu terlihat coklat alami. Gunakan sikat kawat atau amplas gerinda untuk membersihkan kotoran, sisa lapisan cat atau warna hitam abu-abu bekas jamur / lumut dan kotoran permukaan kayu lapuk.
    Baca juga : amplas untuk tembok dan jenis-jenis amplas
  2. Oleskan / kuaskan campuran larutan anti jamur kayu Biocide wood fungicide (methylene bis thiocyanate) dan anti serangga kayu (Permethrin) pada permukaan kayu sebelum di cat atau di coating. Hal ini diperlukan, untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri serta mencegah serangan serangga kayu seperti rayap atau teter.
  3. Gunakan bahan wood coating / wood varnish atau cat kayu yang didesain khusus untuk finishing kayu exterior. Lapisan cat atau coating ini diperlukan untuk melindungi kayu dari proses oksidasi, pembusukan serta pelapukan.

Baca juga : kumpulan warna cat pagar bambu tahun 2019

Pemilihan bahan finishing dan cat kayu untuk pagar atau dinding exterior

Beberapa bahan finishing kayu exterior dari Bioindustries yang kami rekomendasikan untuk dinding/pagar berbahan kayu:

  1. Biovarnishwater based acrylic untuk exterior wood varnish.

Biovarnish merupakan cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan. Produk ini memiliki daya tahan air dan tahan cuaca yang cukup baik, direkomendasikan untuk dinding atau pagar kayu exterior dengan kondisi cuaca tropis seperti biasa.

Biovarnish dapat dengan mudah diaplikasikan dengan cara di-kuas maupun di-semprot. Produk ini bisa diaplikasikan kapan saja tanpa harus tergantung pada sinar matahari.

Biovarnish hadir dalam varian lengkap. Mulai dari wood filler, wood stain, liquid stain, sanding sealer, glaze dan clear coat.  Jadi, Anda bisa membuat finishing transparan dengan berbagai pilihan warna wood stain. Anda juga bisa membuat finishing natural atau patina menggunakan seri Biovarnish.

2. Biothanewater based polyurethane wood coating (clear coat).

Biothane merupakan topcoat water based berbahan polyurethane. Produk ini biasa digunakan untuk finishing heavy duty. Biothane memiliki daya tahan air dan tahan cuaca yang superior. Direkomendasikan untuk dinding atau pagar exterior dengan cuaca extreme seperti decking, flooring, pagar, bangunan pantai. Dapat dengan mudah diaplikasikan dengan cara di-kuas, di-roll atau di-semprot dan cepat kering

  1. Orchid Enamel Paintwater based acrylic enamel paint opaque colors.

Orchid merupakan produk cat kayu dan besi yang aman, non toxic, tidak berbau, memiliki daya sebar luas dan cepat kering. Cukup menggunakan air sebagai pelarut, Orchid enamel paint bisa diaplikasikan menggunakan spray maupun kuas.

Selamat mencoba.

Baca juga : cat tembok pagar anti lumut aman dan ramah lingkungan.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 577 orang responden
%d bloggers like this: