Bioindustri Omnipresen

Blog

Mengenal Jenis Kayu Untuk Decking Outdoor, Cara Pemasangan Serta Perawatannya

Jenis kayu untuk decking outdoor berbeda jenis dengan kayu untuk furnitur pada umumnya. Apa saja jenis-jenis kayu yang cocok untuk kebutuhan decking outdoor?

decking outdoor kayu bengkiraiBanyak orang menggunakan kayu untuk lantai hunian ataupun perkantoran. Bukan hanya di area indoor, area outdoor pun banyak yang menggunakan material kayu sebagai lantai. Lantai kayu outdoor atau decking outdoor ini bisa digunakan untuk halaman, balkon atau yang berada di lingkungan luar rumah Anda.

Penggunaan material kayu sebagai bahan untuk flooring decking outdoor bisa memberi kesan natural yang sangat kuat. Bahan ini sangat cocok untuk dipadu dengan berbagai corak bernuansa alam, misalnya batu alam, furniture berbahan kayu yang difinishing warna natural, marmer maupun floral garden.

Namun, tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk decking outdoor ini. Sebaiknya Anda memilih kayu yang awet, tahan terhadap segala cuaca dan tahan terhadap serang jamur maupun serangga. Anda perlu jeli memilih jenis kayu yang akan digunakan untuk kebutuhan tersebut.

Keunggulan Menggunakan Decking Outdoor Berbahan Kayu

Apa keunggulan menggunakan bahan kayu untuk decking outdoor? Berikut beberapa keunggulan decking berbahan kayu:

  • Penampilan yang lebih natural

    Rumah yang menggunakan lantai kayu akan terlihat lebih elegan, mewah dan juga natural. Lantai kayu juga fleksibel diterapkan pada banyak jenis rumah.

  • Punya efek bagus untuk kesehatan

    Kayu mampu menyerap panas sehingga permukaan kayu menjadi lebih hangat. Kondisi hangat pada kayu memberikan efek positif untuk kesehatan.

  • Keawetan dan daya tahan yang cukup bagus

    Dengan perawatan yang baik dan benar, lantai kayu dapat bertahan sampai 20 tahun pemakaian. Salah satu cara perawatan disarankan adalah dengan rutin melakukan re-coating setiap 3 bulan sekali.

  • Investasi jangka panjang

    Selain dapat meningkatkan nilai estetika sebuah bangunan atau properti, lantai kayu juga dapat disebut sebagai investasi jangka panjang karena dapat meningkatkan nilai jual sebuah properti. Harga jual bangunan bahan kayu atau kombinasi kayu akan berbeda dengan harga jual bangunan yang bahan keseluruhannya berupa beton.

  • Perawatan cukup mudah

    Membersihkan permukaan lantai kayu tidak sesulit yang dibayangkan, cukup dengan menggunakan penyedot debu dan sapu berbulu halus untuk membersihkan rumah dari kotoran yang menumpuk.

Mengenal Jenis Kayu Untuk Decking Outdoor yang Kuat terhadap Perubahan Cuaca

decking kayu merbauLantas, jenis kayu seperti apa saja yang cocok untuk digunakan di area outdoor yang notabene sering terkena hujan dan sinar matahari secara langsung? Biasanya kayu yang digunakan untuk kebutuhan outdoor adalah jenis kayu dengan ketahanan yang tinggi terhadap cuaca ekstem. Jenis kayu ini biasanya masuk dalam kategori tingkat ketahanan kelas I atau paling minimal kelas II.

Kayu yang memiliki spesifikasi tersebut, di antaranya.

  1. Ulin

Siapa yang tidak tahu kayu ulin? Kayu yang biasa disebut kayu bulian atau kayu besi ini adalah kayu yang biasa digunakan untuk decking. Kayu yang tidak diragukan lagi kualitasnya ini masuk di 10 besar kayu keras di dunia.

Untuk tingkat keras kayu ulin ini, berada di kelas I. Saking kerasnya, kayu ini tidak bisa dipaku secara langsung. Melainkan harus dibor terlebih dahulu untuk bisa tembus. Kayu ulin ini semakin terkena air struktur kayunya akan semakin padat.

  1. Bengkirai

Salah satu kayu keras berkualitas ini adalah salah satu jenis kayu yang dihasilkan dari Kalimantan. Kayu ini juga mudah diproses seperti diserut, dipotong, diukir dan lai-lain. Oleh sebab itu, banyak orang yang memasukkan kayu bengkirai ini ke dalam golongan jenis-jenis kayu pertukangan.

Bengkirai termasuk jenis kayu yang memiliki tingkat keawetan kelas I, II, III (bervariasi karena mungkin dipengaruhi oleh ketuaan kayu tersebut), sedangkan tingkat kekuatannya, masuk ke kelas I , II. Kayu keras ini memiliki tesktur yang sedikit kasar, bergantung pada usia kayunya. Warna kayu bengkirai biasanya kuning kecoklat-coklatan dengan warna lebih muda.

  1. Merbau

Kayu merbau memiliki kualitas di kelas nomor 1, yang tahan terhadap cuaca dan serangan jamur. Warna kayunya coklat kemerahan dan sering dipakai untuk lantai teras. Kayu ini memiliki tingkat penyusutan yang rendah sehingga ketika dikeringkan penyusutannya tidak terlalu menimbulkan cacat pada kayu.

Namun, kayu merbau dapat mengeluarkan getah merah apabila terkena air. Jadi jika Anda ingin memasang decking kayu menggunakan kayu merbau ada baiknya ditempatkan di area yang tidak terlalu sering terkena air.

  1. Jati

decking kayu jatiJenis kayu ini sudah tidak diragukan lagi kekuatannya. Kayu jati adalah jenis kayu dengan tingkat keras nomor 1 dan tingkat keawetan nomor 1.

Salah satu keunggulan dari kayu jati, selain dari tingkat keras dan keawetannya adalah corak substrat kayunya yang sangat unik. Banyak orang tertarik dengan kayu jati karena keindahan substrat kayunya.

Kayu jati lebih banyak digunakan untuk kebutuhan furniture atau dinding kayu karena alasan keindahan dan keawetannya ini. Harga yang mahal juga menjadi pertimbangan tersendiri saat akan menggunakannya untuk kebutuhan decking outdoor.

  1. Kruing

Memiliki tekstur mirip dengan kayu merbau, kayu ini cocok digunakan untuk kebutuhan decking outdoor. Kayu kruing ada di tingkat kekerasan kelas II dan keawetan kelas III.

Walau terkesan cukup berbeda dengan jenis kayu lain (seperti kayuu jati misalnya), namun kayu kruing cukup handal untuk digunakan pada lantai outdoor. Kayu kruing banyak ditemukan di area Jawa, Sumatera maupun Kalimantan. Lantai kayu outdoor kruing cukup diminati karena secara harga rata-ratanya yang berada di bawah 4 jenis  kayu lainnya yang sudah disebutkan di atas.

Tips Persiapan, Pemasangan dan Perawatan Material Kayu Untuk Decking Outdoor

finishing decking kayu outdoorAda beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin menggunakan kayu sebagai penutup lantai apalagi di posisi outdoor. Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin memasang decking outdoor menggunakan material kayu.

  1. Pilih jenis kayu yang benar-benar kuat, misalnya menggunakan 5 jenis kayu yang disebutkan di atas. Namun, Anda harus memastikan bahwa kualitas dari kayu yang Anda pilih benar-benar jenis kayu grade A.
  2. Lakukan proses pengawetan terhadap kayu-kayu tersebut. Walaupun kelima jenis kayu di atas sudah terkenal dengan keawetannya, memberikan treatmen pengawetan akan semakin melindungi kayu. Anda bisa menggunakan produk pengawetan seperti BioCide, baik untuk anti jamur maupun untuk anti serangga.
  3. Pada tahap pemasangan, sebaiknya hindari memasang lantai kayu terkena air secara terus menerus. Lantai kayu yang yang terkena air terus menerus bisa menyebabkan permukaannya jadi licin dan rawan untuk ditumbuhi jamur serta lumut. Untuk mengakalinya, pasang bantalan kayu yang diletakkan di bawah lantai kayu yang mau dipasang. Dengan begitu, papan kayu tidak langsung terkena air secara terus menerus.
  4. Pastikan untuk melakukan finishing menggunakan bahan yang tepat. Biovarnish Wood Stain yang ditutup dengan Biothane 2K sebagai top coat-nya bisa melindungi kayu.
  5. Lakukan perawatan secara rutin. Bersihkan lantai kayu setiap hari dari kotoran. Selain itu, poles menggunakan Biopolish Natural Oil secara berkala (sebulan sekali). Produk ini akan membantu memaksimalkan proses perlindungan dari bahan finishing yang sudah diaplikasikan.

Itulah beberapa tips mudah agar proses persiapan, pemasangan dan perawatan kayu untuk decking kayu outdoor bisa lebih mudah dilakukan.

Untuk mendapatkan produk finishing lantai kayu, Anda bisa menghubungi CS kami melalui kontak WhatsApp berikut ini

CTA Order Produk Finishing Kayu

tanya cs bio
Tanya Bio!