Bioindustri Omnipresen

Blog

Fungsi Wood Filler Dalam Finishing Furniture Kayu

Fungsi Wood Filler dalam proses finishing furniture berbahan kayu adalah sebagai lapisan dasar untuk menutup pori-pori media kayu sehingga menghasilkan finishing yang halus, rata dan close pore.

fungsi wood fillerProses finishing furniture berbahan kayu merupakan proses yang melibatkan banyak langkah dan bahan finishing. Dalam proses finishing kayu warna transparan, kita mengenal bahan wood filler yang berfungsi sebagai base coat. Di pasaran, ada beragam jenis wood filler. Jika dilihat dari bahan pengencer yang digunakan, secara umum wood filler dibedakan menjadi wood filler solvent based dan wood filler water based.

Wood filler merupakan bahan yang diaplikasikan pertama kali dalam finishing kayu setelah media kayu siap di-finishing. Bahan finishing ini akan menutup pori-pori kayu, sehingga memudahkan proses finishing lebih lanjut. Proses finishing selanjutnya akan lebih mudah dilakukan setelah proses aplikasi wood filler selesai dilakukan.

Mengenal Fungsi Wood Filler dalam Proses Finishing Furniture

Berikut beberapa fungsi utama dari wood filler dalam proses finishing furniture berbahan kayu :

  • Menutup pori-pori serat kayu dan cacat tekstur permukaan kayu

Secara umum, fungsi dari wood filler adalah untuk menutupi pori-pori serat kayu atau cacat tekstur permukaan dari media kayu yang digunakan. Acapkali kita menemui media kayu yang digunakan ada cacat tekstur permukaan, misalnya mata kayu. Apabila cacat tekstur tersebut tidak ditutup, bisa merusak tampilan finishing akhir. Aplikasi dempul kayu Wood filler bisa membantu menutup cacat tekstur permukaan kayu tersebut.

  • Menghaluskan permukaan media kayu

Aplikasi wood filler bisa membantu menghaluskan permukaan media kayu yang di-finishing. Jika permukaan media kayu menjadi halus, maka proses finishing selanjutnya akan lebih mudah dilakukan.

  • Menutup pori-pori kayu besar

Fungsi wood filler lainnya adalah untuk menutup pori-pori kayu yang besar. Beberapa jenis kayu memiliki pori-pori yang cukup besar, misanya kayu kelapa dan kayu merbau. Pori-pori kayu yang besar akan menyulitkan proses aplikasi finishing di tahap selanjutnya. Wood filler bisa membantu menutup lubang kayu atau kayu yang berpori besar, sehingga memudahkan proses finishing selanjutnya.

  • Mendapatkan hasil finishing close pore

Wood filler bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil finishing akhir yang close pore. Meskipun hasil finishing furniture yang diharapkan adalah natural transparan, tetapi hasil yang close pore tetap bisa didapatkan dengan aplikasi wood filler.

Itulah beberapa fungsi wood filler yang bisa kamu ulas untuk Anda. Lantas, bagaimanakah caranya memilih wood filler yang berkualitas? Dari sekian banyak produk wood filler di pasaran, manakah yang harus Anda pilih? Untuk mendapatkan wood filler yang berkualitas, Anda perlu memahami persyaratan wood filler yang baik.

Wood filler dikatakan berkualitas baik, jika mampu mengisi pori-pori kayu secara efektif, mudah di-amplas, memiliki daya rekat tinggi, mudah digunakan dan cepat kering. Kami merekomendasikan produk Biovarnish Wood Filler, karena produk tersebut memenuhi standar-standar persyaratan dempul kayu wood filler yang baik seperti yang disebutkan di atas.

Mengenal Produk Biovarnish Wood Filler

wood filler water basedBiovarnish Wood Filler merupakan produk wood filler water based yang berbentuk pasta liquid, berfungsi untuk mengisi dan menutup pori-pori serat kayu atau cacat teksture permukaan kayu. Produk base coat water based ini diformulasikan dengan merujuk pada standar keamanan bahan kimia sesuai standard regulasi European Chemical Agency (ECHA-REACH Regulation) dan US-EPA regulation.

Biovarnish Wood Filler bisa diaplikasikan dengan cara di-scrap, menggunakan kuas maupun dengan cara disemprotkan pada media kayu. Keunggulan ini adalah aman dan ramah lingkungan (non toxic and very low VOC), sangat efektif untuk mengisi pori-pori, daya rekatnya tinggi, sangat mudah diamplas, sangat mudah digunakan, dan cepat kering.

Berbagai keunggulan di atas membuat produk wood filler ini sangat layak direkomendasikan sebagai base coat dalam finishing furniture indoor warna natural. Demikianlah ulasan mengenai fungsi wood filler dan rekomendasi wood filler yang baik untuk finishing furniture berbahan kayu. Semoga bermanfaat.

tanya cs bio
Tanya Bio!