Bioindustri Omnipresen

Blog

Cara Mengecat Pintu menggunakan Orchid Enamel Paint

finishing pintu warna solid

Untuk menerapkan cara mengecat pintu yang benar, pertimbangan pertama yang harus dipikirkan adalah jenis cat apa yang akan Anda gunakan. Perlu diingat, pintu menjadi bagian dari rumah yang sering dilihat dan sering ditemui di dalam mobilitas dalam rumah.

Bahkan untuk orang yang berkunjung pertama kali ke rumah, akan melihat pintu rumah Anda. Jika pintu rumah Anda tidak dicat dengan  baik, seberapa banyak orang akan menyaksikan kekurangan rumah Anda?

Agar pintu rumah Anda terlihat kuat dan bagus, sebaiknya gunakan bahan cat semi gloss atau gloss agar terlihat lebih mewah. Kelebihan penggunaan Cat Gloss bisa mempermudah proses mengecat pintu yang Anda lakukan.

Pilihlah cat yang mampu memberikan proteksi maksimal pada pintu Anda sehingga pintu bisa bertahan menghadapi hujan dan panasnya matahari. Orchid Enamel Paint dari Bioindustries mampu menjawab kebutuhan Anda.

Orchid Enamel Paint dari BioIndustries merupakan cat rumah yang berbasis water based acrylic emulsion dengan hasil finishing yang mengkilap (gloss finish). Sehingga sangat aman dan ramah lingkungan untuk digunakan.

Hal ini penting diperhatikan bagi Anda yang ingin menciptakan suasana rumah yang ramah lingkungan. Produk cat water based ini baik untuk digunakan pada media indoor dan juga outdoor.

orchid enamel paintHal kedua yang harus diperhatikan dalam menerapkan serangkaian cara mengecat pintu, adalah pemilihan bahan pintu. Pintu biasanya terbuat dari kayu.

Rumah dengan pintu kayu memberikan kesan  sederhana dan elegan, pintu kayu juga memberikan kesan bersahabat dan ramah bagi para pengunjung rumah.

Tidak heran dan aneh bila banyak rumah yang memilih menggunakan bahan baku kayu untuk pintu rumah untuk mendapatkan kesan – kesan tersebut. Namun pintu kayu sangat mudah terkelupas cat kayunya, untuk itu selain pemilihan cat yang harus Anda kedepankan, Ada baiknya jika Anda memperhatikan tips dalam proses pengecatan berikut ini.

Baca juga : Coating dinding aman dan ramah lingkungan untuk interior dan eksterior.

Persiapan Media Kayu:

    • Untuk memulai proses pengecatan, bukalah pintu lebar-lebar untuk mencapai semua bagian yang perlu dicat. Tutup bagian-bagian penting seperti engsel dan logam lainnya dengan selotip agar tidak terkena cat.
    • Amplas halus pintu yang akan dicat baik pada media baru maupun pada media lama (re-paint) untuk menghilangkan sisa-sisa cat kayu yang masih menempel di pintu.
    • Bersihkan pintu kayu agar hasil amplas tidak tertinggal.
    • Anda bisa menggunakan Biocolors Wood Putty (dempul) untuk menutup pori – pori pada kayu sehingga cat kayu bisa menempel lebih lama dan hasilnya bagus.
    • Amplas kembali agar hasilnya semakin halus. Jangan lupa membersihkan sisa – sisa amplasan yang menempel.
  • Setelah selesai membersihkan hasil amplasan.

Proses Pengecatan:

mengecat kayu

Cat pintu kayu dengan water base Orchid Enamel Paint dari Bio Industries yang aman dan ramah lingkungan.

Selalu mulai dari atas. Jika pintu berpanel, cat terlebih dahulu panelnya. Pertama cat dulu bagian horisontal kemudian cet bagian vertikal.Pastikan semua bagian terwarnai.

Jika Anda ingin mengulangi pengecatan, tunggu cat pertama hingga kering lalu tambahkan lapisan  ke-2 dengan cat kayu yang sama agar tebal.

Agar bisa tahan lebih lama, gunakan wall coating/pelapis dinding  untuk melindungi cat. Gunakanlah BioCoat dari BioIndustries yang berasal dari emulsi polyurethane yang dapat melindungi dan meningkatkan daya tahan dinding terhadap berbagai macam perubahan cuaca.

 Saran :

  • Jika Anda mengecat pintu eksterior, pastikan jika Anda tidak mengecat pintu di bawah sinar matahari langsung.
  • Perhatikan perkiraan cuaca. Faktor ini sangat penting dalam rancangan cara mengecat pintu yang benar. Pastikan bahwa pintu Anda memiliki banyak waktu untuk kering sebelum hujan tiba. Pilih cuaca cerah yang bisa memberi banyak waktu pada cat pintu untuk mengering.
tanya cs bio
Tanya Bio!