Bioindustri Omnipresen

Blog

Dempul Kayu Wood Filler Biovarnish Untuk Finishing Warna Natural

Biovarnish Wood Filler merupakan produk dempul kayu wood filler water based berbentuk pasta liquid. Produk ini sangat efektif untuk mengisi pori dan serat kayu pada finishing warna natural.

dempul kayu

Dempul kayu merupakan bahan finishing yang diaplikasikan di awal sebelum proses aplikasi bahan finishing yang lain. Dempul untuk kayu ini biasanya digunakan untuk mengisi celah, retak atau pori-pori kayu besar, juga untuk menutup cacat kayu seperti mata kayu. Tujuan dari pengaplikasian dempul adalah untuk mendapatka permukaan kayu yang lebih halus dan lebih rata.

Secara umum, dempul kayu dibedakan menjadi dua, yaitu wood putty dan wood filler. Wood putty biasanya digunakan untuk proses pengisian celah/lubang dan retak kayu yang besar. Bahan dasarnya dibuat lebih padat dan lebih cepat kering. Wood putty sering diaplikasikan untuk base coat proses finishing warna solid, karena kemampuannya menutup cacat kayu dan cacat warna pada kayu.

Sedangkan wood filler secara umum digunakan untuk mengisi pori-pori besar atau cacat pada permukaan kayu yang relatif lebih halus. Wood filler mampu membantu menciptakan hasil finishing close pore. Produk ini digunakan untuk membantu meratakan dan menghaluskan permukaan kayu pada proses finishing kayu warna natural transparan. Oleh karena itu, banyak wood filler disediakan dalam warna kayu, seperti warna jati, mahoni ataupun ramin.

Mengenal Lebih Dekat Dempul Kayu Wood Filler Biovarnish

Produk Wood Filler Biovarnish adalah dempul kayu wood filler yang sangat efektif untuk mengisi pori-pori kayu dan serat kayu, atau menutup cacat tekstur permukaan kayu pada finishing kayu warna natural transparan. Berbeda dengan wood putty yang menutupi serat kayu, wood filler ini mampu meratakan kayu dan menghasilkan permukaan kayu yang halus, tetapi keindahan serat kayu masih terlihat.

Wood Filler Biovarnish merupakan wood filler water based yang aman dan ramah lingkungan. Karena produk ini diformulasikan dengan merujuk pada standar keamanan internasional untuk bahan kimia, yaitu merujuk pada standard regulasi European Chemical Agency (ECHA-REACH Regulation) dan US-EPA regulation.

dempul kayu yang bagusBiovarnish Wood Filler dapat diaplikasikan pada berbagai jenis substrat, seperti kayu, rotan, bambu, plywood, dan synthetic wood. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai jenis furniture, baik furniture indoor maupun outdoor. Selain itu, produk ini juga sangat bagus untuk diaplikasikan pada pintu, kusen, pergola, pagar, maupun pada berbagai jenis handycraft berbahan kayu atau produk turunannya.

Lantas, mengapa produk Biovarnish Wood Filler kami rekomendasikan untuk diaplikasikan dalam proses finishing kayu warna natural? Produk dempul kayu ini direkomendasikan karena memenuhi persyaratan produk wood filler berkualitas baik. Wood filler dikatakan memiliki kualitas yang baik jika produk tersebut mampu mengisi pori-pori kayu secara efektif, menutup cacat permukaan kayu secara efektif, mampu menghaluskan permukaan substrat secara efektif, mudah di-amplas, memiliki daya rekat yang tinggi, cepat kering dan mudah aplikasinya.

Cara Menggunakan Dempul Kayu Wood Filler Biovarnish

Siapkan media yang akan diaplikasikan dan alat aplikasi yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan pisau palet atau kuas untuk mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler. Pastikan alat dan media aplikasi kering, bersih dan bebas dari kotoran maupun minyak.

Pilih Biovarnish Wood Filler, sesuaikan dengan warna terdekat kayu yang akan di-finishing (tersedia warna mahoni dan warna jati). Jika substrat yang digunakan adalah kayu jati, gunakanlah Biovarnish Wood Filler Jati. Untuk warna yang lebih muda dari kayu jati, gunakan wood filler jati. Sedangkan untuk warna yang mendekati warna kayu mahoni, bisa menggunakan wood filler mahoni.

Aplikasi Wood Filler Biovarnish

Aplikasikan menggunakan pisau palet, kuas atau semprot searah serat kayu. Tunggu hingga kering, kemudian amplas permukaan lapisan dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240 searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat. Pastikan amplasan dilakukan sampai wood filler yang tertinggal hanya yang ada dalam pori-pori saja.

Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan proses amplasan wood filler Biovarnish akan sulit. Karena salah satu keunggulan dari produk ini adalah amplasannya yang mudah. Saat diamplas tidak lengket, sehingga tidak boros amplas. Ulangi lagi prosedur aplikasi ini, untuk memastikan seluruh pori-pori telah tertutup sempurna dan permukaan media kayu halus dan rata.

dempul kayu

Untuk jenis lubang yang lebarnya 5-10 mm, sebaiknya campurkan serbuk kayu dan Biovarnish wood filler. Dengan campuran tersebut daya tutupnya lebih efektif dan tidak mudah ambles.

Sedangkan untuk jenis retak atau lubang kayu yang lebarnya lebih dari 10 mm lebih baik ditutup terlebih dahulu menggunakan pasak. Setelah itu baru aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Fungsinya untuk menutup retak rambut maupun pori yang terbuka.

Penanganan dan Pembuangan Biovarnish Wood Filler

Cara penanganan dan pembuangan produk Biovarnish Wood Filler sangat mudah, karena produk ini tergolong ke dalam bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan. Dalam kondisi basah, larutan dapat dibersihkan dengan air sabun. Untuk pembersihan lapisan kering, gunakan paint remover.

Residu basah dari produk ini bukan bahan berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus. Itulah ulasan singkat cara menggunakan dempul kayu Biovarnish wood filler secara mudah dan aman. semoga bermanfaat.

tanya cs bio
Tanya Bio!