Bioindustri Omnipresen

Blog

Pilihan Cat untuk Pagar Bambu yang Tahan Air dan Cuaca

Untuk menjaga pagar bambu agar tampil menarik dan memiliki daya tahan lama terhadap cuaca, Anda bisa menggunakan cat bambu yang eco friendly seperti Biovarnish dan Orchid.

cat untuk pagar tahan air tahan cuacaMengapa memilih bambu untuk pagar?

Material yang bisa digunakan untuk membuat pagar sangat bervariasi salah satunya adalah bambu. Bambu memiliki karakter eco friendly yang kuat. Dengan pemilihan desain yang tepat bisa menghasilkan desain yang elegan dan tidak ketinggalan jaman.

Anda bisa menyesuaikan desain bambu sesuai dengan desain rumah. Misalnya saja desain yang saat ini banyak disukai di masyarakat adalah desain kontemporer dan desain minimalis modern.

Saat ini material bambu banyak disukai untuk properti maupun untuk furniture dan dekorasi interior karena sifatnya yang lentur dan mudah dibentuk. Belakangan ini, kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahan- bahan ramah lingkungan dan memiliki proses tanam yang cepat seperti bambu meningkat. Sehingga proses penebangan dan pemanfaatan bambu tidak akan mengganggu ekosistem.

Karakter bambu

Bambu merupakan salah satu tanaman rumput berkayu yang sangat mudah tumbuh dan berkembang biak dengan sangat cepat. Bambu juga memiliki density yang ringan sehingga lebih mudah untuk dibentuk dalam berbagai macam desain.

Penggunaan bambu untuk furniture atau pagar tentu saja perlu melalui proses pemilihan bambu yang sudah dewasa siap panen. Anda bisa memilih bambu umur 3-7 tahun yang siap ditebang atau langsung mendatangi penjual bambu. Hal tersebut dikarenakan kadar gula dalam batang bambu memiliki kadar gula paling rendah.

Tips pengolahan bambu mentahan

Setelah proses penebangan, pastikan bambu dikeringkan untuk menghilangkan kadar gula. Biasanya, proses yang paling umum dan mudah dijumpai ialah metode perendaman menggunakan air mengalir bisa membantu mempercepat proses hilangnya gula dalam getah bambu. Hal ini penting dilakukan, karena jika kadar gula masih tinggi maka bambu rawan terhadap serangan serangga.

Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan pengawet atau obat rayap kayu dan serangga seperti BioCide Insecticide untuk memastikan bambu lebih awet terhadap serangan serangga seperti kutu bubuk dan rayap.

Jenis-jenis cat untuk pagar bambu yang tahan air dan cuaca

cat pagar bambu tahan cuaca

Pagar berbahan bambu akan memberikan tampilan halaman yang  elegan. Namun, jika terkena sinar matahari, hujan, angin dan debu, warna permukaan kulit bambu akan cepat pudar dan mudah lapuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi pagar bambu menggunakan bahan finishing yang tepat.

Mengaplikasikan cat pagar bambu agar tahan air menjadi solusi efektif untuk Anda yang menginginkan pagar etnik berbahan bambu yang awet. Bahan finishing tersebut akan membantu melindungi pagar bambu Anda dari perubahan cuaca atau kerusakan lainnya, sehingga waktu gunanya lebih lama.

Anda bisa mempertimbangkan dua jenis cat kayu untuk finishing pagar bambu agar tahan air dan cuaca, yaitu Biovarnish Series untuk warna natural dan Orchid Enamel untuk warna solid. Berikut ini masing-masing keunggulannya:

20 pilihan warna natural Biovarnish Series

Pemilihan warna natural biasanya digunakan untuk menyelaraskan gaya hunian yang dekat dengan alam. Warna natural ini akan menampilkan tekstur serat bambu yang asli karena sifatnya yang transparan. Anda bisa menggunakan pada berbagai jenis bambu yang telah dikeringkan dan sudah siap untuk di-finishing.

Produk bahan finishing water based yang dianjurkan untuk warna natural adalah Biovarnish. Produk Biovarnish memiliki pilihan warna natural yang bervariasi. Warna cat pagar bambu natural ini memberikan nilai estetika yang menarik.

biovarnish untuk cat pagar bambuBerikut ini cara aplikasi finishing natural:

  1. Pastikan permukaan pagar bambu sudah kering. Pastikan juga bambu yang digunakan sudah dikeringkan karena jika bambu yang digunakan masih basah akan mempengaruhi hasil finishing. Pastikan pagar bambu bersih dari kotoran dan juga dari debu amplas.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau pallet ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Aplikasikan searah serat bambu. Kemudian tunggu kering sekitar 20 menit dan mulai diamplas dengan kertas amplas no. 240 hingga halus dan serat terlihat.
  3. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan pilihan warna sesuai selera dengan air bersih perbandingan 4 bahan : 1 air. Campurkan dalam gelas plastik hingga tercampur benar. Lalu baru aplikasikan ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit. Setelah kering barud diamplas dengan kertas amplas no.400 diamplas ambang saja. Lakukan aplikasi kembali jika warna dirasa masih kurang.
  4. Campurkan Biovarnish Clear Coat doff atau gloss dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Campurkan dalam gelas plastik dan aplikasikan ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit dan jika dirasa kurang bisa diaplikasikan kembali.

Cat pagar bambu natural ini sangat disarankan bagi Anda yang menginginkan hasil warna coklat yang identik dan dekat dengan alam.

Orchid Enamel Paint, cat warna solid

pagar warna solid bisa dilakukan degan aplikasi orchidSelain menggunakan warna natural untuk pagar bambu Anda, ada pilihan warna lainnya yaitu warna solid. Warna solid ini akan menutup warna asli bambu dan biasanya banyak digunakan pada rumah model modern minimalis seperti warna hitam.

Warna hitam ini akan memberikan kesan elegan dan juga minimalis. Bambu akan terlihat sangat berbeda ketika Anda menggunakan warna solid ini. Jenis bahan finishing water based yang bisa Anda gunakan adalah cat Orchid.

Produk Orchid ini adalah cat enamel yang proses aplikasinya tidak jauh berbeda dengan Biovarnish bahkan lebih mudah. Berikut ini cara aplikasi cat kayu besi Orchid pada pagar bambu:

  1. Siapkan pagar bambu yang kering dan bersih. Persiapan tidak jauh berbeda dengan proses aplikasi Biovarnish.
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air berish perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk cat hingga rata kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Aplikasikan tipis-tipis saja karena Anda dapat mengaplikaskannya beberapa kali. Tunggu pagar bambu hingga kering kemudian diamplas dengan kertas amplas no. 400. Setelah diamplas halus Anda bisa mengaplikasikan kembali cat kayu besi Orchid. Untuk mempercepat diperoleh daya tutup, Anda bisa mengaplikasikan primer coat sebelum aplikasi Orchid.
  3. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih mengkilap lagi Anda bisa menambahkan BioColours Clear Coat Gloss. Caranya campurkan bahan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, aduk rata dan aplikasikan dengan kuas searah serat kayu.  Tunggu kering.

Cat pagar bambu solid ini walaupun tanpa menggunakan clear coat gloss juga akan menghasilkan tampilan glossy. Manakah yang lebih membuat Anda tertarik? Apakah warna natural atau warna solid?

Tahu lebih banyak tentang cat pagar bambu yang eco-friendly 

orchid enamel paint untuk pagar bambuCat Biovarnish dan cat enamel Orchid merupakan dua jenis cat dari Bioindustries yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan finishing building material, furniture maupun craft berbahan bambu, kayu dan produk turunannya, termasuk bahan natural fiber. Cat kayu Biovarnish dan cat kayu besi Orchid adalah cat yang dibuat sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency). Sehingga, tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya yang  terdapat di dalam cat.

Dalam hal ketahanan terhadap cuaca, produk Biovarnish dan juga Orchid ini dapat digunakan pada outdoor karena tahan terhadap panas dan juga hujan. Warna tidak akan mudah luntur terutama produk Orchid yang memiliki ketahanan lebih dari tiga tahun.

Ketahanan inilah yang paling banyak dicari. Karena semakin produk tahan gangguan cuaca dan juga lebih tahan terhadap rayap atau jamur akan membuat bambu bertahan lebih lama.

Apakah Anda sudah menentukan warna cat pagar bambu yang akan digunakan? Silahkan konsultasikan warna yang ingin Anda beli dengan menghubungi CS kami melalui kontak WhatsApp berikut ini

CTA Order Produk Finishing Kayu

Comments are closed.

tanya cs bio
Tanya Bio!