Bioindustri Omnipresen

Blog

Mengenal Cat Kay Duco Kayu Terbaik Untuk Finishing Furniture Interior

Finishing duco solid atau opaque color bisa didapatkan dengan aplikasi produk cat duco kayu terbaik dari Bioindustries, yaitu seri produk cat water based Bioduco. Selain aman dan ramah lingkungan, kualitas hasil finishing-nya tidak kalah dibanding solvent based. 

Finishing duco via unsplash

 

Jenis finishing kayu duco solid pada furniture, home decor ataupun arsitektur rumah akan memberikan tampilan yang mewah dan juga menarik. Cat duco akan menutup serat kayu dan memberi tampilan warna solid yang menutup sempurna. Secara umum, cat duco akan diaplikasikan dengan menggunakan spray system untuk menghasilkan hasil finishing yang sempurna.

Dewasa ini, cat kayu duco solid memiliki basis penggemar yang cukup kuat. Tampilan hasil finishing-nya yang terkesan elegan dan mahal menjadi salah satu penyebabnya.

Cat duco solid sendiri saat ini tersedia dalam pilihan bahan solvent based maupun water based. Namun saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa cat duco water based memiliki tampilan warna yang tidak tajam karena pigmen warna biasanya dimunculkan dari bahan organik.

Anggapan tersebut pada akhirnya terbantahkan. Karena cat water based memiliki formula yang mampu memperlihatkan warna secara tajam bahkan lebih baik dibandingkan cat berpelarut minyak.  Itulah salah satu alasan cat duco kayu terbaik saat ini adalah cat water based. Selain itu, ada banyak keunggulan cat duco water based yang memastikan jenis cat ramah lingkungan ini lebih baik dibanding cat solvent based.

Finishing cat duco terbaik yang aman digunakan 

Saat ini masih banyak masyarakat yang belum menggunakan cat duco kayu water based, oleh karena itu artikel ini mengungkap berbagai keunggulan cat duco water based. Ada berbagai macam alasan yang mempengaruhi yaitu karena memang tidak memerlukan bahan finishing warna solid, masih tetap nyaman menggunakan cat minyak, karena permasalahan budget yang menganggap cat kayu minyak lebih murah. Namun, kebanyakan masyarakat yang belum beralih menggunakan cat water based karena  belum mencoba menggunakannya.

efek berbahaya penggunaan cat solvent based pada tubuh manusia

Resiko penggunaan cat kayu berpelarut minyak

Masalah penyakit yang sangat berbahaya ini harus dipahami oleh para orang tua, wajib disadari untuk memilihkan cat atau bahan finishing yang aman pada mainan anak. Masalah kesehatan yang sering timbul akibat penggunaan cat berbasis solvent adalah batuk, iritasi kulit, pusing bahkan penyakit yang paling berbahaya adalah penyakit kanker. Kanker yang biasanya menyerang adalah kanker tenggorokan, kanker otak, kanker hati dan juga kanker paru-paru.

Penyakit kanker sangat berbahaya bahkan menjadi penyakit berbahaya nomor satu di dunia yang menyebabkan kematian paling tinggi. Penyebabnya adalah pola hidup yang tidak baik. Selain itu peranan bahan organik seperti formalin, timbal dan merkuri yang dihasilkan oleh berbagai produk yang digunakan manusia, termasuk cat, dihirup manusia sehingga peresapan bahan kimia pada tubuh sangat cepat.

Bagi Anda yang bekerja dengan cat minyak harus waspada karena juga dapat menimbulkan penyakit turunan. Sadarkan diri Anda dengan menggunakan cat kayu water based yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya bahkan memiliki fungsi atau hasil yang lebih menarik dibandingkan dengan cat minyak atau cat solvent.

Pilih cat duco yang aman dan ekonomis

Dilihat dari masalah harga, sekilas harga cat water based lebih mahal dibandingkan cat solvent. Tetapi untuk proses aplikasi, cat solvent based perlu harus membeli bahan pelarut tambahan. Jika menggunakan cat water based, Anda cukup memberikan bahan pelarut air yang murah dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti timbal dan juga merkuri. Budget yang  Anda keluarkan tentu lebih sedikit jika menggunakan cat duco kayu water based.

Cat duco dua kali lebih cepat kering

Nilai ekonomis yang lain dari cat water based adalah pada proses aplikasinya yang mudah dan kecepatan keringnya. Proses aplikasi yang mudah akan menghemat waktu. Selain itu, cat water based juga tidak bergantung pada keberadaan sinar matahari secara langsung untuk mendapatkan pengeringan sempurna. Karena tidak memerlukan sinar matahari langsung, Anda bisa melakukan proses aplikasi baik di pagi, siang, sore atau bahkan malam hari.

Kemudahan aplikasi

Cat minyak atau cat solvent akan menguap sempurna apabila terdapat panas matahari. Apabila dijemur tanpa ada panas matahari maka keringnya tidak sempurna. Akan muncul efek warna putih karena bahan pelarut solvent yang tidak kering sempurna. Pada cat water based kering sempurna tidak membutuhkan panas matahari secara langsung. Cat akan mengering dengan sempurna bahkan dengan suhu udara saja.

Karena tidak tergantung pada keberadaan matahari, maka proses aplikasi bisa diselesaikan lebih cepat. Ini berarti ada penghematan di sana. Biaya tenaga kerja tidak membengkak dan waktu yang ada bisa Anda manfaatkan untuk memproduksi barang lainnya. Ini berarti semakin banyak produk yang bisa Anda produksi.

Dengan kata lain, aplikasi cat duco water based akan menurunkan  biaya produksi. Selain tidak perlu memberi bahan pelarut seperti thinner, proses finishing menggunakan catkayu water based warna solid ini juga memberi penghematan pada biaya tenaga kerja karena waktu kerja yang bisa dipadatkan.

Cat duco kayu semprot kualitas terbaik

banner produk cat solid ramah lingkungan bioduco unggulan bioindustries

Aplikasi cat duco kayu terbaik adalah dengan spray system. Mengapa dipilih dengan teknik spray? Ini disebabkan oleh masalah warna. Apabila Anda salah memilih cara aplikasi dan menggunakan cat dengan bahan yang tidak terlalu bagus maka brush mark akan tampak bahkan untuk tampilan bisa terbentuk tekstur.

Jika menggunakan spray system, pengerjaan finishing akan lebih cepat dan hasilnya lebih halus serta rata.  Anda cukup mengatur tekanan angin, jarak yang tepat untuk finishing.

Keunggulan Bioduco Series untuk hasil finishing solid yang sempurna

Nah untuk cat duco semprot terbaik yang direkomendasikan adalah seri produk Bioduco series. Untuk mendapatkan hasil finishing dengan warna yang bagus dan juga tajam, ada empat step aplikasi yang diperlukan. Dimulai dari aplikasi Bioduco Wood Putty, Primer Coat, Bioduco colour, dan terakhir Bioduco Top Coat.

Untuk tingkat shiny tampilan, Anda bisa memilih dari lima pilihan tingkat glossy, dari gloss, semi gloss, doff, matte, dan death matte. Pilihlah warna dan tingkat glossy sesuai dengan kebutuhan gaya yang ingin diciptakan.

Seri Bioduco solid merupakan cat acrylic water based yang memiliki daya tutup warna yang maksimal dan cover hiding area yang sangat baik, mencapai 8-10 m2/ kg nya. Waktu kering sentuh yang dibutuhkan cukup cepat, yaitu sekitar 20-30 menit.

Sedangkan untuk kering amplas, Bioduco hanya membutuhkan waktu selama 60 menit saja. Untuk kering packing 24 jam. Dengan jarak waktu tersebut Anda bisa menyelesaikan pekejaan finishing tepat waktu. Sedangkan untuk kering full curing (siap untuk uji water resistance, uji bonding, dll) bisa didapatkan pada 7×24 jam.

Lapisan film dari cat Bioduco ini kuat dan lentur sehingga mampu menyesuaikan dari perubahan cuaca dan suhu, bahkan mampu bertahan lebih dari tiga tahun. Sehingga furniture interior Anda memiliki penampilan tahan lama dan juga tidak mudah rusak. Jadi, tak ada ruginya apabila Anda memilih menggunakan produk cat duco Bioduco untuk finishing duco solid furniture interior.

Tips aplikasi finishing warna solid Bioduco  

Untuk mendapatkan hasil finishing warna solid menggunakan seri produk cet kayu Bioduco, Anda perlu menyiapkan media, alat dan bahan yang diperlukan. Berikut beberapa item yang perlu Anda siapkan termasuk prosedur aplikasi finishing warna duco solid menggunakan cat duco kayu terbaik Bioduco.

katalog warna Bioduco

Tahap Persiapan :

  1. Siapkan media kayu. Pastikan material kayu yang akan diaplikasi sudah bersih dan kering dengan MC kayu 12%. Apabila kayu yang akan diaplikasi tidak kering, rawan menimbulkan jamur pasca aplikasi.
  2. Amplas menggunakan kertas amplas no 120, kemudian bersihkan menggunakan kain lap. Anda juga bisa mengamplas menggunakan mesin hand sander ataupun belt sander jika bidang pekerjaannya cukup luas.
  3. Siapkan alat dan bahan untuk aplikasi : pisau palet, spray gun, kertas amplas no 120, 240 dn 400, Bioduco wood putty (ready warna white/black), Bioduco primer coat (ready warna white/black), Bioduco colour(tersedia 24 pilihan warna), Bioduco Topcoat (tersedia lima pilihan tingkat glossy : gloss, semi gloss, doff, matt, death matt).

Tahap aplikasi :

  1. Siapkan wood putty bila warna hasil akhir terang, pilih wood putty white. Jika warna hasil akhir gelap, gunakan wood putty grey. Aplikasikan Bioduco Wood Putty dengan pisau palet ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu hingga kering sentuh (sekitar 20-30 menit) untuk memindahkan, dan kering amplas (sekitar 60 menit) lalu amplas sampai halus, gunakan kertas amplas no. 240.
  2. Aplikasikan Primer coat (white/grey) yang sudah dicampur dengan air secukupnya dan diaduk hingga rata. Upayakan proses pengadukan tidak menimbulkan busa berlebih. Setelah siap, aplikasikan menggunakan spray gun dengan teknik cross cut, tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari, yaitu sekitar 60 menit. Jika ingin dijemur untuk mempercepat proses, pastikan sudah kering sentuh (20-30 menit). Setelah itu, amplas ambang dengan kertas amplas no. 400 hingga mendapatkan permukaan yang halus dan rata.
  3. Siapkan Bioduco sesuai warna yang diharapkan. Campurkan Bioduco dengan air, rasio 2 bahan : 1 air. Aduk hingga homogen baik sebelum pengecatan maupun selama pengecatan. Aplikasikan dengan metode semprot ke seluruh permukaan media sampai rata dengan teknik cross cut. Tunggu kering sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari kemudian diamplas ambang dengan kertas amplas no. 400. Ulang step ini untuk mendapatkan hasil warna yang lebih tajam, Biarkan kering dan amplas ambang.
  4. Langkah terakhir adalah mengaplikasikan top coat atau cat vernis. Anda bisa menggunakan clear coat gloss, semi gloss, doff, matte atau death matte. Campurkan dengan air, rasio 2 bahan : 1 air. Aplikasikan dengan spray gun dengan teknik cross cut. Kering packing bisa didapatkan dalam 2×24 jam.  Untuk jenis pemakaian yang bersifat heavy duty, misalnya saja untuk meja bar yang banyak disentuh tangan atau garden furniture, lebih direkomendasikan untuk menggunakan jenis topcoat berbahan polyurethane, yaitu topcoat BioThane.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk cat duco kayu terbaik Bioduco, termasuk untuk informasi pemesanan, Anda bisa menghubungi CS kami melalui kontak WhatsApp berikut ini

CTA Order Produk Finishing Kayu

tanya cs bio
Tanya Bio!