Bioindustri Omnipresen

Blog

Tips Mudah Finishing Kayu Warna Patina Silver dengan Cat Water Based

Artikel ini menjelaskan mengenai cara membuat finishing kayu warna patina silver yang termasuk dalam kategori patina color finish dengan bahan water based paint.

Daftar Isi

Teknik finishing kayu ini bertujuan untuk membuat warna kayu seperti kayu yang teroksidasi, atau kayu yang terekspose di luar ruang selama berhari-hari, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Finishing ini juga menampilkan tekstur yang halus dan indah pada permukaan raw material yang digunakan.

Warna silver lapuk yang dihasilkan pada finishing ini sangat cocok digunakan pada berbagai macam furnitur interior dan juga eksterior yang terbuat dari kayu solid.

Media dan Persiapan media

kayu yang digunakan pada panel di atas adalah kayu jati.

Haluskan permukaan kayu dengan kertas ampelasno 120 dan no 180 untuk menghilangkan cacat permukaan bekas cuttermark dll

Pastikan kayu telah benar-benar kering (MC ≤ 12%), bebas dari debu, minyak dan kotoran lainnya

Coating schedule

1

Primer coat

Aplikasikan Primer White PA 550 dengan metode spray.Untuk pengencerannya menggunakan air bersih, dengan perbandingan yang sama antara jumlah Primer dengan jumlah air yang digunakan, aduk hingga benar-benar rata.Tunggu lapisan ini mengering, selama 60 menit.
2 Glaze dark grey

Aplikasikan Glaze 5510 Dark Grey, yang telah ditambahkan air bersih dengan perbandingan Glaze : Air = 1 : 7.Aplikasikan Glaze tersebut menggunakan kuas atau kain katun bersih. Setelah itu lap dengan menggunakan kain putih yang telah dibasahi agar warna glaze tertinggal di dalam serat kayu. Dan biarkan mengering selama 30 menit. Lalu amplas menggunakan amplas no 320.Cover area : tergantung aplikasi
3

Sanding sealer

Gunakan Biocolours sanding sealer (S401Z), tambahkan 1 bagian air bersih  sambil diaduk sampai rata untuk mendapatkan viscositas 10-12 dt, dengan metode ukur NK2.Semprotkan keseluruh permukaan media dengan spray gun nozle 1.0 s/d 1.5Biarkan mengering selama ± 60 mnt.Cover area : 8-10 m2 /kg
4 Glaze black

Aplikasikan Glaze 5510 Black, yang telah di tambahkan air bersih dengan perbandingan Glaze : Air = 1 : 10.Aplikasikan Glaze tersebut menggunakan kuas atau kain katun bersih. Dan biarkan mengering selama 30 menit.Cover area :
5 Top coat / clear coat/ varnish

Gunakan Biocolours topcoat EP 3050 Death Matt dan tambahkan dengan ½ bagian air bersih sambil diaduk pelan pelan sampai rata dengan viscositas ideal 8-10 detik, dengan metode ukur NK2.Gunakan spray gun nozzle 1.0 – 1.5 dan semprotkan keseluruh permukaan media. Tunggu sampai kering dan ulangi lagi untuk hasil yang lebih sempurna.Cover area : 8-10 m2 /kg

Data teknis

  • Media : kayu solid, rottan, bambu dll
  • Sarat kekeringan media : 12-15%
  • Syarat air pengencer : air bersih PH ±7
  • Film Adhesion : ISO Class 0
  • Film hardness : HB
  • Water resistance : good
  • House chemicals resist : good
  • Film placement used : indoor / outdoor used

PENTING..!

      • Kondisi drying room direkomendasikan suhu 30-37C dengan ventilasi udara baik,
      • Tidak disarankan dijemur di bawah terik matahari langsung
tanya cs bio
Tanya Bio!