Bioindustri Omnipresen

Blog

Cara Aplikasi Varnish Kayu dengan Teknik Kuas Lebih Cepat dan Murah

aplikasi varnish kayu dengan teknik kuas bisa dilakukan dengan menggunakan produk Biovarnish

Cara aplikasi cat dengan teknik kuas atau oles ini umumnya digunakan untuk produk varnish atau pernis. Produk finishing kayu ini terbuat dari resin (gum) yang dicampur dengan natural oil dan bahan aditif, setelah itu dilarutkan menggunakan terpentin.

Biasanya varnish diaplikasikan di ruangan yang cukup bersih dengan temperatur yang agak tinggi karena sifatnya yang lambat kering. Oleh karena itu, proses aplikasi dengan menggunakan varnish sangat bergantung pada sinar matahari.

Selain intensitas matahari, proses pelarutan bahan pun juga perlu diwaspadai. Hindari melakukan proses pengadukan, karena pernis cukup rentan dengan busa. Jika diaduk, maka varnish akan memunculkan busa kecil yang bisa muncul di permukaan media yang difinishing.

Keuntungan dan kelemahan produk varnish kayu

Teknik finishing kayu ini sudah dikenal luas di Indonesia bahkan mungkin di seluruh dunia, karena mudah dan sederhana. dalam aplikasinya di lapangan, pernis seringkali dikombinasikan dengan plitur shellac. Proses aplikasinya, shellac diaplikasikan di lapisan pertama, kemudian pernis di lapisan kedua.

Namun sayangnya, proses pengecatan dengan menggunakan dua bahan tersebut harus dilakukan dengan cara dioles berulang-ulang hingga 8-12 kali atau bahkan lebih. Proses perlu dilakukan di bawah terik matahari agar mendapatkan warna yang dikehendaki, dengan hasil lapisan coating kayu yang mengkilap dan tertutup sempurna.

Produk alternatif varnish kayu water based

Teknologi cat dan bahan finishing (paint and coating) terbaru, menciptakan bahan varnish/pernis kayu berbahan dasar air (water based wood varnish brush system). Pernis water based sebagai solusi bahan finishing kayu yang lebih ramah lingkungan, lebih cepat dan lebih murah untuk menggantikan plitur serlak india yang dewasa ini harganya semakin lama semakin mahal.

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengecat atau finishing kayu teknik kuas oles menggunakan bahan water based wood varnish untuk mendapatkan hasil akhir seperti halnya pernis gum dan  plitur shellac india dengan lebih cepat dan lebih murah.

Untuk kebutuhan ini, kita akan menggunakan produk Biovarnish, water based wood finishing brush system dari Bioindustries. Berikut cara aplikasi varnish kayu dengan teknik kuas menggunakan seri produk Biovarnish, cat kayu water based.

Bahan dan alat finishing untuk aplikasi varnish kayu dengan kuas

Bahan finishing yang kita gunakan adalah bahan varnish kayu water based yang aman dan ramah lingkungan dengan merk Biovarnish. Apakah aplikasi cat kayu harus dicampur dengan thinner? Tentu saja tidak. Karena Biovarnish hanya memerlukan air sebagai pelarutnya.

  • Bahan wood filler : Biovarnish wood filler
  • Bahan Warna wood stain :Biovarnish wood stain 
  • Bahan Wood varnish : Biovarnish (clearcoat).
  • Air bersih sebagai pengencer

Sedangkan, alat yang diperlukan seperti halnya alat yang digunakan dalam teknik plitur/politur biasa seperti:

  • Kuas halus
  • Kain bal, kain katun halus kalau bisa berwarna putih.
  • Wadah

Teknik aplikasi

Biovarnish wood filler sebelum aplikasi varnish teknik kuasPersiapan media :

  • Pastikan permukaan media (kayu, plywood, MDF dll) telah halus dan bebas dari debu, kotoran atau bekas minyak atau sejenisnya
  • Jika pada permukaan kayu terdapat lubang kayu, serat lebar atau cacat tektur kayu lainnya sebaiknya dempul dengan menggunakan Biovarnish wood filler terlebih dahulu. Jika lubang cukup besar, gunakan campuran serbu kayu dan Biovarnish wood filler. Diamkan hingga kering, kemudian amplas habis hingga wood filler yang tersisa hanyalah yang ada di pori-pori kayu saja.

Warna dasar

  • Gunakan Biovarnish wood stain untuk interior ataupun exterior.
  • Pilih warna sesuai yang dikehendaki, jika perlu campur dengan air bersih untuk menurunkan ketajaman warna. Gunakan perbandingan campuran 4 bahan : 1 air
  • Kuaskan searah serat sambil dilap dengan kain katun untuk meratakan. Biarkan mengering 10-20 menit
  • Rata-rata cover area : 10-12 m2/kg tergantung ketajaman warna (tua muda)

Pewarnaan akhir

finishing kayu

Proses ini dilakukan untuk menutup atau mengunci warna dasar, sekaligus menciptakan lapisan warna finishing akhir serta memberikan efek tampilan glossy pada hasil finishing.

  • Encerkan Biovarnish wood stain secukupnya sesuai dengan ketajaman warna yang diinginkan. tambahkan air jika ingin lebih encer, perbandingan 4:1.
  • Gunakan kuas yang telah dibungkus dengan kain katun agar hasilnya lebih halus dan rata.
  • Oleskan ke seluruh permukaan kayu sampai mendapatkan warna akhir yang di-inginkan.
  • Biarkan mengering pada suhu ruang (tanpa dijemur), 10-20menit. Ulangi lagi jika perlu.
  • Rata-rata cover area : 10-12 m2/kg material/layer, tergantung ketebalan lapisan film

Varnish clear /clear coat (opsional)

biovarnish clear coat matte

Aplikasi clear coat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hasil akhir dengan hasil bening. Fungsi dan kegunaan lapisan akhir / topcoat clear adalah untuk meningkatkan tampilan gloss (mengkilapkan) sekaligus meningkatkan daya proteksi warna dan perlindungan substrate.

  • Gunakan Biovarnish clear coat sebagai lapisan akhir topcoat clear.
  • Tambahkan air bersih sebagai pengencer dengan komposisi (2 bahan dan 1 air) aduk sampai rata dan homogen.
  • Oleskan ke seluruh permukaan media finishing. Diamkan 30 menit, amplas ambang dan ulangi prosesnya untuk hasil terbaik.
  • rata-rata cover area : 10-12 m2/kg material/layer

Keunggulan teknik aplikasi Biovarnish clear coat ini dibandingkan dengan plitur serlak india:

  1. cukup hanya menggunakan air bersih sebagai pengencer, jadi pasti relatif lebih murah.
  2. kecepatan kering lebih tinggi, rata-rata kering sentuh 10-20 menit per lapisan.
  3. tidak perlu dijemur di terik matahari.
  4. daya tutup lapisan film lebih efektif.

Itulah cara mudah aplikasi varnish kayu dengan teknik kuas menggunakan seri produk Biovarnish. Anda juga bisa mengaplikasikan produk ini dengan spray system menggunakan spray gun. Biovarnish bisa diaplikasikan untuk furniture rumah, seperti meja, kursi, lemari baik indoor maupun outdoor, maupun untuk building, seperti finishing kusen, pintu, jendela. Bahkan sangkar burung juga bisa difinishing menggunakan produk ini.

Keunggulan Biovarnish Series

biovarnish series

Produk Biovarnish kami rekomendasikan karena memiliki formula khusus yang membuat produk ini mampu memberikan hasil finishing prima, baik dari sisi proteksi maupun dari sisi aesthetic-nya. Biovarnish merupakan plitur kayu water based dengan banyak keunggulan.

Biovarnish series sangat mudah diaplikasikan, baik dengan cara dikuas maupun disemprot. Cukup mencampurnya dengan air, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk membeli thinner atau jenis pelarut lainnya. Produk ini juga bisa diaplikasikan kapan saja dan dimana saja, karena tidak perlu tergantung dengan matahari.

Aplikasi varnish kayu dengan dengan teknik kuas sangat mudah karena tarikannya yang ringan dan tidak meninggalkan bekas brush mark. Brush mark merupkan salah satu momok yang ditakuti para pekerja finishing yang melakukan aplikasi cat kayu dengan menggunakan kuas. Bekas sapuan kuas tentu saja akan mengurangi kesempurnaan hasil finishing.

Keunggulan lainnya adalah hasil aplikasinya mampu menghasilkan transparansi yang bagus, daya rekat yang bagus, dan mudah dibersihkan. Selain itu, Biovarnish juga tahan terhadap noda kecap, wine ataupun cuka, tahan terhadap air maupun cuaca. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat mengaplikasikan produk ini untuk bagian teras ataupun bahkan untuk garden furniture dan pagar.

Aman untuk anak dan kebutuhan furnitur mereka

Bahan finishing water based ini juga aman karena non toxic dan rendah VOC (volatile Organic Compound). Biovarnish diformulasikan dengan mengacu pada regulasi yang mengatur ambang batas pemakaian bahan kimia dalam cat, yaitu ECHA-Reach Regulation UE. Sehingga bisa dipastikan aplikasi varnish kayu dengan teknik kuas menggunakan produk Biovarnish aman digunakan untuk jenis finishing furniture apapun, termasuk baby furniture maupun wooden toys.

Mengapa sisi keamanan dari produk Biovarnish ini menjadi sangat penting? Semakin hari semakin banyak orang yang menyadari perlunya cat yang aman dan ramah lingkungan. Berbagai bahan berbahaya yang terkandung dalam cat solvet based seperti formaldehyde, cobalt, lead, mercury dan bahan kimia mudah menguap ternyata memberikan efek negatif yag cukup signifikan jika terpapar dalam jumlah yang cukup atau terpapar trus menerus.

Efek yang paling sering dirasakan adalah iritasi kulit sampai pada tingkat yang membahayakan, iritasi indera penglihatan dan penciuman, hingga gangguan pencernaan baik dalam taraf ringan ataupun akut. Efek lain yang cukup berbahaya adalah mampu memicu aktifnya sel kanker, membahayakan organ dalam manusia seperti jantung, paru-paru, hati maupun ginjal. Efek-efek berbahaya inilah yag berusaha dihindari oleh banyak orang.

3 varian Biovarnish dan cara mendapatkannya

Produk Biovarnish sendiri terdiri dari tiga seri produk, yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Biovarnish Wood Filler tersedia dalam empat varian warna, yaitu warna mahoni, jati, ramin dan sungkai.

Sedangkan untuk Biovarnish Wood Stain tersedia dalam 20 macam varian warna menarik yang bisa Anda lihat di daftar/katalog warna Biovarnish. Untuk Biovarnish Clear Coat tersedia dalam dua pilihan tingkat glossy, yaitu gloss dan matte. Jangan khawatir, harga Biovarnish series cukup terjangkau, dan sesuai dengan kualitas yang dihasilkan.

Selain menggunakan Biovarnish series, Anda bisa menggunakan Biovarnish series untuk menghasilkan hasil finishing warna natural transparan. Bedanya, proses aplikasinya dilakukan secara spray system. Varian produknya terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Topcoat.

Untuk mendapatkan produk Biovarnish, Anda bisa menghubungi CS kami melalui kontak WhatsApp berikut ini
cta solusi kebutuhan finishing bioindustries

tanya cs bio
Tanya Bio!