Bleaching Chemicals Untuk Menyamarkan Noda Blue Stain - Bioindustries

Bleaching Chemicals Untuk Menyamarkan Noda Blue Stain

menyamarkan noda blue stain dengan wa-250

Produk bleaching White Agent WA-250 adalah bahan kimia yang berfungsi mengubah warna raw material yang bernoda atau flek gelap menjadi kayu yang berwarna cerah.

Fungsi lainnya adalah untuk menyeragamkan warna kayu. Sehingga kayu memiliki warna yang lebih indah dan istimewa. Bahan kimia ini sangat membantu proses finishing pada furniture kayu.

Umumnya, bleaching chemicals digunakan pada berbagai macam media kayu, seperti kayu jati, mahoni, mangga, pinus, bamboo, natural fiber, dll. Jenis-jenis kayu di atas rentan mengalami serangan blue stain atau doreng pada kayu.

Bahan kimia ini dapat memperbaiki warna kayu yang kurang baik, sehingga warna kayu tampak lebih indah dan natural. Fungsi utama WA-250 adalah untuk menghilangkan blue stain yang ada pada raw material.

Manfaat Produk Treatment Pemutih Kayu WA-250

  1. Relatif menyeragamkan warna kayu teras dan kubal
  2. Memudarkan warna bekas blue /black stain serta jenis cacat warna kayu lainnya
  3. Menurunkan resiko terjadinya kasus tanin color bleeding
  4. memudahkan proses pewarnaan pada saat aplikasi bahan finishing kayu

Kelebihan Produk WA-250 vs H2O2

  1. Tidak perlu penjemuran langsung di bawah matahari
  2. Tidak merusak struktur kekuatan serat kayu (tidak membuat kayu rapuh)
  3. Relatif aman dan ramah lingkungan

Prosedur Aplikasi WA-250 Untuk Menyamarkan Noda Blue Stain

Produk WA-250 bisa diaplikasikan pada berbagai jenis kayu, baik mahoni, jati, pinus, mangga dan berbagai jenis kayu lainnya. Prosesnya bisa dilakukan dengan metode perendaman. Namun jika media kayu sudah tidak memungkinkan untuk direndam, aplikasi bisa dilakukan dengan cara dikuaskan. Berikut prosedur cara memutihkan kayu dan menyamarkan noda blue stain menggunakan produk WA-250.

  1. PENGENCERAN

Tambahkan air 50% ( 1 : 1 ) untuk menurunkan konsentrasi.

  1. APLIKASI

Aplikasikan ke seluruh permukaan media dengan cara direndam sambil dicuci. Proses perendaman disarankan selama 30-60 menit. Semakin lama proses perendaman dilakukan maka semakin dalam bahan pemutih kayu ini meresap ke dalam serat kayu.

Jika media kayu tidak memungkinkan, misalnya saja sudah dalam bentuk barang jadi dan ukurannya besar, aplikasi bisa dilakukan dengan cara dioleskan / dikuas. Kuaskan basah secara merata pada permukaan media kayu.

  1. AGING TIME

Tiriskan dan tunggu sampai warna kayu berubah warna menjadi terang / memutih seperti yang diinginkan. Diamkan hingga 4-6 jam. Ulangi perendaman jika warna kayu belum mencapai warna putih yang diinginkan. Biarkan WA-250 bereaksi selama ≤ 4 jam pada suhu ruang.

Selama aging time tidak disarankan untuk :

  • dijemur langsung di bawah terik matahari
  • dipanaskan / dikeringkan dengan suhu ≥ 350C

Berbeda dengan bahan kimia H2O2 yang harus dijemur di bawah terik sinar matahari untuk bekerja dengan baik, produk WA-250 tidak perlu dijemur. Hanya cukup didiamkan beberapa saat, maka bahan aktifnya akan bekerja menetralisir warna kayu yang disedot keluar. Sehingga pada akhirnya kayu dapat berwarna lebih putih terang tapi masih terlihat natural.

Setelah proses aging selama 4 jam, aplikasi WA dapat diulang lagi untuk mendapat hasil yang lebih putih / terang. Setelah didapatkan warna yang diharapkan, biarkan overnigt.

  1. PENGERINGAN

Setelah mendapat hasil warna permukaan sesuai yang diinginkan, lakukan pencucian menggunakan air mengalir untuk menghentikan reaksi bahan kimianya. Setelah itu, kayu dapat dikeringkan dengan cara dijemur atau dioven dengan suhu ≤ 600C sampai mendapatkan MC kayu yang disyaratkan.

PERHATIAN :

Larutan WA-250 sebaiknya tidak dicampur dengan larutan asam / Ph ≤ 7 seperti H2O2 dan lain-lain.

Demikian sedikit ulasan mengenai bahan pencerah warna kayu (wood brightener) yang relatif aman dan ramah lingkungan, yaitu WA-250. Produk yang sangat efektif untuk menyamarkan noda blue stain pada kayu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk bleaching atau pemutih kayu WA-250 ini, silahkan menghubungi stock point Bioindustries terdekat. Atau Anda bisa menghubungi secara angsung ke no kontak 0822-4338-0001.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 243 orang responden
%d bloggers like this: