Waspadai Bahaya Timbal dalam Cat

Timbal merupakan logam berat toksik yang harus diwaspadai karena efeknya membahayakan. Padahal, banyak cat yang mengandung timbal.

Timbal merupakan logam berat toksik yang harus diwaspadai karena efeknya membahayakan. Padahal, banyak cat yang mengandung timbal.

Bahaya timbal dalam cat adalah masalah kesehatan serius yang mengancam konsumen, selain ancaman senyawa organik mudah menguap seperti benzene dan xylene. Kandungan berbagai logam berat seperti timbal tersebut berpotensi tinggi menyebabkan lingkungan udara di dalam ruangan menjadi toksik. Efek timbal pada kesehatan terbilang sangat buruk, apalagi bila paparannya terjadi dalam jangka panjang.

Mengenal Timbal, Logam Bermanfaat yang Bersifat Toksik

Timbal (Pb) pada dasarnya merupakan golongan logam berat yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Berbagai produk yang diciptakan manusia banyak mengandung logam ini, tak terkecuali cat. Fungsi timbal dalam cat adalah untuk memberikan warna yang menarik. Sayangnya, fungsi ini tidak sebanding dengan efek yang akan didapat akibat paparan timbal yang tinggi. Timbal mudah terikat dengan sel darah merah dan akan dibawa serta disimpan di berbagai organ tubuh, seperti tulang dan hati. Hal ini akan menyebabkan tulang, hati, dan berbagai organ lainnya terancam mengalami kerusakan.

Bahaya Timbal dalam Cat dengan Kadar Tinggi

Kadar timbal yang melebihi batas aman dapat menyebabkan berbagai efek dari yang ringan hingga yang sangat fatal. Efek jangka pendek bahaya timbal dalam cat adalah:

  • Rasa lelah yang tidak biasa
  • Iritasi berbagai jaringan tubuh
  • Kehilangan gairah
  • Rasa tidak enak pada perut
  • Sulit berkonsentrasi
  • Sulit tidur atau insomnia

Efek jangka pendek akibat keracunan timbal di atas bila tidak ditangani dengan tepat dapat berakibat pada efek yang lebih parah. Pada orang dewasa, akan muncul gejala-gejala seperti sulitnya mengatur gerakan otot, kerusakan syaraf, melemahnya kemampuan mendengar dan melihat, hipertensi, dan gangguan reproduksi yang pada wanita hamil dapat menyebabkan janin keterbelakangan mental. Sedangkan bahaya ktimbal dalam cat pada anak-anak untuk paparan jangka panjang adalah:

  • Anemia
  • Hiperaktif
  • Perkembangan dan pertumbuhan yang tidak maksimal
  • Melemahnya fungsi berbagai indera terutama indera pendengaran
  • Kerusakan hati dan ginjal
  • Kerusakan syaraf, termasuk syaraf pusat (otak)
  • Bila paparanya sangat besar dan kondisi anak tidak begitu baik, efek fatal berupa meninggal dapat terjadi

Menghindari Cat dengan Timbal Tinggi

Meskipun cat berkadar timbal yang tinggi begitu membahayakan, namun regulasi dan pengawasan yang dilakukan mengenai hal ini masih sangat minim. Penggunaan timbal pada cat dan berbagai produk sejenisnya masih marak di pasaran. Rata-rata kadar timbal yang terkandung dalam berbagai produk di Indonesia berkisar antara 100-57.500 ppm. Padahal di berbagai negara maju, batas kadar timbal jauh lebih rendah. Misalnya di Amerika Serikat, dimana batas kadar timbal yang diperbolehkan dalam cat adalah 90 ppm.

Banyak produsen cat di Indonesia yang beralasan melakukan hal tersebut untuk menghemat biaya. Namun, tentu saja tidak semua produsen cat di Indonesia memiliki pemikiran demikian. Kesadaran mengenai bahaya timbal membuat beberapa produsen cat di Indonesia mengembangkan cat ramah lingkungan dengan kadar Pb rendah.

Bioindustries adalah salah satu perusahaan yang menyediakan cat yang aman tanpa kandungan timbal yang membahayakan. Hal ini disebabkan cat-cat yang dipasarkan Bioindustries merupakan cat yang dibuat dari bahan-bahan alami dengan pelarut air (water-based paint). Kualitas keamanan cat dan berbagai produk keluaran Bioindustries bahkan telah mendapat sertifikat pengakuan dari ECHA Reach Regulation (regulasi yang dikeluarkan oleh Komisi Pengawas Bahan Kimia Uni Eropa) dan US EPA (United States Environmental Protection Agency). Memanfaatkan cat produksi Bioindustries seperti cat kayu dan besi Orchid® cat kayu besi, cat alumunium Orchid® Aloycoat, cat tembok BioPaint® Facade, atau cat kayu Biocolours Wood Coating adalah pilihan bijak terhindar dari bahaya timbal dalam cat.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 530 orang responden
%d bloggers like this: