Inilah Hasil Uji Ketahanan Cat Kayu Water Based Biovarnish Clear Coat Terhadap Panas - Bioindustries

Inilah Hasil Uji Ketahanan Cat Kayu Water Based Biovarnish Clear Coat Terhadap Panas

Uji ketahanan cat kayu water based Biovarnish Clear Coat terhadap panas dilakukan untuk mengetahui tingkat kekuatan Biovarnish Clear Coat terhadap panas.

uji ketahanan cat kayu water based terhadap panasBiovarnish clear coat merupakan salah satu varian Biovarnish yang berfungsi sebagai top coat. Sebagaimana telah diketahui, produk cat kayu Biovarnish hadir dalam satu paket produk untuk aplikasi, yaitu Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain dan Biovarnish clear coat. Proses uji kekuatan Biovarnish clear coat dilakukan untuk menjawab pertanyaan dari customer, apakah Biovarnish clear coat tahan panas dan tidak lengket saat diaplikasikan.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang uji kekuatan Biovarnish, terlebih dahulu kami akan mengajak Anda mengenal lebih dekat mengenai apa itu clear coat dan fungsi clear coat dalam finishing kayu. Clear coat pada dasarnya merupakan cat bening transparan tanpa pigment, digunakan sebagai pelapis akhir dalam proses finishing.

Fungsi clear coat adalah memberi sentuhan akhir pada proses finishing untuk memberikan proteksi pada lapisan cat di bawahnya dan untuk meningkatkan estetika dari bahan yang di-finishing. Sebagai lapisan akhir, clear coat harus mampu menahan benturan langsung dengan cuaca, seperti radiasi sinar UV, hujan, debu, angin, benturan, goresan bahkan serangan dari alam seperti serangga dan lumut.

Secara umum, clear coat sering kali hadir dalam beberapa tingkat glossy, seperti gloss, semi gloss, satin, doff, matt dan death matt. Untuk produk Biovarnish sendiri saat ini tersedia dalam dua varian tingkat glossy, yaitu gloss dan doff. Jika Anda menginginkan varian tingkat glossy lainnya, Anda bisa mendapatkan di seri produk topcoat BioColours.

Uji Ketahanan Cat Kayu Water Based Biovarnish Clear Coat Terhadap Panas

Kembali ke proses uji kekuatan Biovarnish clear coat terhadap panas. Untuk proses uji coba, material yang digunakan adalah tripleks yang sudah diaplikasi menggunakan Biovarnish clear coat. Proses uji dilakukan dengan cara media tripleks dimasukkan ke dalam oven, kemudian dipanaskan selama satu jam degan suhu 100 0 Celcius. Setelah satu jam, media tripleks diambil dari oven menggunakan penjepit. Lakukan tes, apakah media tripleks lengket atau tidak. Hasilnya, media tripleks tidak lengket.

Langkah selanjutnya, siapkan tripleks yang sudah dipanaskan dalam oven tadi. Letakkan kertas di atasnya, kemudian diberi beban 1 psi (7 kg) dan didiamkan selama satu jam. Nanti kita akan cek apakah akan lengket atau tidak. Setelah satu jam, beban diangkat dan kertas dicek. Hasilnya, tidak lengket dan kertas tetap bersih, tidak ada bekas clear coat.

Dari hasil uji coba di atas, bisa disimpulkan bahwa Biovarnish clear coat tahan terhadap panas dan tidak lengket. Hasil uji coba ini semakin menguatkan kesimpulan bahwa seri produk Biovarnish sangat recomended untuk aplikasi finishing furniture, baik furniture interior maupun ekterior. Selain itu, produk ini juga bisa diaplikasikan untuk wooden toys, handycraft maupun building material seperti kusen, pintu, bahkan untuk pagar. Untuk lebih detail, silahkan lihat video uji ketahanan Biovarnish clear coat terhadap panas di link berikut :

Bagaimana Cara Mendapatkan Produk Biovarnish

Apabila Anda tertarik dengan produk Biovarnish clear coat maupun seri produk Biovarnish lainnya, seperti Biovarnish wood stain dan Biovarnish wood filler, Anda bisa menghubungi customer care Bioindustries yang dengan senang hati akan melayani Anda. Silahkan kontak ke nomer 0274-388301 untuk menghubungi Bio Service Center Jogja, 0291-598992 untuk menghubungi Bio Service Point Jepara dan ke nomer 0231-320759 untuk menghubungi Bio Service Point Cirebon.

Atau, Anda juga bisa menghubungi no CS kami di 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056. Anda bisa diskusi lebih lanjut mengenai produk Biovarnish maupun produk-produk Bioindustries lainnya, seperti produk Orchid untuk finishing warna solid aplikasi kuas, produk BioColours untuk finishing warna transparan dan warna duco solid, maupun produk adhesive dan pengawetan kayu. Demikianlah hasil uji ketahanan cat kayu water based Biovarnish clear coat terhadap panas. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 409 orang responden
%d bloggers like this: