Tips Finishing Kayu dengan Teknik Kuas - Bioindustries

Tips Finishing Kayu dengan Teknik Kuas

brush system, sistem kuat, Finishing kayu dengan teknik kuas memiliki nilai estetika berbeda dengan teknik spray. Teknik ini bisa lebih menghemat cat dibanding dengan spray. Saat ini terjadi kelangkan dan mahalnya bahan PELITUR sherlak. Sudah pasti Anda harus mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini tips finishing kayu dengan sistem kuas menggunakan bahan finishing water based yang murah dan ramah lingkungan.

Langkah pertama, persiapan permukaan
Anda perlu untuk mengamplas seluruh permukaan kayu dengan amplas no. 180 untuk menghilangkan kotoran dan menghaluskan kayu, dimana pengamplasan harus searah dengan serat kayu sehingga tidak merusak serat yang ada.

WOOD FILLER

anda perlu mengisi pori-pori kayu dengan menggunakan wood filler water based, dengan warna yang sesuai dengan warna asli kayu perabot anda menggunakan bantuan kape. Apabila perabot kayu anda berprofil, anda harus mengencerkan dempul menggunakan dengan air bersih terlebih dahulu, setelah itu baru dioleskan dengan menggunakan kuas kecil atau dapat pula dengan disemprot dan kemudian diusap dengan lap sehingga dapat masuk ke dalam pori-pori kayu.WARNA DASAR (base color)
setelah 2 jam atau dempul/wood filler benar-benar kering, kemudian diamplas lagi dengan amplas no. 240 untuk memunculkan lagi serat kayu yang tadi sempat tertutup dengan dempul. Setelah kayu sudah siap untuk diwarnai, maka langkah selanjutnya memberi warna dengan bahan warna dasar WSI atau WSO.

BioVARNISH WARNA (warna utama)
Agar warna perabot anda lebih cerah gunakan BioVarnish sesuai dengan warna yaang diinginkan tambahkan air bersih secukupnya lalu dikuaskan / dioleskan dengan kain katun halus ke seluruh permukaan kayu dalam satu arah sampai halus dan mendapatkan warna dan kilap (gloss) yang anda inginkan.

BioVARNISH BENING (clear coat)
langkah ini hanya diperlukan jika anda ingin perlindungan warna maximal dan tingkat kilau glossy yang lebih sempurna. Cara kerjanya sama dengan BioVarnish warna seperti disebut diatas

Selamat mencoba…

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 390 orang responden
%d bloggers like this: