Bioindustri Omnipresen

Blog

Tips Cara Mencegah Serangan Jamur pada Kayu, Bambu, dan Rotan Basah

Mencegah serangan jamur pada kayu, bambu, rotan penting dilakukan agar material tidak cepat mengalami kerusakan akibat jamur.

Untuk kali ini kita akan membahas pencegahan serangan jamur pada kayu bambu rotan atau bahan sejenis kayu yang rentan terhadap jamur dengan cara pertama yaitu dengan pengendalian kelembapan atau kekeringan substrat MC kayu.

Perlu Sobat Bio ketahui, bahwa jamur kayu hanya akan tumbuh pada media substrat dengan kelembapan tinggi. Meskipun berbagai spesies jamur kayu mempunyai syarat tumbuh pada media yang variatif, namun umumnya pada media kayu atau bahan sejenis kayu lainya. Misalnya saja seperti rotan, bambu, kertas, enceng gondok yang memiliki  kelembaban substrat dengan MC diatas 20%

“Jamur kayu hanya akan tumbuh pada media substrate dengan kelembaban tinggi.”

Cara Mencegah Jamur Pada Kayu, Bambu, dan Rotan

Berikut beberapa tips sederhana untuk mencegah tumbuhnya jamur pada saat substrate kayu bambu, rotan, dst masih basah MC tinggi

jamur blue stain pada kayu pinus

1. Pilih Tempat yang Kering

Hindari menyimpan stok kayu basah pada ruang / gudang tertutup. Menyimpan sawn timber basah di lapangan terbuka jauh lebih aman daripada di dalam gudang tertutup.

2. Sirkulasi Udara Tempat Penyimpanan yang Baik

Sebaiknya Simpan tumpukan stacking kayu sawn timber dibawah atap dengan dinding terbuka.
Hal ini dimaksudkan agar kayu terlindungi dari hujan dan pengembunan di malam hari.  Dengan demikian, kayu, bambu maupun rotan tetap mendapatkan sirkulasi udara yang cukup untuk proses penguapan kandungan air substrat secara alami dan optimal.

3. Perhatikan Susunan Penumpukan Kayu

Tumpuk kayu sawtimber dengan cara penumpukan stacking dengan jarak tumpukan minimal 5 cm dan semakin lebar lebih baik untuk ukuran kayu atau tumpukan lebih tebal. Cara ini dimaksudkan untuk memberikan ruang penguapan yang cukup serta terjadinya sirkulasi udara yang baik agar spora jamur tidak mudah tumbuh dan berkembang.

Demikian cara mencegah pertumbuhan jamur pada kayu, bambu, dan rotan. Semoga bermanfaat ya, Sobat Bio!

tanya cs bio
Tanya Bio!