Kenali Tanda Burung Sakit Keracunan Cat Sangkar

Kenali tanda burung sakit keracunan cat sangkar. Beberapa sangkar memang bisa menjadi sumber bencana bagi burung peliharaan akibat aplikasi cat yang tidak aman.

Kenali tanda burung sakit keracunan cat sangkar.

Kenali tanda burung sakit keracunan cat sangkar.

Bagi Anda pecinta burung, memperhatikan kualitas sangkar sangat penting dilakukan. Benda ini bukan sekedar berfungsi mengurung burung saja. Kualitas sangkar akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup burung. Semakin bagus kualitas sangkar, maka semakin bagus pula kualitas hidup burung. Salah satu hal yang penting diperhatikan berkaitan dengan kualitas sangkar sendiri adalah cat yang diaplikasikan.

Di pasaran terdapat banyak sekali produk cat toksik yang biasanya termasuk dalam golongan cat solvent based atau yang menggunakan pelarut thinner dan spiritus. Kebiasaan burung mematuk sangkar akan memperbesar paparan zat toksik yang asalnya dari cat sangkar tersebut. Lalu bagaimana cara menentukan bahwa burung Anda memang keracunan cat sangkar? Berikut ini beberapa tanda burung sakit keracunan cat sangkar yang bisa Anda kenali secara langsung.

5 Tanda Burung Sakit Keracunan Cat Sangkar

  1. Tidak berkicau sesering biasanya bahkan berhenti berkicau
  2. Meminum terlalu banyak air
  3. Lemah dan bulunya tampak berantakan
  4. Berat badan menurun
  5. Mengeluarkan kotoran yang tidak biasa, misalnya terlalu cair.

Tanda-tanda di atas semakin patut dicurigai sebagai tanda burung sakit keracunan cat sangkar bila:

  1. Burung Anda mengalami gejala di atas pada rentang waktu relatif pendek setelah dilakukan pengecatan ulang pada sangkar atau Anda menempatkannya pada sangkar baru yang juga baru dicat.
  2. Terdapat aroma pedas dan menyengat pada sangkar yang bersumber dari cat. Aroma pedas menyengat tersebut kemungkinan besar merupakan VOC atau senyawa organik mudah menguap yang memang beracun bagi makhluk hidup. Contoh senyawa VOC yang terkenal adalah formaldehida atau formalin.
  3. Terdapat bekas burung menggigit sangkar. Paparan VOC memang bisa terjadi tanpa burung menggigitnya, sebab, ia akan menguap memenuhi udara di sekitarnya. Namun adanya gigitan akan semakin mengkonfirmasi burung Anda keracunan cat sangkar. Selain itu, material toksik lain dalam cat seperti timbal dan merkuri juga hanya bisa memasuki tubuh burung secara langsung,
  4. Anda tidak mengganti makanan maupun air yang biasa diberikan untuk burung. Sehingga satu-satunya hal yang patut dicurigai adalah cat sangkar.

Untuk memastikan bahwa tanda-tanda tersebut memang merupakan tanda burung sakitĀ  keracunan cat sangkar sendiri jelas diperlukan observasi dari mereka yang ahli. Namun, tanda-tanda yang dijelaskan di atas sekiranya sudah bisa Anda jadikan warning untuk tidak lagi menggunakan cat toksik pada sangkar burung peliharaan. Apalagi, efek jangka panjang yang bersifat silent killer juga bisa terjadi. Tanda-tanda di atas memang tidak segera muncul setelah aplikasi cat baru dilakukan, namun efeknya terjadi selang waktu yang lama kemudian. Akan lebih bijak, bila Anda tetap waspada dan menggunakan cat yang aman saja.

Orchid water based metal paint.

Orchid water based metal paint.

Kami merekomendasikan Anda menggunakan Biocolours water based coating untuk sangkar burung yang terbuat dari kayu dan Orchid water based metal paint untuk sangkar burung yang terbuat dari metal. Produk-produk tersebut termasuk dalam golongan cat water based sehingga kandungan VOC-nya sangat rendah bahkan nol. Biocolours dan Orchid bahkan sudah diformulasikan menurut standar keamanan internasional ECHA Reach Regulation dari Uni Eropa, US Environmental Protection Agency, dan US FDA. Kesesuaian Biocolors dan Orchid dengan standar tersebut bisa dibuktikan dengan sertifikat keamanan yang diterima dari lembaga TUV Reinland German dan Boureu Veritas Finlandia.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 560 orang responden
%d bloggers like this: