Waspadai Kanker Sejak Dini dan Kenali Sumber-Sumber Pemicu Kanker

Penyakit kanker merupakan silent killer bagi manusia. Waspadai sumber-sumber pemicu kanker sejak dini agar keluarga Anda terhindar dari penyakit mematikan ini.

waspadai bahaya dan pemicu kanker pada anakBaru-baru ini beberapa artis tanah air meninggal dunia, dan penyebab-nya adalah kanker. Sebut saja nama Julia Perez, Yana Zein, Renita Sukardi, dan terakhir adalah suami dari artis cantik Ririn Ekawati. Kanker juga membunuh ribuan anak tak berdosa di berbagai belahan dunia. Meskipun jenis kanker yang diderita mereka berbeda-beda, namun kita bisa menarik kesimpulan betapa berbahayanya penyakit yang satu ini, apapun jenisnya.

Data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, saat ini lebih dari 14 juta orang mengidap penyakit kanker. Dan sayangnya 4% diantaranya adalah penderita berusia muda dan anak-anak. Dari angka tersebut, 8 juta lebih penderita tidak bisa terselamatkan jiwanya, meskipun teknologi pengobatan saat ini sudah sangat berkembang.

Jenis-Jenis Kanker Yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa jenis kanker di dunia ini yang perlu diwaspadai. Berikut beberapa jenis kanker yang perlu diwaspadai karena jenis-jenis kanker ini ternyata membunuh lebih banyak orang jika dibandingkan dengan silent killer lainnya seperti AIDS, TBC, maupun malaria yang dikenal sebagai penyakit endemik.

  1. Leukimia

Leukimia atau dikenal juga sebagai kanker darah merupakan jenis kanker yang paling berbahaya karena hingga saat ini dunia pengobatan belum berhasil menemukan obatnya. Kanker jenis ini akan mempengaruhi sumsum tulang manusia dan juga jaringan getah bening. Gejala yang sering ditemukan adalah terjadinya pembengkakan di sekitar leher atau ketiak tanpa disertai rasa sakit, mudah terinfeksi, demam, mudah lelah, berat badan turun drastis dan mudah berdarah.

  1. Kanker Paru-Paru

Data dari American Lung Association menyebutkan bahwa kanker paru-paru menjadi jenis kanker yang sering menyebabkan kematian, baik pada pria maupun wanita. Gejala yang paling mudah terlihat adalah batuk yang terus menerus dan semakin lama semakin memburuk, nyeri di area dada, suara sering hilang atau paling tidak berubah serak, mudah merasa lelah, sesak untuk napas dan terindikasi ada infeksi pada paru-paru.

  1. Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang menyerang usus besar dan rektum, sering menyerang manusia yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Gejala yang biasanya muncul adalah rasa kembung, buang air seperti diare dan sembelit dalam beberapa hari. Selain itu biasanya disertai terjadinya pendarahan rektal ataupun tinja yang berwarna gelap.

  1. Kanker Payudara

Kanker jenis ini seringkali menyerang kaum hawa, terutama yang berumur 40 tahun atau lebih. Walaupun banyak juga kasus yang menyerang di bawah umur 40 tahun. Oleh karena itu, setiap wanita harus mewaspadai jenis kanker yang satu ini. Pemeriksaan rutin bisa membantu untuk mendeteksi keberadaan kanker ini. Gejala yang sudah parah yaitu munculnya benjolan pada payudara yang semakin lama semakin membesar.

  1. Kanker Hati

Jenis kanker yang menyerang organ hati ini paling sering menyerang kaum pria, terutama yang memiliki riwayat penyakit hepatitis B dan C atau keluarga yang juga memiliki riwayat kanker. Gejala yang sering muncul adalah kulit menguning, pusing, sering muntah, urin berwarna gelap dan hilang nafsu makan.

Kenali Sumber-Sumber Pemicu Kanker

formaldehid memicu kanker

Ada beberapa pemicu kanker yang perlu dikenali, sehingga kita bisa menghindarinya. Berikut beberapa penyebab kanker menurut NCI’s DCEG (National Cancer Institut’s Division of Cancer Epidemiology and Genetics) :

  1. Berbagai zat berbahaya seperti zat penyebab polusi udara, polusi air dan bahan kimia.

Contoh zat penyebab polusi udara adalah zat kimia yang termasuk dalam golongan Volatile Organic Compound (zat berbahaya yang mudah menguap bahkan pada suhu ruang) yang biasa kita temukan pada produk cat, bahan pewarna, coating, tinta. Selain itu  air serta bahan kimia berbahaya lainnya. Sedangkan contoh bahan kimia berbahaya lainnya adalah formaldehide (formalin), cobalt, lead, mercuri.

  1. Infeksi Virus dan Bakteri

Bakteri dan virus tertentu bisa menyebabkan kanker. Bahkan terindikasi virus dan bakteri justru mnejadi penyebab lebih banyak kasus kanker yang terjadi di negara berkembang (sekitar 1 dari 4 kasus kanker). Sedangkan di negara maju sekitar 1 dari 10 kasus kanker. Contoh virus dan bakteri yang menyebabkan kanker antara lain:

  • Human papillomavirus (HPV), mampu meningkatkan risiko kanker serviks, organ reproduksi, anus, dan orofaring.
  • Hepatitis B dan virus hepatitis C, mampu meningkatkan risiko kanker hati.
  • Virus Epstein-Barr, mampu meningkatkan risiko limfoma Burkitt.
  • Helicobacter pylori, mampu meningkatkan risiko kanker lambung.
  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Faktor perilaku dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu kanker. Contohnya adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan rendah gizi, merokok, mengkonsumsi alkohol, kurangnya keseimbangan energi, kurangnya aktivitas fisik, dan obesitas.

  1. Radiasi Sinar Gamma dan Sinar-X

Radiasi ternyata bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Hasil penelitian dari DCEG bekerja sama dengan University of Newcastle ternyata memperlihatkan data bahwa peningkatan jumlah anak-anak yang menerima perlakuan CT scan ternyata di-ikuti peningkatan jumlah penderita kanker di wilayah di-mana penelitian dilakukan.

Selain faktor-faktor di atas, faktor sistem kekebalan tubuh juga mempengaruhi. Berbagai faktor tersebut di atas perlu kita waspadai agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

Cegah Kanker Sejak Dini Dengan Pola Hidup Sehat

Pencegahan kanker bisa dilakukan asal kita aware terhadap berbagai faktor pemicu kanker. Menurut Departemen Kesehatan ada tiga faktor utama yang menyebabkan  kanker yaitu faktor genetik, faktor karsinogen (zat kimia, radiasi, virus, hormon, dan iritasi kronis) dan karena perilaku atau gaya hidup (merokok, pola makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol, dan kurangnya aktivitas fisik). Ketiga faktor utama tersebut yang harus Anda waspadai dalam memicu timbulnya berbagai macam jenis kanker.

Berikut ini perilaku sehat sebagai cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah berbagai jenis kanker yang mematikan:

  1. Berhenti merokok. Rokok merupakan pemicu utama kanker paru-paru.
  2. Gunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan, yaitu yang tidak mengandung karsinogen. Salah satu contoh barang yang rawan karsinogen adalah produk cat. Biasanya cat solvent based mengandung karsinogen cukup Zat karsinogen tersebut akan menguap bahkan di suhu ruang dan dihirup oleh manusia. Inilah yang bisa memicu kanker paru-paru di masa mendatang.
  3. Berhenti konsumsi alkohol. Alkohol adalah pemicu utama kanker perut dan kanker hati. Jika masih menyayangi lambung dan hati Anda berhentilah sekarang juga.
  4. Perbanyak konsumsi buah. Buah-buahan akan membantu memberikan vitamin pada tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mencegah sel kanker tumbuh dalam tubuh.
  5. Perbanyak olahraga. Dengan menggerakkan tubuh Anda secara teratur, sirkulasi darah akan lancar dan tubuh Anda akan lebih sehat.

biovarnish cat kayu water based non toxic low voc

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker. Dengan kita lebih aware terhadap pilihan hidup kita dan lebih aware terhadap sumber-sumber pemicu kanker ini, semoga bisa menjauhkan kita dari penyakit kanker yang mematikan ini. Memulai dengan hal-hal sederhana seperti memilih furniture, mainan anak maupun barang rumah tangga berlapis cat yang aman dan ramah lingkungan bisa menjadi contoh. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cat aman dan ramah lingkungan, Anda bisa membaca lebih detail di artikel cat kayu water based non formalin. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 546 orang responden
%d bloggers like this: