Inspirasi Warna : Re-finishing Furniture Lama Dengan Pernis Kayu Water Based - Bioindustries

Inspirasi Warna : Re-finishing Furniture Lama Dengan Pernis Kayu Water Based

Furniture lama yang terkesan usang bisa diberi nyawa baru hanya dengan teknik pengecatan yang tepat. Dapatkan tampilan baru pada furniture lama menggunakan pernis kayu water based.

refinished furniture lama menggunakan pernis kayu berkualitasTampilan furniture lama yang sudah kusam seringkali membuat tampilan ruangan terlihat kurang maksimal. Lain cerita jika furniture lama tersebut memang digunakan untuk memperkuat konsep desain rumah agar terlihat klasik. Namun jika rumah Anda menggunakan gaya dekorasi kontemporer atau modern, kondisi furniture yang usang akan membuatnya terlihat mengganggu.

Lantas, haruskah mengganti furniture usang tersebut dengan yang baru? Sebenarnya Anda tidak perlu mengganti furniture lama tersebut dengan membeli item baru untuk menggantikannya. Apalagi jika bahan kayu yang digunakan masih bagus. Caranya, Anda bisa menyulap furniture lama tersebut menggunakan teknik mengecat yang tepat, dan tentu saja menggunakan bahan finishing yang tepat juga.

Dengan pemilihan teknik finishing dan bahan finishing yang tepat, Anda bisa menyulap furniture lama Anda sesuai dengan konsep desain rumah atau gaya dekorasi ruangan yang sedang Anda gunakan. Tentu saja kemampuan Anda memilih warna akan menentukan nasib furniture lama Anda. “Ini hanya tentang kejelian dan keberanian untuk memilih warna,” jelas Yasminum DP, R&D Marketing Bioindustries. Keberanian dan kejelian Anda dalam memilih warna bisa menjadikan furniture usang bahkan menjadi focal point baru di ruangan Anda.

Bicara tentang pilihan warna, saat ini warna-warna natural kayu sedang digandrungi oleh banyak pihak. Hal ini juga dibaca oleh Bioindustries yang kemudian menindaklanjuti kecenderungan tersebut dengan mengeluarkan ke publik seri pernis kayu water based, Biovarnish. Seri produk Biovarnish sebenarnya merupakan produk Bioindustries yang sebelumnya digunakan oleh customer segmen industri, terutama industri furniture yang membutuhkan finishing warna natural transparan dengan segmen pasar negara-negara dengan regulasi keamanan ketat. Seri cat kayu water based ini akhirnya juga ditawarkan ke masyarakat luas, seperti industri kecil, para penghobi dan bahkan end user, agar semua bisa mendapatkan manfaat dari produk cat kayu aman dan ramah lingkungan ini.

Warna-warna Unggulan Biovarnish, Pernis Kayu Water Based Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Ada beragam keunggulan dari Biovarnish, sehingga produk pernis kayu untuk interior maupun exterior ini banyak direkomendasikan. Salah satunya adalah beragam pilihan warna yang bisa dipilih. Berikut beberapa inspirasi warna yang diambilkan dari color swatch Biovarnish yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai pilihan warna untuk memoles ulang furniture yang telah usang namun sayang untuk dibuang. Warna-warna tersebut merupakan warna-warna favorit yang sering digunakan oleh customer Bioindustries, baik dari segmen industri maupun dari segmen penghobi.

  1. Walnut Brown

pernis kayu biovarnish warna walnut brown

Warna walnut brown merupakan jenis warna yang paling banyak dicari oleh customer-customer Bioindustries, baik customer industri maupun pengrajin, penghobi dan end user. Warna walnut brown memang mampu memperlihatkan keindahan serat kayu, apalagi jika kayu yang digunakan memiliki struktur dan serat kayu yang bagus. Warna walnut brown bisa meng-eksposnya dengan sempurna.

  1. Salak Brown

pernis kayu biovarnish warna salak brown

Warna salak brown disukai oleh banyak orang karena mengambil warna dari buah salak yang sangat eksotik. Furniture lawas Anda akan terlihat eksotik dan elegan dengan warna ini. Warna salak brown akan menghadirkan kesan alami natural ke ruangan Anda.

  1. Light Walnut

pernis kayu biovarnish warna light walnut

Light walnut juga menjadi salah satu warna favorit yang banyak diminta oleh customer. Warnanya yang terang membuat kayu terlihat bersih dan mampu meng-eksplore serat kayu. Karena dasar warnanya yang cenderung terang, lebih baik diaplikasikan pada kayu yang warna dasarnya terang juga.

  1. Yellow Oxide

pernis kayu biovarnish warna yellow oxide

Warna yellow oxide menghasilkan warna yang agak kekuningan. Warna ini sering digunakan untuk berbagai furniture berbahan kayu dengan dasar warna terang.  warna yellow oxide menghadirkan kesan sophisticated namun tetap simple dan enak dilihat.

  1. Papua Rose

pernis kayu biovarnish warna papua rose

Warna papua rose ini menjadi salah satu warna favorit dengan kesan gelap kayu yang elegan. Warna ini sangat cocok diaplikasikan jika Anda menginginkan furniture dengan warna kayu gelap yang eksotik. Apapun warna kayu Anda sebelumnya, pernis kayu Biovarnish papua rose akan membantu Anda mendapatkan furniture dengan warna coklat gelap yang elegan.

Itulah lima warna favorit dari pernis kayu Biovarnish yang mampu menghasilkan warna natural dengan transparansi warna yang bagus. Sehingga mampu meng-ekspose keindahan dari struktur dan serat kayu yang dilapisinya. Selain kelima warna tersebut, Anda juga bisa memilih warna-warna lainnya yang tak kalah cantiknya untuk digunakan. Untuk lebih detailnya, silahkan mencermati pilihan warna produk ini di color swatch Biovarnish.

Cara Aplikasi Pernis Kayu Biovarnish

Lantas, bagaimana cara aplikasi dari seri produk Biovarnish ini? Anda tidak perlu khawatir, karena cara aplikasinya pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan kuas, kuas spon, bal atau spray gun untuk mengaplikasikannya. Untuk pengenceran, Anda cukup menggunakan air bersih saja. Produk Biovarnish juga cukup mudah diratakan, sehingga memudahkan proses aplikasi.

Sebagai step awal, Anda perlu membersihkan furniture Anda. Amplas untuk membersihkan furniture, atau jika dianggap perlu Anda bisa mem-planner ulang. Setelah itu, aplikasikan wood filler jika diperlukan untuk menutup cacat kayu atau pori-pori kayu yang besar. Setelah kering, pastikan untuk meng-amplas habis wood filler sampai yang tersisa hanya yang ada di dalam pori-pori. Kemudian bersihkan menggunakan lap bersih.

Langkah selanjutnya, aplikasikan Biovarnish wood stain sesuai warna yang Anda inginkan. Jika perlu, Anda bisa mengencerkan dengan air bersih. Aplikasikan menggunakan kuas spon atau alat lain yang dimiliki. Diamkan hingga kering, kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas no 400. Ulangi aplikasi wood stain ini dua kali atau lebih hingga didapatkan warna yang diharapkan.

Langkah terakhir, aplikasikan Biovarnish clear coat gloss/doff sesuai tingkat glossy yang diharapkan. Encerkan jika perlu menggunakan air bersih, dengan rasio 2:1 (dua bagian clear coat, 1 bagian air). Kemudian aplikasikan sesuai alat yang dimiliki. Tunggu hingga kering. Aplikasikan ulang sekali lagi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Itulah langkah mudah aplikasi pernis kayu Biovarnish untuk proses re-finishing furniture usang. Sangat simple dan mudah diaplikasikan bahkan oleh ibu-ibu rumah tangga sekalipun. Namun produk ini juga mampu menghasilkan kualitas finishing sekelas finishing furniture untuk ekspor.

Selain itu, Biovarnish juga diformulasikan sesuai standar regulasi keamanan internasional, seperti standar US-EPA dan ECHA Reach Regulation yang mengatur pembatasan jumlah bahan kimia yang diperbolehkan dalam suatu produk. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan dampak negatif yang biasanya menyertai produk cat berbasis solvent, misalnya adanya kandungan formaldehid, timbal, merkuri dll. Produk Biovarnish bebas formaldehid, timbal, dan merkuri. Kandungan volatile organic compound (VOC content) juga sangat rendah, jauh di bawah ambang batas yang dittetapkan regulasi-regulasi tersebut.

Dengan berbagai keunggulan di atas, tidak heran kalau produk ini direkomendasikan untuk kebutuhan finishing maupun re-finishing furniture, finishing material building seperti kusen dan pintu, bahkan untuk finishing wooden craft maupun wooden toys sekalipun. Pilih warna yang Anda inginkan, dan biarkan Biovarnish memberi nyawa baru pada furniture Anda yang telah mulai usang.

Biovarnish, kuasin aja pake air…

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 236 orang responden
%d bloggers like this: