PERMETHRIN Fungsi dan Penggunaan

Permetrin

pengetahuan bahan permetrin

Permethrin, insectisida / anti serangga dan acaricida bersifat racun contact dengan spectrum sangat luas yang digunakan diberbagai industri farmasi, industri pertanian, industri pengolahan kayu, pemeliharaan bangunan dll.

Permethrin merupakan bahan kimia syntetic yang digunakan secara luas sebagai bahan insectisida atau bahan anti serangga dan acaricida yang efektif sebagai racun contac (neurotoxin) dengan spectrum luas. Secara umum diketahui memiliki efek toxicity sangat kecil bagi mamalia dan burung, tapi hasil penelitian menunjukan bahwa bahan kimia ini sangat berbahaya bagi jenis keluarga ikan.

Permetrin di industri medis dan personal care

Didunia medis, permethrin digunakan sebagai treatment utama untuk penyakit kudis. Perusahaan Johnson & Johnson menggunakan cream permethrin 5% (w/w) yang dipasarkan dengan merek dagang Lyclear. Di Negara Nordic dan Canada dan di berbagai Negara dipasarkan dengan merk Nix.

Permethrin pada industry pengolahan  kayu dan bahan bangunan

Pada industry pengolahan kayu, bambu, rotan, furniture dan pemeliharaan  bangunan, Permethrin digunakan secara umum sebagai bahan anti serangga kayu seperti anti rayap (termite), anti kumbang bubuk kayu kering (wood borer insect) serta efektif pula bekerja untuk mengendalikan jenis serangga perusak kayu lainnya.

Di Industri wood working, permethrin digunakan dengan cara direndam, dioles, disemprot atau digunakan dengan aplikasi vacum tekan.  bahan aktif yang terdeposit pada permukaan dan pori-pori kayu akan melindungi Log atau papan kayu selama selama masa penyimpanan dan proses pengolahan kayu lanjutan sebagai bahan baku furniture atau sebagai structure bangunan kayu. Penyemprotan berkala perlu dilakukan untuk perlindungan jangka panjang.

untuk industri perawatan dan pemeliharaan bangunan, permethrin digunakan sebagai bahan anti rayap tanah yang diaplikasikan pada tahap pembangunan pondasi bangunan dan pada proses pemeliharaan bangunan secara berkala.

Permethrin digunakan pula di Industri pengolahan pulp dan kertas sebagai bahan pengawet untuk memberikan sifat anti serangga pada produk hasil olahan kertas. permethrin di campurkan kedalam proses pengolahan bubur pengolahan kertas dengan dosis yang cukup rendah rata-rata ±10ppm w/w

Permethrin dibidang pertanian

Dibidang pertanian permetrin terutama digunakan untuk kapas, gandum, jagung, dan tanaman alfalfa. Penggunaannya cukup kontroversial karena sebagai bahan kimia yang memiliki spectrum luas, membunuh tampa pandang bulu, tidak hanya pada hama yang dimaksud, tapi dapat pula membahayakan serangga bermanfaat termasuk lebah madu, dan kehidupan air lainnya.

Permethrin sebagai anti nyamuk

Permetrin digunakan di daerah tropis untuk anti nyamuk penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Kain kelambu yang digunakan untuk menutupi tempat tidur dapat diobati dengan direndam pada larutan permetrin. Hal ini meningkatkan efektivitas kelambu dengan membunuh serangga parasit sebelum mereka dapat menemukan celah atau lubang.

Pelatihan personil militer di daerah endemis malaria diminta untuk mengobati dengan merendam seragam dengan larutan permetrin setelah mencuci. Militer Amerika menerapkan permetrin pada pabrik seragam militer untuk meningkatkan perlindungan anti serangga untuk prajurit yang akan bertugas didaerah tropis.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 423 orang responden
%d bloggers like this: