Perbedaan Aplikasi Bioduco Solid Color dengan Bio Transparent Color Bio Industries - Bioindustries

Perbedaan Aplikasi Bioduco Solid Color dengan Bio Transparent Color Bio Industries

perbandingan solid color dan transparan color

perbedaan coating schedule duco solid color dan transparent color wood finishing

Bio Industries memiliki produk water based paint and coating untuk aplikasi warna solid dan warna transparan. Finishing transparan bertujuan menonjolkan bentuk serat pada raw material sedangkan finishing solid menutup serat pada raw material. Dalam tahap aplikasi ternyata menciptakan finishing warna solid dan warna transparan memiliki perbedaan tahap tidak signifikan tapi penting diperhatikan.

Jika pewarnaan standar finishing kayu dimulai dari Base Coat, setelah itu tahap pewarnaan (coloring), lalu pemberian Main Coat, kemudian tahap terakhir adalah Top Coat. Tahap ini terjadi pada finishing standar.

Ada sedikit perbedaan dengan finishing warna solid dan transparan. Perbedaaan itu terjadi pada tahap pewarnaan saja. Jika pada finishing warna transparan, pewarnaan dilakukan sebelum Main Coat, akan tetapi pada finishing warna solid, pewarnaan dilakukan setelah Main Coat. Bahan finishing yang digunakan pun berbeda antara finishing solid dan transparan.

Berikut perbedaan langkah aplikasi finishing warna solid dan finishing transparan beserta produk yang dipakai dari Bio Industries :

BIODUCO (Solid Opaque Color)

BIO Tranparent Color

 1.Tahap Base CoatBio Industries memiliki Biocolors Wood Putty. (berwarna putih)2.Tahap Main coatBio Industries menggunakan Biocolors Primer (PA 550) (solid)3.Tahap Coloring/Pewarnaan

Bio Industries menggunakan Biocolors Bioduco Solid Stain (WSS)

4. Tahap Top Coat

Bio Industries menggunakan Biocolors Acrylic Top Coat.

 

 1.Tahap Base CoatBio Industres memiliki Biocolors Wood Filler (warna sesuai warna kayu)2. Tahap coloringBio Industries menggunakan Biocolors Wood Stain Indoor.

3. Tahap Main Coat

Bio Industries menggunakan Biocolors Sanding Sealer S401A (transparan)

4. Tahap Top Coat

Bio Industries menggunakan Biocolors Acrylic Top Coat.

Khusus untuk Top Coat, Anda bisa menggunakan Biocolors Biovarnish (indoor) dan Biocolors Biopolyture (bisa untuk outdoor). Wood Varnish ini memberikan efisiensi kepada Anda dalam memberi pewarnaan dan top coat sekaligus dalam satu waktu. Dengan kata lain, Wood Varnish adalah finishing non-standar.

Apa yang terjadi jika tahapan di atas tidak dilakukan?

Bisa dikatakan finishing Anda gagal. Anda boleh menghilangkan satu tahap, misalnya pada finishing standar, anda menghilangkan tahap coloring. Jadi misal kayu jati yang sudah diberi base coat, lalu diberi main coat dan langsung di top coats, hal ini masih bisa mendukung keberhasilan finishing Anda. Demikian juga pada finishing warna solid.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 232 orang responden
%d bloggers like this: