Perawatan Kayu yang Tepat untuk Hidup yang Sehat

Pastikan Anda merawat perabot kayu dengan cara perawatan kayu yang tepat. Kondisi perabot kayu yang baik akan berimbas positif pada kesehatan diri Anda.

Material plastik kini merajai berbagi produk rumah tangga. Banyak bahan plastik yang diolah dengan BisPhenol-A, sebuah zat yang digunakan supaya bahan plastik menjadi lebih getas. Namun demikian, kini penggunaan  BisPhenol-A sudah dilarang di banyak negara karena ditemukan membahayakan bagi kesehatan. Sebuah penelitian di Inggris membuktikan hal tersebut.

Ditemukan, persentase jumlah perempuan yang menderita kanker payudara di Inggris pada 2010 mejadi dua kali lipat dibanding pada tahun 1971. Banyak pihak yang menduga peningkatan penderita kangker payudara tersebut terkait dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Diantaranya adalah gaya hidup yang berkaitan dengan penggantian produk-produk kayu dengan produk-produk berbahan plastik dengan BisPhenol-A.

Kecurigaan terhadap BisPhenol-A cukup beralasan dan didukung beberapa bukti saintifik. Beberapa peneliti telah meneliti efek BPA terhadap kesehatan manusia. Diantaranya penelitian yang dilakukan Universitas Duke. Penelitian tersebut memberikan hasil berupa indikasi bahwa BPA menimbukan gangguan genetik seperti kanker.

Penelitian dari Universitas Cincinnati memberikan hasil yang berbeda meskipun sama-sama buruk. Ditemukan adanya indikasi bahwa BPA menyebabkan gangguan jantung pada perempuan. Sebuah penelitian yang dirilis di situs Pemerintah Amerika Serikat, EHP atau Environmental Health Perspective, menyebutkan bahwa BPA bisa memberikan efek pada kesuburan perempuan.

Banyaknya penelitian tentang dampak negatif BPA tersebut selanjutnya membuat banyak negara mengambil kebijakan keras. Mereka melarang peredaran plastik dengan kandungan BPA di dalamnya. Beberapa negara yang telah melarang tersebut antara lain Kanada dan Prancis.

Memang, kita tidak bisa serta merta memungkiri peran plastik dengan bahan BPA dalam kehidupan sehari-hari. Namun mengingat dampaknya yang buruk, kebijakan keras seperti yang dilakukan Pemerintah Kanada sudah sangat tepat.

Untuk mengatasi kekosongan pasar plastik dengan BPA sendiri, kita juga masih bisa menggunakan bahan lain seperti kembali menggunakan produk berbahan kayu. Penggunaan kayu sendiri secara mengejutkan berdampak sangat baik pada penurunan tingkat stress. Setidaknya itulah yang ditemukan pada penelitian yang dilakukan pihak Department of Wood Science and Design, National Pingtung University of Science and Technology dan Department of Psychology, National Kaohsiung Medical University. Hasil dari penelitian yang mereka lakukan menunjukkan peningkatan gelombang alfa yang berkaitan dengan penurunan tingkat stress saat subjek penelitian masuk ke dalam ruang dengan lantai dari kayu.

Aplikasikan perawatan kayu yang tepat untuk hidup yang sehat

Aplikasikan perawatan kayu yang tepat untuk hidup yang sehat

Namun demikian, penggunaan kayu saja tidaklah cukup. Kayu-kayu harus dirawat agar fungsinya bisa optimal berpengaruh positif bagi kesehatan. Absennya perawatan kayu yang tepat justru bisa berakibat pada ancaman kesehatan karena kayu merupakan material organik yang disukai banyak organisme sebagai media hidup.

Cara Melakukan Perawatan Kayu yang Tepat dengan Biopolish Linseed Oil

Aplikasi perawatan kayu yang tepat bisa dilakukan dengan semir atau polish kayu berkualitas. Gunakanlah Biopolish Linseed Oil untuk aplikasi perawatan kayu yang tepat. Polishing kayu ini terbuat dari bahan alami food grade sehingga sangat aman digunakan. Biopolish linseed oil juga memiliki kandungan antibiotik dari pine oil-nya, yang akan melindungi kayu dari berbagai jenis bakteri dan jamur merugikan. Berikut ini cara melakukan perawatan kayu yang tepat dengan Biopolish Linseed Oil:

  • Bersihkan kayu yang akan dipoles dan keringkan
  • Usapkan Biopolish Linseed Oil
  • Tunggu agar Biopolish meresap selama kurang lebih 10 menit
  • Gosok permukaan kayu dengan kain bersih lembut agar mengkilap
  • Tunggu hingga kering

Demikian aplikasi perawatan kayu yang tepat dengan Biopolish Linseed Oil. Dengan perawatan kayu yang tepat tersebut, Anda pun bisa hidup sehat.

Biopolish linseed oil beeswax wood polish and furniture care

Biopolish linseed oil

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 269 orang responden
%d bloggers like this: