Bioindustri Omnipresen

Blog

Pengertian, Fungsi Serta Manfaat Wood Filler untuk Finishing Kayu

Wood Filler adalah bahan finishing yang berfungsi sebagai lapisan dasar untuk menutup pori-pori kayu sehingga menghasilkan finishing yang halus, rata dan close pore.

dempul kayu

Proses finishing kayu merupakan proses yang melibatkan banyak langkah dan bahan finishing. Salah satu bahan yang biasanya digunakan dalam proses finishing kayu adalah dempul. Pada dasarnya, dempul dibedakan menjadi dua, yaitu wood putty dan wood filler. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih detail mengenai wood filler.

Sebagaimana dempul pada umumnya, wood filler merupakan bahan yang diaplikasikan pertama kali dalam finishing kayu. Bahan ini berfungsi pada persiapan kayu untuk tahap finishing selanjutnya. Wood filler dimaksudkan untuk menutup pori-pori pada kayu, sehingga membantu kayu siap untuk diberi warna pada aplikasi selanjutnya. Proses aplikasi warna akan lebih mudah dilakukan setelah proses aplikasi wood filler dilakukan dengan baik.

Fungsi Wood Filler Adalah

Secara umum, fungsi wood filler adalah untuk menutupi pori dan cacat pada tekstur kayu. Terkadang kita menemui media kayu yang memiliki cacat tekstur, seperti mata kayu, lubang bekas serangga dan retak pada kayu. Jika tidak ditutup, cacat ini akan merusak tampilan finishing akhir. Wood filler bisa membantu untuk menutup cacat tekstur kayu tersebut.

Fungsi dempul kayu atau wood filler yang lain adalah untuk menutup pori-pori kayu yang besar, seperti yang biasa terjadi pada kayu kelapa dan kayu merbau. Pori-pori kayu yang besar akan menyulitkan proses aplikasi finishing di tahap selanjutnya.

Pori besar yang tidak tertutup bahan aplikasi wood filler akan rentan bolong dan ambles saat diaplikasi bahan stain atau top coat, maka aplikasi wood filler ini akan sangat diperlukan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Wood filler juga membantu untuk mendapatkan hasil finishing akhir yang close pore. Meskipun hasil finishing furniture yang diharapkan adalah natural transparan, tetapi hasil yang close pore tetap bisa didapatkan dengan aplikasi wood filler.

Manfaat Wood Filler

Salah satu manfaat yang didapat setelah aplikasi wood filler adalah proses aplikasi bahan finishing di atasnya yang jadi lebih mudah. Setelah aplikasi wood filler, biasanya tukang kayu akan mengaplikasika pewarna kayu (stain). Adanya aplikasi wood filler akan membantu proses pewarnaan kayu jadi lebih mudah. Selain itu, aplikasi warna akan jadi lebih merata karena kayu jadi lebih rata tanpa cacat dan lubang.

Wood filler juga menjadi salah satu indikator proses amplas akan alot atau tidak. Penggunaan wood filler dengan kualitas bagus akan membuat proses amplas tidak mbolot. Ini juga berpengaruh pada rata atau tidaknya kayu setelah semua tahap finishing diselesaikan.

Perbedaan Antara Wood Putty dan Wood Filler

Saat ini telah tersedia berbagai macam produk wood filler yang bisa digunakan, baik yang solvent based maupun wood filler water based. Pemilihan wood filler yang sesuai dengan kebutuhan jelas membutuhkan ketelitian dan pengetahuan tentang perkayuan yang memadai.

Justru, yang banyak menjadi pertanyaan banyak orang di dunia kayu adalah perbedaan wood filler dan wood putty. Hal ini karena, secara umum keduanya didefinisikan sama seperti dempul, yakni untuk menutup pori dan cacat pada kayu.

Lantas, apa perbedaan wood filler dengan wood putty? Meskipun sama-sama termasuk sebagai base coat, namun wood filler dan wood putty tetap berbeda. Perbedaan antara wood putty dan wood filler pun menyebabkan penggunaannya tidak bisa disamakan.

perbedaan wood filler dan wood putty ada pada jenis finishingnya. wood putty digunakan untuk finishing duco sedangkan wood filler digunakan pada finishing natural. namun begitu, keduanya sama-sama dikenal dengan sebutan dempul

Berikut ini adalah perbedaan antara wood filler dan wood putty dilihat dari tujuan finishingnya:

Gunakan Wood Filler Ketika:

Gunakan wood filler saat Anda menginginkan hasil akhir finishing warna natural dengan keindahan alami kayu yang masih nampak. Base coat ini mampu mengisi pori-pori kayu tanpa menyembunyikan tampilan serat alami kayu di bawahnya. Namun, produk ini tidak efektif digunakan untuk mengatasi kerusakan tekstur kayu yang besar sebagaimana wood putty. Wood filler juga tidak membentuk lapisan di atas permukaan kayu seperti wood putty.

Agar kualitas hasil finishing dengan wood filler benar-benar close pore dan bisa memperbaiki kerusakan tekstur yang besar, Anda bisa menambahkan bahan sanding sealer atau sanding kayu di atasnya.

Gunakan Wood Putty Ketika:

Gunakan wood putty saat Anda menginginkan hasil akhir finishing warna solid dan close pore (pori-pori kayu tertutup). Wood putty bukan hanya akan menutup lubang dan kerusakan tekstur kayu, namun juga bisa menyembunyikan warna asli kayu. Wood putty akan membentuk lapisan di atas permukaan kayu sehingga kerusakan dan warna kayu tertutupi dengan baik. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk mengatasi warna kayu yang tidak seragam yang menyebabkan hasil akhir finishing berbeda-beda.

Mengenal Lebih Dekat Biovarnish Wood Filler

Biovarnish Wood Filler merupakan water based acrylic emulsion berbentuk pasta liquid yang berfungsi untuk mengisi dan menutup pori-pori serat kayu atau cacat texture permukaan kayu. Diformulasikan dengan memperhatikan keamanan bahan kimia sesuai standard regulasi European Chemical Agency (ECHA-REACH Regulation) dan US-EPA regulation certified.

Wood Filler adalah bahan finishing yang berfungsi sebagai lapisan dasar untuk menutup pori-pori kayu sehingga menghasilkan finishing yang halus, rata dan close pore

Biovarnish Wood Filler bisa diaplikasikan dengan kuas maupun dengan metode semprot pada media kayu, bambu, serat alam, partikel board, dll. Cocok untuk finishing interior maupun exterior pada furniture, pintu, kusen, handycraft, dll.

Keunggulan Biovarnish wood filler adalah aman dan ramah lingkungan (non toxic and very low VOC), effective mengisi pori-pori, daya rekat tinggi, mudah diamplas, mudah digunakan, dan cepat kering. Berbagai keunggulan di atas membuat produk ini sangat layak direkomendasikan sebagai base coat dalam finishing furniture indoor warna natural. Demikianlah ulasan mengenai wood filler, fungsi dan perbedaannya dengan wood putty. Semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan produk Biovarnish Wood Filler, Anda bisa menghubungi CS kami melalui kontak WhatsApp berikut ini

CTA Order Produk Finishing Kayu

tanya cs bio
Tanya Bio!