Menyiasati Nihilnya Regulasi Keamanan Cat terhadap Kesehatan

Nihilnya regulasi keamanan cat terhadap kesehatan memang memprihatinkan. Untuk mengatasinya, konsumen bisa membeli  cat bersertifikat aman dari lembaga terpercaya.

Nihilnya regulasi keamanan cat terhadap kesehatan memang memprihatinkan. Untuk mengatasinya, konsumen bisa membeli cat bersertifikat aman dari lembaga terpercaya.

Di Indonesia, regulasi keamanan cat terhadap kesehatan terbilang tidak memadai, bila tidak boleh disebut nihil. Sangat sedikit peraturan yang dikeluarkan pemerintah memiliki fokus yang terkait dengan masalah ini. Kalaupun ada, aturan-aturan terkait juga tidak diimplementasikan dengan sungguh-sungguh. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian yang dilakukan Bali Fokus pada tahun 2013 lalu. Pada pengujian ini, ditemukan rerata kandungan timbal dari 78 sampel cat berkisar antara 100 – 57.500 ppm. Padahal, di negara lain seperti Amerika Serikat, batas maksimal timbal yang diperbolehkan hanya sampai pada nilai 90 ppm.

Peraturan Menteri Kesehatan

Salah satu regulasi yang terkait dengan keamanan cat terhadap kesehatan tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1077/Menkes/Per/V/2011 tentang Pedoman Penyehatan Udara dalam Ruang Rumah. Pada peraturan menteri ini, dijelaskan mengenai standar udara dalam ruang rumah termasuk kadar VOC dan berbagai zat berbahaya lainnya seperti timbal dan merkuri. Disebutkan bahwa kadar VOC maksimal yang dipersyaratkan adalah 3 ppm sedangkan kadar timbal maksimal yang dipersyaratkan adalah 1,5 μg/m3. Sayangnya, pedoman tersebut hanya berisi penjelasan resiko, cara menangani, dan berbagai penjelasan lainnya yang bersifat umum dan tidak khusus membahas kandungan berbahaya dalam cat. Selain itu, tidak terdapat pula bentuk pelarangan yang tegas pada peraturan-peraturan lainnya.

Menanggapi Minimnya Regulasi Keamanan Cat terhadap Kesehatan di Indonesia

Minimnya regulasi keamanan cat terhadap kesehatan memang mengundang keprihatinan. Sebab, terdapat banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan cat yang memiliki kadar VOC (Volatil Organic Compounds) atau senyawa organik mudah menguap yang tinggi. Iritasi ringan hingga kematian akibat keracunan VOC bisa saja terjadi akibat paparan tinggi dengan jangka waktu panjang dan intens. Selain itu, adanya kandungan logam berat juga menjadi ancaman kesehatan tersendiri yang patut diwaspadai oleh para konsumen. Cat dengan kandungan merkuri dan timbal yang tinggi sangat membahayakan. Anak-anak adalah pihak yang paling rentan saat terkena paparan ini.

Untuk menyiasati permasalahan efek cat yang membahayakan dan minimnya regulasi keamanan cat terhadap kesehatan, konsumen harus benar-benar hati-hati sebelum membeli. Meskipun demikian, konsumen tidak perlu merasa begitu pesimis sebab masih terdapat produk-produk cat yang memiliki kadar VOC dan logam berat yang rendah. Kualitas ini biasanya dimiliki oleh cat-cat berbasis air. Bahkan di antara cat-cat tersebut, beberapa di antaranya telah memiliki sertifikat pengakuan keamanan produk dari berbagai lembaga kredibel seperti EPA dan ECHA.

Regulasi Keamanan Cat terhadap Kesehatan menurut EPA dan ECHA

US-EPA atau United States Environmental Protection Agency merupakan lembaga pemerintah federal Amerika Serikat yang memiliki fungsi untuk melindungi manusia dan lingkungan. Terdapat peraturan khusus mengenai VOC dalam cat yang dikeluatkan EPA, yakni US-EPA Paint VOC regulation number 8. Sedangkan regulasi ECHA atau European Chemical Agency (ECHA) adalah peraturan yang dikeluarkan Komisi Pengawas Bahan Kimia Uni Eropa. Regulasi dari ECHA meliputi peraturan dampak bahaya bahan kimia terhadap lingkungan. Kedua peraturan dari lembaga ini, bukan hanya penting bagi konsumen. Bagi produsen, kepemilikan sertifikat kedua lembaga ini akan meningkatkan daya saing pasar yang saat ini mulai memfavoritkan produk-produk ramah lingkungan.

Bioindustries merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai produk yang aman bagi kesehatan. Berbagai produk cat, pernis, hingga polishing dari Bioindustries sangat aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan. Anda tidak akan terkena paparan logam berat maupun VOC yang membahayakan. Selain itu, Bioindustries juga telah mendapat sertifikat pengakuan keamanan produk dari EPA maupun ECHA. Memilih cat produksi Bioindustries seperti cat kayu dan besi Orchid® cat kayu besi, cat alumunium Orchid® Aloycoat, cat tembok BioPaint® Facade, atau cat kayu Biocolours Wood Coating adalah solusi cerdas di tengah minimnya regulasi keamanan cat terhadap kesehatan.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 367 orang responden
%d bloggers like this: