Bioindustri Omnipresen

Blog

Menyamakan Warna Kayu dengan Teknik Finishing White Wash

Menyamakan warna kayu bisa dilakukan dengan beberapa macam teknik, diantaranya menggunakan teknik finishing kayu white wash.

teknik menyamakan warna kayu menggunakan finishing efek white washFurniture yang berkualitas dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya kualitas bahan kayu yang digunakan. Keseragaman warna bahan kayu yang digunakan akan mempermudah proses finishing. Sayangnya, mendapatkan dasar warna kayu yang seragam tidaklah mudah. Seringkali kita mendapatkan dasar warna kayu yang berbeda. Dasar warna kayu yang berbeda akan menyulitkan proses finishing, terutama untuk mendapatkan target warna yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan proses penyeragaman dasar warna kayu terlebih dahulu.

Proses penyeragaman dasar warna kayu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu teknik yang seringkali kita jumpai di dunia furniture adalah teknik acid chemical treatment. Namun teknik ini memiliki efek samping yang cukup berbahaya, karena menggunakan bahan asam yang kuat. Selain itu, teknik ini juga berefek pada rapuhnya kayu.

Ada cara lain yang bisa digunakan, yaitu dengan menggunakan teknik menyamakan warna kayu menggunakan teknik finishing kayu white wash. Teknik menyamakan warna kayu ini sangat berbeda dengan teknik penyeragaman menggunakan wood acid chemicals treament, baik dari sisi cara maupun hasil. Dalam prosesnya, kita akan menggunakan seri produk Biovarnish dari Bioindustries untuk menghasilkan finishing wash series dengan efek white wash.

Tahapan langkah Kerja/Coating Schedule Menyamakan Warna Kayu

finishing white wash untuk menyeragamkan warna kayuPersiapan media

Sikat permukaan kayu/plywood dengan sikat kawat kuningan searah serat untuk menciptakan texture alur serat kayu. Setelah itu amplas dengan scotbreath untuk menghaluskan dan memotong bulu sehingga tekture serat terlihat lebih halus dan natural.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain Warna Walnut Brown

Siapkan Biovarnish Wood Stain warna walnut brown, aplikasikan untuk menciptakan dasar warna kayu. Encerkan Biovarnish Wood Stain Walnut Brown dengan perbandingan 1 bagian Biovarnish Wood Stain dan 2 bagian Air, dan semprotkan tipis-tipis. Hati-hati jangan sampai warna yang terhasilkan terlalu tua. Tunggu hingga kering, kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas no 400.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Tutup lapisan warna yang terhasilkan dari aplikasi Biovarnish Wood Stain Walnut Brown dengan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna, dan agar warna tidak bercampur dengan warna glaze yang akan diaplikasikan di atasnya. Caranya, encerkan bahan Biovarnish Cear Coat dengan perbandingan 2:1 (2 bagian bahan, 1 bagian air). Aplikasikan menggunakan spray gun atau kuas ke seluruh permukaan sampai rata. Tunggu sampai kering +/- 1 jam (air dry system).

Aplikasi Glaze white

Ambil produk Glaze White, dan aplikasikan dengan cara dikuas atau di semprot. Tunggu beberapa saat sampai setengah kering dan hapus dengan kain basah setelah diperas sampai yang tertinggal hanya warna putih disela-sela alur serat. Glaze white dapat diencerkan dengan air bersih sesuai dengan intensitas warna dan kekentalan yang diinginkan.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Gunakan Biovarnish Clear Coat Doff sebagai lapisan akhir untuk melindungi warna kayu dan substrat kayu. Biovarnish Clear Coat Doff untuk menciptakan kesan natural dengan tampilan akhir doff. Encerkan dengan air bersih, rasio 2:1. Kemudian aduk pelan hingga homogen. Lakukan pengadukan sebelum dan selama aplikasi dilakukan. Aplikasikan larutan clear coat tersebut menggunakan alat yang tersedia hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar, kurang lebih 20 menit untuk kering sentuh.

Demikianlah proses menyamakan warna kayu dengan teknik finishing white wash menggunakan water based wood coating series, Biovarnish. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan produk, Anda bisa menghubungi customer service kami di no 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056. Atau kunjungi kami kami secara langsung di Bio ServicePoint Jogja, Bio Service Point Jepara dan Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

tanya cs bio
Tanya Bio!