Harus Anda Tahu Mengenai Pengawetan Kayu Agathis - Bioindustries

Harus Anda Tahu Mengenai Pengawetan Kayu Agathis

pengawetan kayu agathis

Proses pengawetan kayu agathis krusial dilakukan untuk memperpanjang pemakain produk tersebut. Apalagi, jenis kayu ini memiliki banyak kekurangan dari segi ketahanannya. Agathis termasuk golongan kayu kelas III dalam tingkat keawetan. Artinya kayu ini tak sebaik Mahony atau bahkan Jati yang tergolong kayu kelas I. Padahal, material tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang, mulai dari pembuatan mebel hingga kertas.

Meningkatkan Efektivitas Pengawetan Kayu Agathis

Agar treatment preservative yang diterapkan pada kayu berjalan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal pertama, terkait karakteristik kayu itu sendiri dan kemungkinan hama yang akan menyerang.

Berat dan Densitas

Agathis termasuk golongan kayu dengan berat ringan dibanding jenis kayu lainnya. Bahan ini memang tidak seringan sengon, tetapi hanya memiliki berat jenis pada kisaran 0,49. Artinya, agathis tergolong kayu yang mudah dirusak golongan serangga hama seperti teter, rayap, dan kumbang bubuk. Apalagi densitas dan tingkat kekerasan kayu ini juga tergolong sedang. Sama sekali berbeda dengan jati yang memiliki densitas tinggi.

Kadar Air

Sebagaimana pinus, kayu agathis secara alami mengandung banyak kadar air. Hal ini membuat material tersebut sangat rentan terserang jamur, terutama jamur blue stain. Blue stain fungus adalah jamur noda yang dapat menyebabkan semburat biru kehitaman pada kayu. Bila dibiarkan jamur ini dapat menyebabkan harga jual kayu agathis turun drastis.

Metode Pengawetan Kayu Agathis

Menjadi material yang rentan terserang serangga maupun jamur, pengawetan kayu agathis, hendaknya dilakukan secara terintegrasi. Adapun, metode yang bisa diaplikasikan antara lain:

  • Metode Pengkuasan pada Log Agathis

Karena memiliki kadar air sangat tinggi ketika baru ditebang, hendaknya kayu agathis sesegera mungkin dikeringkan sambil ditreatment dengan obat antijamur. Hal ini untuk mengantisipasi serangan blue stain yang tergolong amat cepat pada kayu-kayu basah. Padahal, pengeringan kayu yang baik dengan kiln dry biasanya tak bisa cepat dilakukan akibat keterbatasan alat dan tenaga. Beberapa pabrik skala menengah dan kecil bahkan tak memiliki kiln dry, sehingga aplikasi obat antijamur menjadi semacam kewajiban.

  • Metode Vakum Tekan atau Perendaman pada Sawn Timber Agathis

Setelah kayu digergaji, sebaiknya treatment pengawetan antijamur diulang bersama dengan treatment antiserangga. Metode yang bisa diaplikasikan lebih beragam karena tidak “terburu” waktu seperti ketika kayu berbentuk log basah. Untuk aplikasi paling efektif, bisa digunakan cara perendaman dan vakum tekan. Tapi untuk menghemat waktu, Anda juga bisa memilih cara pencelupan atau pengkuasan.

pengawetan kayu metode vakum tekan

  • Metode Film Preservative pada Saat Finishing Agathis

Metode film preservative atau pengawetan lapisan coating dilakukan dengan pemahaman dasar bahwa bukan hanya kayu yang bisa diserang hama, melainkan catnya juga. Padahal, untuk produk-produk seperti mebel, kerusakan cat bisa menyebar ke kayu sehingga harga jualnya turun. Untuk itulah perlu diterapkan antijamur film preservative sebagai pencegah kerusakan akibat hama jamur yang umum menyerang lapisan cat.

Pentingnya Obat Pengawet yang Bagus

Dari berbagai metode di atas, sangat penting memanfaatkan obat pengawet yang bagus dalam pengawetan kayu agathis. Sebab, seefektif apapun metode yang diterapkan, bila obat pengawet yang digunakan tidak bagus, hasilnya sia-sia. Bayangkan saja bila Anda sudah sukses meresapkan obat kumbang teter hingga ke bagian dalam substrat kayu tapi ternyata obat tersebut tidak efektif. Akibatnya, hama teter akan dengan mudah menembus kayu seolah tidak pernah dilakukan treatment.

Produk yang kami sarankan untuk pengawetan kayu agathis adalah Insecticide 100 EC dan Microcide 100/100 EC. Keduanya dapat dicampurkan sehingga aplikasinya sangat mudah dan praktis. Sedangkan sebagai campuran anti jamur dalam bahan finishingnya, kami sarankan menggunakan Film Preservative FPR 36.

Info dan Pemesanan Produk Pengawet Kayu Agathis

Hubungi kami via telp +62.274.388.301, sms atau WA di +6287839346433, atau email info(@)bioindustries.co.id untuk informasi produk pengawetan kayu. Anda juga bisa langsung mengunjungi kantor kami di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Sidikan no 94 Sorosutan.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 360 orang responden
%d bloggers like this: