Membuat Tampilan Kayu Tua Dengan Teknik Finishing Rustic Black Wash

Membuat tampilan kayu tua yang eksotis bisa dilakukan dengan teknik finishing rustic black wash. Teknik ini bisa dilakukan dengan berbagai jenis bahan finishing, diantaranya menggunakan Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan mudah aplikasinya.

cara membuat tampilan kayu tua black wash finishMembuat tampilan kayu tua pada furniture saat ini menjadi salah satu jenis finishing favorit di dunia furniture. Ada banyak cara untuk mendapatkan tampilan kayu tua/rustic pada kayu, salah satunya dengan aplikasi finishing white wash dan black wash. Di artikel sebelumnya kami sudah membahas teknik finishing white wash untuk menghasilkan kesan rustic pada kayu. Dalam artikel ini kami akan membahas teknik finishing black wash.

Teknik finishing kayu black wash merupakan salah satu pilihan teknik finishing untuk menghasilkan kesan kayu tua/ rustic pada furniture. Sehingga Anda tidak perlu menunggu furniture tampilannya menjadi rustic patina terkikis waktu. Teknik finishing black wash ini seringkali juga digunakan digunakan untuk menyamakan/menyeragamkan warna kayu yang tidak seragam.

Sebenarnya teknik finishing black wash bisa dilakukan menggunakan bahan solvent based maupun water based. Namun dalam artikel ini hanya akan dijelaskan cara membuat tampilan kayu tua dengan teknik finishing rustick black wash menggunakan bahan finishing water based, yaitu menggunakan produk Biovarnish. Produk ini merupakan cat finishing water based dari Bioindustries yang aman dan ramah lingkungan.

Cara Membuat Tampilan Kayu Tua Menggunakan Biovarnish

Persiapan alat dan media

Untuk proses aplikasi finishing rustic black wash ini, Anda bisa menggunakan kuas maupun spray gun. Siapkan juga sikat kawat kuningan, kertas amplas no 120 atau scotch brite, kertas amplas no 400. Untuk bahan, siapkan BioColours Sanding Sealer, Biovarnish Wood Stain warna walnut brown, Biovarnish Clear Coat doff dan Glaze Black.

Pastikan kayu sudah benar-benar kering dengan MC standar <12%. Sikat permukaan kayu menggunakan gerinda sikat kawat kuningan searah serat untuk membuka serat kayu, serta menciptakan texture rustic alur serat kayu. Setelah itu, amplas dengan amplas no 120 atau scotch brite untuk menghaluskan dan memotong bulu sehingga teksture serat terlihat lebih halus dan natural.

Aplikasi BioColours Sanding Sealer

Siapkan terlebih dahulu BioColours Sanding Sealer. Aplikasi produk ini berfungsi untuk memotong bulu-bulu kayu tekstur kayu terlihat rustic namun tetap terasa halus. Fungsi lainnya adalah untuk menutup pori-pori kayu. Encerkan dengan perbandingan 2 bagian Sanding Sealer dan 1 bagian Air. Aduk hingga larutan tercampur rata, kemudian semprotkan ke seluruh permukaan media kayu. Tunggu hingga kering (sekitar 60 menit) kemudian amplas menggunakan scotch brite untuk menghaluskan..

Aplikasi Biovarnish Wood Stain Walnut Brown

Siapkan terlebih dahulu Biovarnish Wood Stain warna walnut brown. Encerkan dengan air ber-PH netral, dengan perbandingan 2 bagian Biovarnish Wood Stain dan 1 bagian Air. Aduk hingga larutan tercampur rata, kemudian kuaskan atau semprotkan tipis-tipis. Tunggu hingga kering, kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas no 400 untuk menghaluskan. Ulangi sekali lagi langkah ini jika ingin menambah intensitas warnanya.

Aplikasi BioColours Sanding Sealer

Siapkan kembali produk Sanding Sealer. Aplikasikan untuk menutup lapisan warna dan mengunci warna yang terhasilkan dari aplikasi Biovarnish Wood Stain Walnut Brown. Aplikasi ini juga untuk menjaga agar warna tidak bercampur dengan warna glaze yang akan diaplikasikan di atasnya. Caranya, encerkan Sanding Sealer dengan perbandingan 2:1 (2 bagian bahan, 1 bagian air). Aplikasikan menggunakan spray gun atau kuas ke seluruh permukaan hingga rata. Tunggu sampai permukaan kayu kering +/- 1 jam (air dry system). Amplas menggunakan jenis amplas no 400 untuk menghaluskan sekaligus membuka pori-pori dari lapisan sanding sealer supaya daya rekat ke lapisan selanjutnya meningkat.

Aplikasi Glaze black

Siapkan Glaze warna hitam(Glaze Black) dan aplikasikan dengan cara disemprot atau dikuas. Aplikasi produk ini untuk menghasilkan efek warna hitam yang akan mengisi/menempati sela-sela tekstur/rustic kayu. Efek warna hitam yang terhasilkan akan mempertegas tekstur rustic pada tampilan akhirnya.

Encerkan Glaze black dengan air bersih sesuai dengan intensitas warna dan kekentalan yang diinginkan. Tunggu beberapa saat sampai setengah kering dan hapus dengan kain basah (peras airnya terlebih dahulu) sampai yang tertinggal hanya warna hitam di sela-sela alur serat/rustic tekstur kayu yang dibuat sebelumnya.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Siapkan Biovarnish Clear Coat doff. Produk ini difungsikan sebagai lapisan akhir untuk melindungi warna kayu dan substrat kayu. Biovarnish Clear Coat doff untuk menciptakan kesan natural dengan tampilan akhir doff. Encerkan dengan air bersih, gunakan rasio 2:1. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Lakukan proses pengadukan ini sebelum dan selama proses aplikasi dilakukan. Aplikasikan menggunakan kuas atu spray gun hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar, kurang lebih 20 menit untuk kering sentuh.

Itulah cara membuat tampilan kayu tua menggunakan teknik finishing black wash dengan Biovarnish. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan produk-produk di atas, Anda bisa menghubungi customer service kami di no 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056. Atau silahkan kunjungi kami di Bio ServicePoint Jogja, Bio Service Point Jepara dan Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 255 orang responden
%d bloggers like this: