Mainan Kayu Jadi Sumber Penyakit? - Bioindustries

Mainan Kayu Jadi Sumber Penyakit?

Pemahaman produk mainan kayu yang selalu aman untuk anak mulai sekarang harus diubah. Pasalnya, banyak produk mainan kayu membahayakan beredar di pasaran. Bukan material kayu yang menjadi penyebabnya. Lapisan cat atau coating-nya lah yang harus diperhatikan orangtua.

mainan kayu membahayakanCat mainan kayu bukan tak mungkin mengandung zat-zat membahayakan kesehatan. Apalagi bila Anda membeli produk mainan kayu yang standarnya tidak jelas. Ancaman zat-zat di bawah ini yang harus dijadikan konsen utama.

3 Kandungan Mainan Kayu Membahayakan

  1. VOC Sebabkan Kanker?

VOC (Volatile Organic Compounds) adalah kumpulan senyawa mudah menguap yang beberapa di antaranya bersifat karsinogenik. Karsinogenik adalah istilah untuk menyebut sifat zat yang dapat menyebabkan kanker. Contoh senyawa VOC penyebab kanker adalah formaldehida (formalin), naftalena, dan benzena. VOC dalam cat biasa digunakan sebagai pelarut atau insektisida. Semua cat solvent based (pelarut thinner dan spiritus) sudah pasti tidak aman untuk mainan kayu. Namun demikian, tidak berarti semua cat non solvent based (water based) aman digunakan. Kadangkala, cat water based juga menggunakan senyawa golongan VOC dalam formulasinya.Penyebab-dan-Pengobatan-Diare-Pada-Bayi-600x388

  1. Logam Berat Penyebab Gangguan Organ Dalam

Sama seperti VOC, logam berat juga membahayakan kesehatan. Kebanyakan logam berat menimbulkan gangguan organ dalam seperti kerusakan ginjal, kerusakan hati, hingga kerusakan sistem syaraf. Logam berat sendiri biasa dimanfaatkan sebagai pewarna hingga insektisida dalam produk cat.

  1. Ftalat Penyebab Gangguan Organ Reproduksi

Selain VOC dan logam berat, beberapa zat lain juga harus diwaspadai. Salah satu yang menjadi ancaman serius adalah ftalat. Ftalat atau phthalate adalah senyawa sintetis yang biasa dimanfaatkan untuk membuat lapisan coating cat lebih fleksibel dan halus. Meski demikian, ftalat dilarang karena bisa menyebabkan gangguan reproduksi pada manusia.

Masih Lebih Baik Dibanding Plastik Tapi Harus Hati-hati

Meski mengandung banyak zat membahayakan, mainan kayu tetap merupakan opsi lebih baik dibanding mainan plastik. Sebab bagaimanapun juga ancaman kesehatan pada mainan plastik lebih mengkhawatirkan. Yang perlu dilakukan orangtua adalah memilih mainan kayu yang aman untuk buah hatinya. Sebab, masih banyak cat mainan kayu yang aman digunakan. Sebagai contoh seri cat Biocolours yang sama sekali tak mengandung logam berat, VOC, maupun ftalat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menghindari mainan kayu membahayakan:

  • Memilih Mainan Kayu Minimal SNI

Standar Nasional Indonesia untuk mainan kayu harus kita maksimalkan sebagai konsumen. Pilihlah mainan yang paling tidak standarnya SNI. Akan lebih bagus bila standarnya lebih dari itu.

standar nasional Indonesia untuk cat mainan kayu

  • Produsen Cat Jelas dan Kredibel

Di era internet seperti sekarang ini, tak begitu susah mengetahui track record sebuah perusahaan. Jadi untuk kesehatan anak, luangkan waktu Anda sejenak mengenal perusahaan mainan yang Anda beli produknya.

  • Jangan Memilih Mainan dengan Bau Cat Menyengat

Meski sudah berstandar SNI dan perusahaannya kredibel, jangan percaya begitu saja. Amati ciri fisik mainan tersebut. Jangan memilih mainan dengan bau cat menyengat. Bau menyengat pada cat merupakan tanda bahaya cat yang harus dihindari.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 501 orang responden
%d bloggers like this: