Lem untuk Laminasi Kayu, Crossbond X4 - Bioindustries

Lem untuk Laminasi Kayu, Crossbond X4

Memilih lem untuk laminasi kayu tidak bisa dilakukan sembarangan. Pada artikel ini, akan kami bahas beberapa faktor penting dalam memilih lem laminasi serta produk yang direkomendasikan, Crossbond X4.

Laminasi Kayu

lem untuk laminasi kayuSebagai material yang memiliki banyak fungsi, teknik pengolahan kayu bervariasi dari yang sederhana hingga yang rumit. Salah satu teknik penting dalam pengolahan material ini adalah perlekatan atau pengeleman. Proses ini demikian krusial karena mempengaruhi bentuk akhir produk kayu. Sebagai contoh furniture yang terbuat dari kayu. Demikian juga mdf hingga multipleks yang dalam produksinya tergantung pada proses pengeleman yang dilakukan.

Dari beragam tipe pengeleman sendiri, kita dapat membedakan berdasarkan keperluannya. Tipe pertama, adalah pengeleman atau perlekatan untuk konstruksi kayu. Misalnya perlekatan untuk membangun konstruksi sebuah kursi. Sedangkan yang kedua adalah pengeleman untuk kebutuhan laminasi. Yang terakhir ini biasa diterapkan pada pembuatan multipleks hingga lantai kayu.

Pada artikel sebelumnya, kami sudah membahas mengenai lem untuk konstruksi kayu yang bagus. Sehingga pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai lem untuk laminasi kayu. Khususnya, terkait tips memilih lem laminasi yang bagus dan produk yang direkomendasikan.

Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lem untuk Laminasi Kayu

Sebagai proses yang bertujuan merekatkan satu permukaan kayu dengan lainnya untuk membentuk substrat yang lebih luas atau tebal, laminasi memerlukan lem yang dapat benar-benar menyatukan kayu menjadi satu kesatuan. Hal ini berbeda dengan keperluan konstruksi kayu yang antar bagian yang dilem masih dapat dibedakan. Hal ini berbeda dengan lantai kayu yang disatukan menjadi satu kesatuan ataupun multipleks yang direkatkan sedemikian rupa menjadi tunggal.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, saat memilih lem untuk laminasi, perhatikanlah faktor-faktor di bawah ini:

  1. Kekentalan lem
  2. Daya rekat lem
  3. Daya sebar lem
  4. Tipe perlekatan lem
  5. Kecocokan dengan bahan yang dilem
  6. Warna lem
  7. Keamanan lem

crossbond x4 lem laminasi kayuKami menyarankan Anda menggunakan Crossbond X4 berdasarkan faktor-faktor yang disebut di atas. Crossbond X4 merupakan lem PVAc water based yang didesain khusus dengan kekentalan rendah agar mudah meresap pada kayu namun efektif mengikat kedua substrat kayu. Lem ini juga memiliki daya sebar luas dan termasuk lem single component sehingga ongkos produksi yang dikeluarkan tergolong hemat.

Crossbond X4 akan meresap cepat dan bersatu ke substrat kayu sehingga membentuk ikatan inner cross linker antar media kayu yang dilem dengan sangat kuat. Produk ini tahan panas, air, solvent, dan tidak menimbulkan warna setelah difinishing. Crossbond X4 dapat diaplikasikan pada berbagai media mulai dari kayu, multipleks, veneer, honeycomb, bambu, serat alam, dll

Keunggulan lain produk ini adalah sifatnya yang aman dan ramah lingkungan. Crossbond X4 diformulasikan sesuai standar European Union ECHA REACH SVHC regulation serta United States Environmental Protection (EPA).

Informasi dan Pemesanan

Harga Crossbond X4 Rp. 355.000,- per 4 kg. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di +62.274.388.301, sms/wa +6287839346433, email info@bioindustries.co.id, atau kunjungi kantor kami di Jalan Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta.

Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 493 orang responden
%d bloggers like this: