Crossbond™ X3 Lem untuk Konstruksi Kayu yang Ramah Lingkungan Berdaya Rekat Kuat

Crossbond™ X3 merupakan lem kayu berbahan dasar PVAC atau Polyvinyl acetate. Lem ini cepat kering, memiliki solid content tinggi, tahan air, tahan solvent, tahan panas, dan berdaya rekat kuat. Keunggulan lain Crossbond™ X3 dibanding lem lainnya adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Lem untuk konstruksi kayu ramah lingkungan Crossbond™ X3 diformulasikan sesuai standar US EPA dan ECHA REACH Regulation.

Lem untuk konstruksi kayu ramah lingkungan Crossbond™ X3

Lem untuk konstruksi kayu ramah lingkungan Crossbond™ X3

Salah satu komponen penting dalam industri wood working atau pengolahan kayu adalah lem. Pembuatan kayu menjadi furniture hingga bagian dari konstruksi bangunan hampir pasti memerlukan perlekatan yang kuat. Karenanya, memilih jenis lem, terutama untuk kebutuhan konstruksi kayu sangat penting.

Di pasaran, sudah ada banyak produk lem kayu yang beredar. Namun untuk memperoleh produk yang tepat, jelas diperlukan usaha yang cermat. Salah satu produk lem kayu yang kami rekomendasikan adalah Crossbond™ X3. Satu keunggulan lem ini dari kebanyakan lem di pasaran adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Perusahaan kayu yang bergerak untuk pasar ekspor harus mencermati hal ini. Sedangkan para pengusaha pasar lokal, harus sudah mulai menyiapkannya sejak dini.

Crossbond™ X3 Pengganti Lem Berformalin

Mengapa menggunakan lem kayu ramah lingkungan penting? Jawabannya, tak lepas dari tuntutan akan bahan-bahan tak berbahaya yang makin menguat di kalangan masyarakat umum. Produk-produk green chemical banyak dicari terutama di negara-negara maju. Apalagi untuk produk kayu yang digunakan perorangan dan diletakkan dalam kondisi indoor.

Di Amerika Serikat dan Eropa, regulasi akan hal ini sudah cukup ketat. Kasus keracunan pengungsi Badai Katrina beberapa tahun silam patut dicermati. Para pengungsi yang ditempatkan di sebuah gedung malah keracunan gara-gara penggunaan lem kayu gedungnya. Kejadian ini pun menjadi titik dimana penggunaan lem yang mengandung zat berbahaya mulai diprotes hingga akhirnya penggunaannya dibatasi.

Lem untuk Konstruksi Kayu Ramah Lingkungan Crossbond™ X3, Lem Rendah VOC

Salah satu penyebab produk lem dikatakan berbahaya adalah kandungan VOC atau Volatile Organic Compounds. VOC atau senyawa organik mudah menguap merupakan kelompok senyawa yang dapat menyebabkan gangguan organ dalam dan penurunan fungsi mental serta kecerdasan. Bagi anak-anak dan ibu hamil, senyawa ini harus dihindari sebisa mungkin. Abnormalitas janin adalah salah satu ancaman mengerikan akibat paparan VOC. Beberapa contoh senyawa VOC antara lain formalin, benzena, xylena, dan naftalena.

Lem untuk konstruksi kayu ramah lingkungan Crossbond™ X3 adalah produk lem dengan tingkat VOC sangat rendah. Level atau kadar VOC Crossbond™ X3 jauh di bawah batas yang membahayakan manusia. Produk ini cocok untuk industri wood working yang menyasar pasar ekspor karena juga telah memenuhi standar US EPA (United States Environmental Protection Agency) dan ECHA (European Chemical Agency).

Yang tak kalah penting, Lem untuk konstruksi kayu ramah lingkungan Crossbond™ X3 juga memiliki kinerja sangat baik melekatkan kayu.

Berdaya Rekat Kuat, Tahan Lama, dan Solid Content Tinggi

Selain unggul dari segi keamanannya, Crossbond™ X3 juga unggul dari sisi kinerjanya. Lem ini cepat kering, memiliki solid contet atau berat kering tinggi, daya rekat kuat, tahan air, tahan sovent, serta tahan panas.

Crossbond™ X3 yang merupakan lem single component cocok digunakan untuk penyambungan konstruksi kayu, rotan, bambu, honeycomb papers, dan lain-lain. Lem untuk konstruksi kayu ramah lingkungan Crossbond™ X3 akan meresap ke dalam serat media dimana bahan tersebut diaplikasikan. Peresapan ini akan membentuk ikatan sangat kuat dan mulus antar dua sambungan

 

Keunggual Lem untuk konstruksi kayu ramah lingkungan Crossbond™ X3

  • Inner cross linker dan berdaya rekat kuat

Crossbond™ X3 membentuk cross link atau ikatan antar dua polimer dari bahan tersebut. Hal ini menyebabkan perlekatan yang ditimbulkan sangat kuat. Rata – rata Bonding Strenght (BS) : 534.1 Kgf/cm2.

  • Solid content +/-50%

Crossbond™ X3 memiliki solid content tinggi, cocok untuk keperluan industri pengolahan kayu yang memerlukan bahan lem kayu tidak sedikit.

  • Medium viscosity

Crossbond™ X3 memiliki keketantalan medium sehingga mudah diaplikasikan sesuai tingkat keenceran yang banyak diperlukan industri wood working.

  • Cepat kering

Crossbond™ X3 merupakan jenis lem yang cepat kering.

  • Tahan air dan solvent

Salah satu ancaman tidak melekatnya lem adalah akibat air dan solvent. Crossbond™ X3 dengan daya rekat kuat juga memiliki ikatan stabil antar polimernya sehingga tidak mudah rusak ketika terpapar molekul air maupun solvent.

  • Tahan panas

PVAC memiliki sifat thermoplastik. Polimer yang memiliki sifat ini akan menjadi lebih elastis hingga akhir mencair dalam temperatur panas dan kembali seperti semula dalam kondisi dingin.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 586 orang responden
%d bloggers like this: