Lantai Kayu Solusi Melengkapi Interior Rumah - Bioindustries

Lantai Kayu Solusi Melengkapi Interior Rumah

wood flooring systemRumahku Surgaku adalah sebuah slogan yang memiliki arti mendalam. Rumah diibaratkan surga karena rumah menjadi sumber kesenangan, kenyamanan, dimana Anda menghabiskan hampir separuh waktu berada di dalamnya. Menciptakan rumah aman dan nyaman adalah keharusan.  Membuat desain interior yang menarik dan membuat betah penghuninya menjadi tantangan terbesar yang harus dijawab. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam rumah adalah dengan mendesain lantai menarik.

Semakin besarnya minat masyarakat pada natural dan Green Concern membawa mereka kembali kepada alam. Khusus untuk lantai rumah, banyak masyarakat beralih menggunakan kayu sebagai pelengkap interior rumah mereka. Lantai rumah yang berbahan dasar kayu ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan lantai rumah berbahan lain. Tapi jangan dilupakan juga mengenai kekurangan-kekurangan dari lantai kayu ini sehingga nanti kita akan lebih bijaksana dalam menentukan pilihan.

Untuk lebih jelasnya mengenai lantai rumah yang berbahan kayu berikut akan kita uraikan kelebihan dan kekurangan dari pemakaian lantai kayu (wood flooring).

Kelebihan lantai Kayu

wood flooring1.            Memunculkan Kesan Alami. Dengan pemakaian lantai dari bahan kayu kesan alami dan natural dalam rumah akan tercipta. Disamping itu motif pada kayu yang beraneka ragam menjadikan kita lebih leluasa dalam memilih motif yang sesuai dengan desain interior ruangan dalam rumah kita.

2.            Lantai kayu membuat ruangan menjadi hangat. Kelebihan lantai kayu akan membuat ruangan menjadi hangat meskipun pada musim dingin atau musin penghujan. Karena sifat dari kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari yang selanjutnya akan digunakan untuk menghangatkan udara pada malam hari.

3.            Nyaman di telapak kaki karena memiliki pola dan serat yang halus.

Kekurangan Lantai Kayu

1.            Mudah Keropos. Lantai kayu tanpa perlindungan akan mudah keropos karena rayap atau karena kelembapan. Kelembapan akan berpengaruh terhadap kayu, kayu menjadi mudah lapuk, berjamur, dan menimbulkan bau yang kurang sedap.

2.            Lantai Memuai. Kekurangan lantai kayu yang lain yaitu sifat dari kayu yang bisa memuai ataupun menyusut  saat terjadi perubahan suhu yang drastis yang membuat  lantai tidak rata dan tidak nyaman.

3.            Susah Dibersihkan. Lantai kayu tanpa perlindungan lebih sulit dibersihkan jika terkena noda dari tinta atau cat  karena sifat dari cairan tinta ataupun cat tersebut akan meresap ke dalam kayu selanjutnya menyatu dengan kayu.

4.            Lantai kayu tanpa perlindungan dan  jarang dibersihkan bisa menjadi sarang penyakit dan bakteri yang bisa bersembunyi di sela-sela serat kayu.

Solusi untuk mengatasi kekurangan Wood Flooring yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Untuk mengatasi sifat kayu yang mudah keropos karena serangga, gunakanlah PERMETRIN untuk perlindungan dari serangga. Untuk masalah kelembaban yang bisa mengundang jamur, gunakanlah Microcide untuk mengatasinya.
  2. Susunlah balok kayu secara saling silang, vertikal dan horizontal untuk mengurangi pemuaian pada kayu. Mengenai hal ini akan dibahas di artikel yang berkaitan.
  3. Sebagai perlindungan, gunakanlah Biocolors Top Coat Matt atau Death Matt untuk kayu. Gunakan Slipping Agent untuk mengurangi tingkat kelicinan lantai.
  4. Bersihkan secara rutin lantai kayu Anda sebagai bagian dari perawatan.
Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 544 orang responden
%d bloggers like this: