Kumbang Bubuk Kayu, Silent Destroyer yang Merugikan

Kumbang bubuk kayu atau powderpost beetle adalah salah satu jenis serangga perusak kayu yang menjadi momok menakutkan perusahaan-perusahaan kayu. Ia bisa menyebabkan kerugian signifikan bila tidak diidentifikasi dan ditangani dengan baik.

Kumbang bubuk kayu.

Kumbang bubuk kayu.

Pernah menemukan kayu di rumah Anda memiliki banyak lubang kecil dan bagian dalamnya keropos penuh bubuk? Bila iya, ada kemungkinan kayu di rumah Anda terserang kumbang bubuk kayu atau poweerpost beetle.

Dikutip dari Integrated Pest Management  (IPM), University of California, powderpost beetle adalah salah satu dari tiga kelompok kumbang pengebor kayu. Kumbang ini biasa menyerang kayu-kayu keras sehingga menyebabkan kerusakan baik dari segi struktural maupun estetika. Kumbang ini bahkan sering dianggap sebagai perusak kayu nomor dua setelah rayap yang harus senantiasa diwaspadai. Ia bisa menyebabkan kerugian signifikan baik pada level rumah tangga maupun industri skala besar.

Masih menurut IPM, fase paling merusak dari kumbang ini adalah pada fase ia berbentuk rayap. Rayap kumbang bubuk kayu akan memakan substrat kayu secara perlahan-lahan selama ia hidup hingga akhirnya bermetamorfosis menjadi kumbang muda. Lama fase larva sendiri adalah sekitar 1 tahun. Jadi selama 1 tahun itu pulalah, kayu di rumah Anda akan rusak oleh aktivitas serangga ini. Namun yang lebih mengkhawatirkan, ketika kumbang tersebut sudah dewasa, ia bisa kembali dan meletakkan telur anakannya di habitat lamanya. Re-infestation atau serangan ulang kumbang ini bisa berlanjut hingga berkali-kali selama ia merasa kayu tersebut kondisinya baik untuk mendukung kehidupan anakannya.

Sayangnya, meski bisa menyebabkan kerugian besar, identifikasi serangga ini seringkali berujung pada kesalahan. Kumbang bubuk kayu atau powderpost beetle sering disamakan dengan kumbang deathwatch dan false powderpost beetle. Ketiganya memang sama-sama kumbang pengebor kayu, namun terdapat perbedaan signifikan yang penting diketahui untuk menghindari kerugian masing-masing kumbang tersebut.

Sebagai contoh, bila Anda hanya bermaksud menghindari serangan kumbang bubuk kayu, Anda tak perlu membuat kondisi kayu tidak lembab. Sebab, kumbang ini justru sangat menyukai tipe kayu kering yang keras.

Kerusakan akibat kumbang bubuk kayu atau powderpost beetle.

Kerusakan akibat kumbang bubuk kayu atau powderpost beetle.

Selain itu, ia juga biasa ditemukan pada kayu yang belum difinish dan kayu yang sudah difinish namun lapisan finishingnya (cat, varnish, atau plitur) rusak atau ada bagian dari kayunya yang retak. Oleh karena itu, untuk mencegah serangan kumbang ini, salah satu cara efektif yang bisa diterapkan adalah menjaga perabot kayu agar senantiasa dalam kondisi baik. Sayangnya, hal ini jelas tak bisa diterapkan pada kayu-kayu log/gegarjian milik perusahaan produsen kayu. Cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan mengaplikasikan anti serangga atau insektisida. Insektisida tersebut dipenetrasikan dalam substrat kayu sehingga kayu menjadi tahan terhadap serangan serangga ini.

Cegah Kumbang Bubuk Kayu dengan Permethrine 100 EC

Kami merekomendasikan Anda menggunakan Permethrine 1oo EC untuk mencegah serangan kumbang bubuk kayu. Anti serangga berbahan aktif permethrine ini memiliki spektrum organisme sangat luas dan efektif digunakan untuk membasmi semua hama kayu dari kelompok hewan berdarah dingin seperti serangga. Permethrine 100 EC juga sangat aman ketika kontak dengan manusia. Aplikasinya pun mudah karena bisa dilarutkan dengan air maupun solvent.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 461 orang responden
%d bloggers like this: