Menyoal Kebijakan Mainan Anak Wajib SNI - Bioindustries

Menyoal Kebijakan Mainan Anak Wajib SNI

Kebijakan mainan anak wajib SNI sudah beberapa waktu ini diberlakukan di Indonesia.

mainan anak wajib SNI

Pemberlakuan aturan atau kebijakan mainan anak wajib SNI di Indonesia kembali disegarkan oleh pemerintah. Baru-baru ini Kementrian Perindustrian menyelenggarakan Seminar yang mengangkat tema “ Permasalahan Kebijakan Operasional SNI Mainan Secara Wajib” di Hotel Grand Quality Yogyakarta. Seminar ini dihadiri oleh para pelaku industri mainan anak yang cukup punya nama di Indonesia, termasuk pemanfaat dari mainan anak seperti beberapa lembaga PAUD di Indonesia.

Bioindustries turut hadir dalam seminar tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap isu pentingnya mainan anak wajib SNI. Selain itu, juga sebagai bentuk dukungan terhadap customer-customer Bioindustries yang sudah menggunakan produk cat BioColours sebagai cat aman dan ramah lingkungan, serta yang paling penting sudah lolos SNI untuk memenuhi kebutuhan finishing mainan anak berbahan kayu (wooden toys).

Mengapa Mainan Anak Wajib SNI

mainan ber-sniMainan anak wajib memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah, yaitu standar SNI. Mengapa wajib? Karena dalam standar SNI sudah mensyaratkan bahan, komponen maupun produk jadi dari mainan wajib memenuhi syarat mutu dan uji yang ditetapkan.

Selain itu, dalam standar SNI untuk mainan ini juga dipersyaratkan meminimalkan potensi bahaya akibat bermain, baik saat digunakan secara normal maupun saat diperlakukan secara kasar. Dalam persyaratan SNI juga disyaratkan untuk mencantumkan informasi penggunaan mainan harus sesuai dengan usia anak pada label atau kemasan yang digunakan.

Persyaratan-persyaratan tersebut menjadi penting untuk memastikan bahwa mainan yang diproduksi oleh industri mainan di Indonesia aman dalam desain, aman saat diproduksi secara massal, dan yang terpenting aman saat dimainkan. Sehingga potensi bahaya dari mainan anak bisa direduksi.

Potensi Bahaya Mainan Anak

Lantas, sebenarnya apa saja potensi bahaya dari mainan anak? Berikut beberapa potensi bahaya yang mungkin muncul dari mainan anak :

  1. Bahaya tersedak
  2. Bahaya pendengaran
  3. Bahaya penglihatan
  4. Bahaya terjerat
  5. Bahaya tergores
  6. Bahaya terjatuh
  7. Bahaya terjepit
  8. Bahaya terbakar
  9. Bahaya zat kimia
  10. Bahaya tersetrum

Kesepuluh potensi bahaya tersebut berusaha diminimalisir dengan standar SNI yang mengatur khusus tentang mainan anak. Berikut no dan judul SNI wajib untuk mainan anak:

  • SNI ISO 8124-1:2010 Keamanan Mainan – Bagian 1: Aspek keamanan yang berhubungan dengan sifat fisis dan mekanis.
  • SNI ISO 8124-2:2010 Keamanan Mainan – Bagian 2: Sifat mudah terbakar.
  • SNI ISO 8124-3:2010 Keamanan Mainan – Bagian 3: Migrasi unsur tertentu.
  • SNI ISO 8124-4:2010 Keamanan Mainan – Bagian 4: Ayunan, seluncuran dan mainan aktivitas sejenis untuk pemakaian di dalam dan di luar lingkungan tempat tinggal.
  • SNI IEC 62115:2011: Mainan elektrik – Keamanan.

Dari regulasi di atas, bisa disimpulkan bahwa dari proses produksi mainan anak tersebut harus dipastikan semua bahan yang digunakan aman, termasuk bahan pendukungnya seperti bahan finishing yang digunakan.

Mengenal Lebih Dekat Cat BioColours dan Biovarnish, Cat Water Based Aman Untuk Mainan Anak

cat wooden toysSalah satu produk finishing yang aman untuk mainan anak terutama yang berbahan kayu adalah cat water based. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa brand cat water based, diantaranya cat BioColours dari Bioindustries.

BioColours merupakan cat water based yang diformulasikan sesuai standar regulasi internasional untuk keamanan, seperti standar US-EPA dan EU-ECHA Reach Regulation. BioColours juga lolos standar SNI, sehingga sangat direkomendasikan untuk finishing produk wooden toys.

Selain produk BioColours spray system, Anda juga bisa menggunakan produk Biovarnish brush system untuk finishing wooden toys warna natural transparan. Biovarnish sangat mudah diaplikasikan, cepat kering, tidak tergantung pada matahari, tidak berbau dan tidak beracun. Daya rekat produk Biovarnish juga bagus, warna yang terhasilkan juga tajam dan transparan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk BioColours ataupun Biovarnish, produk finishing untuk mainan anak wajib SNI, Anda bisa menghubungi customer service Bioindustries di no hotline 0878-3934-6433, ataupun datang langsung ke Bio Service Point Jogja untuk wilayah Jogja dan sekitarnya, Bio Service Point Cirebon untuk area Cirebon dan wilayah sekitarnya, dan di Bo Service Point Jepara untuk yang berdomisili di wilayah Jepara dan sekitarnya. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 240 orang responden
%d bloggers like this: