Jenis Polutan Udara Membahayakan menurut EPA

Udara yang kotor atau mengandung banyak polutan adalah ancaman yang serius bagi kesehatan dan lingkungan.  Terdapat enam jenis polutan udara membahayakan menurut EPA yang umum ditemui. Salah satu solusi untuk terhindar dari efek enam kontaminan udara tersebut adalah dengan memilih menggunakan cat berbasis air atau water-based paint dibanding cat berbasis minyak atau oil-based paint.

Terdapat enam jenis polutan udara membahayakan menurut EPA yang umum ditemui.

polutan adalah sesuatu yang harus benar-benar diwaspadai.

 

Berbagai aktivitas manusia telah diketahui menyebabkan adanya polusi udara. Kondisi ini bila dibiarkan tanpa adanya regulasi dan penerapan atas regulasi tersebut, jelas akan mengancam kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan. Di Indonesia sendiri, regulasi atas permasalahan ini masih begitu minim dengan pengawasan yang sama sekali tidak mencukupi. Banyak aktivitas yang dibiarkan begitu saja padahal menghasilkan kontaminan udara yang berefek buruk bagi mereka yang terpapar.

Di berbagai negara yang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi tentang pentingnya kualitas lingkungan, terdapat regulasi yang secara jelas mengatur mengenai kontaminasi udara. Di Amerika Serikat, dikenal adanya lembaga yang bernama Environmental Protection Agency (EPA). Lembaga ini merupakan lembaga pemerintah federal Amerika Serikat yang tugasnya adalah memberikan perlindungan kesehatan kepada manusia dan lingkungan. Keberadaan lembaga ini memberikan makna bahwa polutan adalah sesuatu yang benar-benar harus ditanggapi dengan serius.

 Polutan Udara Membahayakan menurut EPA

Terdapat enam polutan udara membahayakan menurut EPA, yakni ozon, particulate matter, karbon monoksida, nitrogen oksida, sulfur dioksida, dan timbal. Keenam kontaminan udara tersebut bisa ditemui di seluruh wilayah Amerika Serikat sebagai polutan. Keenamnya memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan maupun lingkungan. Terdapat banyak studi ilmiah yang telah membuktikan efek buruk keenam polutan tersebut. Efek buruk  polutan adalah sesuatu yang jelas harus diwaspadai baik bagi paparan jangka panjang maupun jangka pendek. Oleh karena umum ditemui dan berpotensi memberikan efek membahayakan bagi lingkungan dan kesehatan, keenam jenis polutan udara membahayakan di atas juga sering dianggap sebagai standar polutan. Keenamnya menjadi dasar ditetapkannya tingkat polusi udara pada suatu wilayah sekaligus dibatasi untuk menciptakan udara yang aman untuk dihirup.

Cat sebagai Sumber Polutan Udara

Menurut EPA, salah satu sumber polutan adalah cat. Terdapat jenis-jenis cat yang mengandung VOC (volatile organic compounds) atau senyawa organik mudah menguap. VOC akan bereaksi dengan nitrogen oksidan serta sinar matahari dan menyebabkan peningkatan jumlah ozon di troposfer atau pada ketinggian atmosfer dimana manusia beraktivitas. Ozon bersifat toksik baik bagi kesehatan maupun lingkungan. Selain itu, cat juga kadang mengandung logam berat termasuk timbal. Kandungan timbal sangat membahayakan terutama bagi anak-anak dan janin yang dikandung ibu hamil.

Memilih Water-based Paint sebagai Solusi Meminimalisir Polutan Udara

Memang disayangkan, salah satu sumber polutan adalah sesuatu yang umum ditemui. Jenis cat yang banyak mengandung VOC maupun logam berat timbal termasuk ke dalam jenis cat berbasis minyak atau cat berpelarut minyak.  Jenis cat tersebut masih banyak ditemukan di Indonesia dan banyak konsumen yang menggunakannya tanpa menyadari bahaya yang menanti. Agar aman, sebaiknya konsumen memilih cat berbasis air atau water-based paint. Cat berpelarut air tidak akan membahayakan kesehatan manusia karena sangat aman dari bahaya VOC maupun timbal.

Bioindustries menyediakan berbagai jenis cat berbasis air, yakni cat kayu dan besi Orchid® cat kayu besi, cat alumunium Orchid® Aloycoat, cat tembok BioPaint® Facade, atau cat kayu Biocolours Wood Coating. Semua jenis cat tersebut terbuat dari bahan alami dan tidak akan membahayakan kesehatan karena VOC maupun timbal. Cat produksi Bioindustries juga telah mendapat sertifikat pengakuan aman dari US EPA dan bisa dibuktikan dengan sertifikat uji yang asli. Harga cat Bioindustries juga sangat bersaing dengan cat-cat lain termasuk cat berbasis minyak. Anggapan bahwa cat yang ramah lingkungan lebih mahal sama sekali tidak benar.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 497 orang responden
%d bloggers like this: