Hati-hati Bahaya Racun Cat bagi Anak-anak - Bioindustries

Hati-hati Bahaya Racun Cat bagi Anak-anak

debu dan serpihan cat dinding dan furniture sangat berbahaya bagi anak

debu dan serpihan cat dinding dan furniture sangat berbahaya bagi anak

Bahaya Racun Cat bagi Anak-anak. Cat konvensional baik cat tembok, cat kayu dan cat besi umumnya mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti lead (timbal), mercury, formalin, benzena dan turunannya yang terkandung dalam bahan thinner sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak kesayangan kita. kenali bahaya dan cara menghindarinya.

Menghadiahi anak dengan kamar yang didesain baru atau mainan lucu yang dicat warna-warni bisa menyebabkannya berada dalam resiko kesehatan yang lebih tinggi. Hal itu dapat terjadi apabila cat yang diaplikasikan merupakan cat berbahaya dengan kandungan logam berat maupun jumlah VOC yang tinggi. Zat-zat berbahaya yang termasuk logam berat dan senyawa VOC tersebut akan memasuki tubuh anak dan mengganggu proses metabolismenya. Salah satu contoh kandungan berbahaya yang rentan dihirup anak adalah merkuri. Keberadaan zat ini di dalam tubuh akan mengganggu akitivitas biokimia, seperti reaksi enzimatik. Padahal, reaksi ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh karena bisa mempercepat dan mengefisienkan energi yang diperlukan untuk proses biologi sehari-hari.

 

Anak Lebih Rentan Terkena Dampak Racun Cat

Bila dibandingkan dengan orang dewasa, seorang anak lebih rentan terkena efek kandungan cat yang toksik. Tubuh anak yang masih dalam tahap perkembangan merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab lebih rentannya anak pada paparan bahan-bahan toksik tersebut. Selain itu, kebiasaan anak yang masih balita untuk memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, termasuk mainan yang dicat, juga beresiko tinggi membuat anak terpapar dengan bahan-bahan berbahaya. Efek yang didapatkan pun tidak main-main. Berbagai kandungan berbahaya dalam cat tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dan mengganggu perkembangan tubuh dan  kecerdasannya dalam jangka waktu panjang.

 

Memilih Cat yang Tepat untuk Kesehatan Anak

Mengingat buruknya efek zat toksik bagi manusia, khususnya bagi anak, orangtua sebaiknya melindungi anak dari paparan efek cat yang berbahaya. Menutup seluruh badan anak saat berada di lingkungan cat baru dan tidak menyediakan mainan bercat yang berbahaya adalah dua cara yang bisa dilakukan. Akan lebih baik lagi bila orangtua memilih cat yang aman digunakan. Cat berbasis air adalah jawaban permasalahan untuk menghindarkan anak dari bahaya cat yang umumnya berasal dari cat berbasis minyak. Cat berbasis air, memiliki kadar VOC yang rendah sehingga aman digunakan. Selain itu, keterangan toksiksitas logam berat juga harus dijadikan acuan untuk memilih cat yang aman digunakan

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 387 orang responden
%d bloggers like this: