Fungsi Container Desiccant Dalam Proses Export Furniture - Bioindustries

Fungsi Container Desiccant Dalam Proses Export Furniture

Container Desiccant merupakan bahan yang difungsikan untuk menyerap kelembaban udara dalam kontainer.

fungsi container desiccant adalah sebagai penyerap kelembaban pada kontainerSecara umum, produk container desiccant difungsikan untuk menjaga kelembaban di ruang penyimpanan ataupun di kontainer. Produk ini didesain dan diformulasikan secara khusus untuk menjaga kekeringan udara di dalam ruang penyimpanan seperti gudang ataupun kontainer. Sehingga resiko kerusakan barang yang diakibatkan karena kelembaban udara selama masa penyimpanan dan atau selama proses pengiriman barang dilakukan bisa diminimalisir.

Seperti telah kita ketahui, proses pengiriman barang apalagi jika pengirimannya ke luar negeri (eksport) membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Apabila tidak dilakukan treatment khusus untuk mencegah tingginya kelembaban udara dalam kontainer, bisa dipastikan kontainer akan panen jamur.

Inilah yang dikhawatirkan oleh banyak eksportir. Saat barang yang semestinya bisa langsung dipindahtangankan ke buyer, ternyata harus menelan pil pahit karena jamur tumbuh subur di dalam kontainer. Bukan saja gagal mendapatkan bayaran tetapi juga harus menanggung klaim atas kerugian yang ditimbulkan. Ibarat kata pepatah, sudah jatuh tertimpa tangga pula.

Kondisi ini sebenarnya bisa dicegah andai dilakukan prosedur yang benar. Barang yang dimasukkan sudah kering sempurna, dan memenuhi MC yang dipersyaratkan. Selain itu, dilakukan proses pengamanan berlapis dengan menempatkan container desiccant di beberapa tempat dalam container. Fungsi container desiccant atau penyerap kelembaban pada kontainer ini akan membantu untuk menstabilkan tingkat kekeringan udara dalam kontainer.

Mengenal Lebih Dekat Produk Container Desiccant

Produk container desiccant secara umum mengandung kombinasi bahan-bahan chemical absorbent yang secara ilmiah telah terbukti efektif menyerap kelembaban udara dalam ruanga. Contoh bahan kimia yang terkandung dalam container desiccant adalah SiO2, CaCl2, Amylopectin dan Bentonite.

Penyerap kelembaban kontainer berbeda dengan jenis penyerap kelembaban seperti silica gel. Container desiccant mampu menyerap kelembaban hingga lebih dari 200% beratnya sendiri. Produk penyerap kelembaban untuk kontainer ataupun gudang ini didesain mampu menyerap uap air dan mengubahnya menjadi bentuk gel. Sehingga produk ini sangat aman digunakan karena tidak akan menimbulkan kebocoran pada kontainer ataupun gudang.

Lantas, bagaimanakah sistem kerja dari produk container desiccant? Saat kontainer proses loading pada kondisi suhu tinggi dan kelembaban relatif-nya lebih dari 80%, sangat mungkin timbul kondensasi saat suhu mulai turun. Container desiccant akan mempertahankan suhu titik pengembunan tetap berada di bawah suhu aktual, sehingga proses kondensasi dalam kontainer bisa dicegah.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan suhu titik pengembunan? Suhu titik pengembunan pada dasarnya merupakan suhu uap air mulai berkondensasi pada permukaan sehingga menjadi air. Kondisi timbulnya air inilah yang sering disebut sebagai hujan kontainer. Kondisi ini bisa terjadi apabila suhu permukaan benda sama dengan atau bahkan lebih rendah dari suhu titik pengembunan.

Fungsi Container Desiccant Pada Ruang Penyimpanan

Fungsi Container Desiccant pada ruang penyimpanan atau shipping container adalah sebagai berikut :

  1. Melindungi ruang penyimpanan ataupun kontainer dari kelembaban tinggi yang menyebabkan jamur.
  2. Melindungi proses pengiriman barang yang menggunakan kontainer, melalui berbagai tingkat variasi suhu dan kelembaban.
  3. Mencegah resiko kerusakan yang diakibatkan serangan jamur dan bakteri selama masa penyimpanan atau pengiriman barang.
  4. Menghambat terjadinya proses logam berkarat.
  5. Menghambat kerusakan barang yang diakibatkan proses oksidasi dan dekomposisi yang disebabkan oleh tingkat kelembaban udara yang tinggi.

Keunggulan Container Desiccant

  1. Daya serapnya lebih efektif dan efisien dibanding produk sejenis di pasaran
  2. Tidak berasa dan tidak berbau sehingga aman dan tidak mengontaminasi barang yang disimpan di dalam container atau di gudang penyimpanan.
  3. Uap air yang diserap akan diubah menjadi gel sehingga tidak akan terjadi kebocoran atau tumpah ke kontainer atau gudang penyimpanan.
  4. Aman karena bebas dari bahan kimia berbahaya (free DMF)
  5. Penggunaan container desicant telah memenuhi standar regulasi SGS International, sehingga bisa diterima ke seluruh negara tujuan ekspor.

Rekomendasi Pemakaian Container Desiccant

  1. Untuk kontainer dengan ukuran 20 feet direkomendasikan menggunakan container desiccant sebanyak 6-10 unit atau
  2. Untuk kontaniner dengan ukuran 40 feet direkomendasikan untuk menggunakan produk container desiccant sebanyak 10-15 unit  atau lebih.

Cara Pemakaian Container Desiccant Pada Kontainer

  • Gantungkan pada dinding container atau gudang penyimpanan barang Anda dalam jarak yang merata
  • Buka tutup plastik sesuai petunjuk pada setiap unit kotak kemasaan container desiccant
  • Tutup container atau gudang secara rapat agar udara lembab dari luar tidak lagi masuk kedalam container atau gudang penyimpanan
  • Cek secara berkala, jika bahan aktif telah habis atau segera ganti dengan yang baru.

Ukuran dan kemasan Container Desiccant

Setiap unit Container Desiccant terdiri dari 1000 gr bahan aktif. Dikemas dalam dus berisi 10 unit atau 12 unit. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fungsi container desiccant dan atau pemesanan produk container desiccant dari Bioindustries, silahkan hubungi sales representative kami di kota Anda atau hubungi costumer care kami di no 0822-4338-0001 atau bisa juga via email info@bioindustries.co.id. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 279 orang responden
%d bloggers like this: