Finishing Warna Patina Untuk Furniture Outdoor - Bioindustries

Finishing Warna Patina Untuk Furniture Outdoor

Finishing warna patina untuk furniture outdoor dapat dihasilkan menggunakan water based wood coating system.

finishing warna patinaGelaran IFEX kembali diselenggarakan, yaitu di tanggal 11-14 Maaret 2017. IFEX merupakan gelaran pameran furniture berskala internasional yang menjadi barometer industri furniture di Indonesia. Di pameran ini, para pengusaha furniture memamerkan karya-karya mereka sebagai pengejawantahan trend furniture yang mereka tangkap. Oleh karena itu, tidak salah bila dikatakan IFEX menjadi barometer trend furniture di Indonesia.

Lantas, bagaimanakah dengan trend warna furniture outdoor setahun ke depan, termasuk di tahun 2018? Trend warna furniture outdoor di tahun 2017-2018 masih belum banyak bergeser dari warna natural, recycle vintage dan warna patina. Ini terindikasi dari banyaknya desainer interior dan eksterior luar yang masih banyak menggunakan warna-warna tersebut sebagai pilihan warna untuk mengisi desain mereka.

Warna-warna patina terinspirasi dari berbagai warna kayu yang telah mengalami proses oksidasi dan terpapar cuaca ekstrim. Warna-warna kayu lawas ini terlihat eksotik dan sangat cocok jika digunakan untuk furniture, baik furniture interior maupun furniture eksterior. Kesan kayu lawas yang eksotik memberikan nuansa hangat pada hunian.

Bioindustries menangkap kebutuhan akan warna-warna patina tersebut. Salah satunya dengan menghadirkan seri finishing patina, diantaranya warna patina dengan variasi glaze black. Untuk lebih memudahkan memahami prosesnya, berikut kami mencontohkan teknik finishing warna patina dengan variasi glaze black menggunakan produk water based wood coating dari Bioindustries.

Teknik finishing ini menghasilkan kesan kayu natural teroksidasi yang tampak menonjol dengan focal point pada terekspose-nya tekstur dan alur kayu. Teknik ini sangat cocok untuk finishing indoor maupun outdoor furniture dan elemen eksterior rumah, seperti pintu, jendela dan pagar.

Finishing Warna Patina Menggunakan BioColours

Aplikasi ini menggunakan material finishing dari Bioindustries, yaitu seri produk BioColours. Berikut item produk yang dibutuhkan : BioColours WSS Grey VAF, BioColours Glaze 5510 Black, dan Top Coat FA 714 Death Matt. Sebelum aplikasi ini dilakukan, furniture perlu dipastikan bebas dari debu, minyak, dan kotoran yang menempel, dan dalam kondisi benar-benar kering (ditandai dengan MC ≤ 12%). Amplas permukaan kayu sampai didapatkan permukaan yang halus dan rata.

BioColours WSS Grey VAF

Aplikasikan BioColours WSS Grey VAF agar terhasilkan warna sesuai yang diharapkan. Anda bisa menyesuaikan tingkat kepekatan sesuai kebutuhan Anda dengan menambahkan air bersih dengan rasio 1:2. Aduk larutan hingga homogen. Aplikasikan dengan cara di-spray (pastikan larutan diaduk sebelum dan selama proses aplikasi). Setelah selesai, biarkan minimal 60 menit agar kering. Namun jangan dijemur di bawah matahari secara langsung.

Topcoat FA 714 DM

Siapkan produk BioColours Top Coat FA 714 Death Matt. Tambahkan air bersih dengan Ratio 1:1, aduk pelan-pelan sampai benar-benar homogen. Aplikasikan larutan menggunakan spray sampai mendapatkan tampilan yang halus dan rata. Pastikan larutan diaduk sebelum dan selama proses aplikasi berlangsung. Setelah selesai, biarkan mengering selama ± 60 menit.

BioColours Glaze 5510

Siapkan BioColours Glaze 5510 Black untuk melapisi. Jika perlu tambahkan air bersih untuk mengencerkan dan untuk menurunkan kepekatan warna dengan perbandingan 1:3. Aplikasikan dengan menggunakan kuas atau kain katun bersih dan tunggu sampai benar-benar kering selama ± 60 menit.

Top Coat FA 714 Death Matt

Aplikasi topcoat ini merupakan tahapan terakhir dari finishing furniture outdoor warna patina ini. Gunakan Top Coat FA 714 Death Matt yang berfungsi untuk melapisi dan melindungi media kayu, sekaligus memberikan efek tampilan akhir death matt.

Tambahkan air bersih dengan rasio 1:1. Pastikan larutan diaduk sempurna sampai homogen. Semprotkan larutan tersebut hingga didapatkan tampilan yang rata dan halus mulus. Setelah itu, biarkan mengering di suhu kamar.

Kering sentuh dari aplikasi ini sekitar 20 menit, sedangkan untuk kering packing-nya kira-kira 24 jam. Untuk kering full curing memerlukan waktu kira-kira 7×24 jam. Sebelum kering sentuh tidak disarankan untuk dipanaskan menggunakan oven atau dijemur langsung di bawah matahari.

Demikianlah cara aplikasi finishing warna patina untuk furniture outdoor yang menggunakan bahan-bahan finishing water based dari Bioindustries. Teknik finishing ini menghasilkan warna patina  dengan tingkat film glossy 4%-6% (death matt). Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 512 orang responden
%d bloggers like this: