Finishing Mainan Kayu Aman Dengan Cat Water Based

Mainan kayu aman saat ini menjadi prioritas para orang tua saat memilih mainan untuk bua hatinya. Oleh karena itu, penggunaan bahan finishing yang aman perlu dipertimbangkan oleh siapapun yang bergerak di industri mainan kayu.

mainan kayu aman

Industri mainan kayu saat ini sedang mengalami masa kejayaan. Betapa tidak, gaung kampanye penggunaan mainan berbahan kayu mendapatkan respon luar biasa, baik dari para orang tua maupun dari lembaga pendidikan anak usia dini yang banyak menggunakan berbagai bentuk produk mainan anak. Kampanye mainan anak yang aman ini merupakan respon positif dari ditemukannya bahan kimia berbahaya bersifat karsinogenik yang terkandung pada mainan plastik yang selama ini banyak digunakan.

Pergeseran minat pasar mainan anak tersebut menjadi salah satu pemicu berkembangnya industri mainan yang menggunakan bahan kayu. Permintaan terhadap mainan jenis kayu pun meningkat tajam, seiring dengan meningkatnya kesadaran para orang tua. Selain itu, lembaga pendidikan anak usia dini yang semakin menjamur akhir-akhir ini juga ikut mempengaruhi kebutuhan pasar mainan anak berbahan kayu.

Waspadai Mainan Kayu Berbahaya Bagi Anak

mainan kayuSayangnya, kesadaran masyarakat untuk menggunakan jenis mainan berbahan kayu tersebut masih membutuhkan langkah lebih lanjut. Para orang tua dan lembaga-lembaga PAUD ternyata perlu mewaspadai mainan anak berbahan kayu dan perlu jeli dalam memilih jenis finishing mainan kayu aman untuk anak. Seringkali didapati, mainan kayu untuk anak dibuat dengan menggunakan cat solvent based.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa cat solvent based terbukti mengandung beberapa zat berbahaya seperti golongan logam berat, seperti mercuri, kobalt, dan timbal. Selain itu, cat berpelarut solvent juga terindikasi mengandung senyawa kimia berbahaya, seperti Volatile Organic Compounds yang mampu memicu terjadinya kerusakan organ dalam, mempengaruhi turunnya kecerdasan otak, memicu aktifnya sel kanker, dan berbagai penurunan fungsi tubuh lainnya.

Finishing Mainan Kayu Aman Untuk Anak

Salah satu upaya untuk memastikan bahwa mainan kayu yang dibeli merupakan produk yang aman untuk anak-anak adalah dengan memilih produk mainan kayu yang di-finishing menggunakan bahan ramah lingkungan. Saat ini bahan finishing ramah lingkungan bukanlah produk yang langka. Banyak perusahaan yang sudah merilis produk cat yang ramah lingkungan, termasuk Bio Industries. Bio Industries sendiri merupakan perusahaan pelopor yang mengembangkan cat ramah lingkungan.

Salah satu seri yang dikenalkan perusahaan ini adalah water based wood coating sistem. Berbagai varian produk water based yang terbukti aman dan ramah lingkungan sudah dikenalkan ke publik untuk memenuhi permintaan customer, termasuk untuk melayani kebutuhan industri mainan kayu di Indonesia.

Sudah saatnya para orang tua dan penyedia layanan pendidikan untuk anak usia dini yang banyak menggunakan media pembelajaran mainan kayu ikut menentukan jenis finishing yang aman untuk produk mainan kayu. Memilih produk mainan kayu aman yang menggunakan finishing water based bisa membantu untuk melindungi buah hati dari paparan logam berat dan senyawa kimia berbahaya yang terdapat di dalam bahan cat maupun pelarutnya.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 481 orang responden
%d bloggers like this: