Bioindustri Omnipresen

Blog

Finishing Kusen Pintu Menggunakan Cat Kayu Water Based Anti Rayap

Kusen membutuhkan perlindungan terhadap serangan serangga. Finishing kusen menggunakan cat kayu anti rayap seperti Biovarnish dan Orchid bisa membantu mengamankan kusen dari serangan serangga seperti rayap.

finishing kusen menggunakan cat kayu anti rayap warna natural

Kusen merupakan elemen penting rumah yang sangat perlu diperhatikan sejak proses pembuatannya. Karena fungsi kusen yang sangat penting dalam konstruksi rumah, sangat penting untuk memastikan kusen dibuat dari bahan kayu yang bagus dan dilakukan treatment pengawetan serta proses finishing yang benar. Salah melakukan treatment dan salah memilih bahan finishing bisa berakibat fatal terhadap kekuatan dan estetika kusen.

Salah satu bahan finishing yang tepat untuk kusen adalah menggunakan cat kayu yang ada kandungan anti serangganya. Cat jenis ini akan membantu melindungi kusen dari serangan serangga seperti rayap maupun thothor atau teter (bubuk kayu). Jadi, memilih cat kayu untuk finishing kusen dan cara plitur kusen yang benar sangat penting. Pilihlah yang mampu memberi perlindungan ekstra tanpa melupakan bagusnya hasil tampilan akhir (estetikanya).

Mengapa Kusen Perlu Cat kayu Anti Rayap?

Jika Anda menemukan kasus kusen yang sudah digerogoti oleh rayap maka Anda harus segera mengambil tindakan. Banyak alasan mengapa kusen rumah Anda dihinggapi rayap seperti jenis kayu yang terlalu lunak seperti kayu pinus.

Untuk mendeteksi apakah kusen kayu di rumah Anda sudah terhinggapi oleh rayap, cermati ciri-cirinya berikut ini:

  • Munculnya serbuk kayu di lantai

Gejala ini sangat mudah Anda cermati karena lantai Anda pasti akan kotor akan serbuk kayu dari rayap yang telah menggerogoti kayu kusen.

  • Adanya retakan antara kusen dan juga tembok

Anda bisa mencermati apakah muncul retakan pada cat dan juga tembok dari kusen. Jika ada maka Anda harus waspada rayap sudah ada di dalam kusen rumah Anda.

  • Hadirnya rumah rayap  dari tanah atau lantai

Ini adalah rayap tanah yang mulai menggerogoti kusen kayu dari tanah, walaupun Anda menyapu berulangkali rayap akan tetap memulai aksinya lagi.

  • Suara gemrisik pada bagian bawah kusen

Jika sudah muncul suara tersebut maka rayap yang menggerogoti sudah sangat banyak dibandingkan dengan ciri yang lainnya. Bahkan jika dibiarkan terus menerus kusen rumah bisa saja ambruk.

finishing kusen warna solid bisa menggunakan cat orchid

Ciri-ciri adanya rayap pada kusen atau semua jenis kayu di rumah tersebut tidak bisa dibiarkan saja. Anda harus waspada dan juga mengantisipasi dari awal.

Inilah alasan utama mengapa Anda perlu melakukan finishing kusen menggunakan cat kayu anti rayap. Karena jenis cat yang Anda gunakan untuk finishing kusen akan menentukan lifetime kusen di rumah Anda.

Kusen Tahan Lama Dengan Cat Kayu Anti Rayap

Munculnya rayap bukan karena sebab. Ada beberapa hal yang memicu timbulnya rayap pada kusen kayu . Jenis kayu dengan kualitas rendah biasanya disukai oleh rayap.

Selain itu, tidak dilakukannya proses pencegahan dengan aplikasi obat anti rayap sebelum proses pembuatan kusen juga menjadi pemicu. Dua hal ini seringkali menarik perhatian rayap dan kemudian menggerogoti kayu.

Faktor lainnya, kayu adalah sumber makanan dari rayap dan tempat tinggal. Rayap akan membentuk koloni dan tinggal di dalam kayu sambil menghabiskan material kayu dari dalam.

Ada antisipasi yang dengan mudah bisa Anda lakukan sejak awal yaitu dengan memberikan cat yang menawarkan perlindungan ekstra, seperti cat kayu anti rayap. Tetapi perlindungan tersebut akan memberikan perlindungan dari bagian luar kayu.

Anda juga membutuhkan perlindungan dari dalam kayu yaitu dengan obat anti rayap. Pemberian perlindungan dari dalam ini bisa Anda lakukan sebelum proses finishing dilakukan sehingga bahan bisa meresap ke dalam kayu. Anda bisa menggunakan obat pengawet kayu seperti BioCide Insecticide.

Biovarnish dan Orchid, Cat Kayu Water Based Untuk Finishing Kusen

biovarnish cat kayu anti rayap

Untuk pemberian lapisan coating yang tahan rayap ini, Anda bisa menggunakan produk Biovarnish. Cat kayu Biovarnish ini akan memberikan lapisan warna natural transparan.

Ada tiga rangkaian produk yang perlu Anda lakukan untuk memberikan lapisan perlindungan, dimulai dari Biovarnish Wood Filler sebagai dempul kayu, Biovarnish Wood Stain sebagi pewarna kayu dan juga Biovarnish Clear Coat yang berfungsi sebagai pernis bening/topcoat kayu.

Yang seringkali menjadi pertanyaan adalah, mengapa produk ini sangat direkomendasikan? Apa keunggulan dari Biovarnish dibanding cat kayu lainnya.

Keunggulan lain Biovarnish dan Orchid dari Bio Industries untuk Finishing

Produk cat Biovarnish sebagai cat kayu anti rayap pada kusen ini akan memberikan ketahanan warna yang lebih sehingga Anda tidak perlu mengulangi lapisan coating setiap tahunnya. Beragam pilihan warna akan membuat tampilan kusen tampak lebih mewah dan memiliki nilai estetika tinggi terlebih jika Anda memilih jenis kayu dengan serat indah.

Hal yang paling Anda butuhkan dalam mengecat adalah kemudahan aplikasi. Biovarnish akan memenuhi kebutuhan Anda tersebut karena Anda hanya membutuhkan air sebagai pelarut dan juga kuas sebagai alat aplikasinya. Anda tidak perlu membeli bahan pelarut thinner atau bahan pelarut lainnya yang akan menguras kantong Anda.

Selain itu, aplikasi finishing kusen menggunakan produk Biovarnish pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan kuas, kain bal ataupun spray gun. Hasilnya tidak akan berbeda jauh. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan alat yang Anda miliki.

Biovarnish adalah produk cat water based yang proses pengeringannya tidak tegantung oleh panas matahari tetapi tetap dapat kering sempurna. Berbeda dengan plitur berbahan pelarut thinner yang proses pengeringannya membutuhkan panas matahari, karena jika tidak akan muncul efek keputih-putihan pada permukaan kayu setelah kering. Ini disebabkan oleh solvent yang tidak kering sempurna.

cat kusen warna solid

Apabila Anda menginginkan warna solid, Anda bisa menggunakan cat Orchid. Cat kayu Orchid water based ini juga mampu memberikan perlindungan efektif untuk kusen.

Selain itu, Orchid juga mampu memberikan keindahan warna solid dengan beragam pilihan warna. Aplikasi juga mudah, karena bisa diaplikasi dengan brush system maupun spray system.

CTA Order Produk Finishing Kayu

tanya cs bio
Tanya Bio!