Finishing Kusen Menggunakan Cat Kayu Anti Rayap

Kusen membutuhkan perlindungan terhadap serangan serangga. Finishing kusen menggunakan cat kayu anti rayap seperti Biovarnish dan Orchid bisa membantu mengamankan kusen dari serangan serangga seperti rayap.

finishing kusen menggunakan cat kayu anti rayap warna naturalKusen merupakan elemen penting rumah yang sangat perlu diperhatikan sejak proses pembuatannya. Karena fungsi kusen yang sangat penting dalam konstruksi rumah, sangat penting untuk memastikan kusen dibuat dari bahan kayu yang bagus dan dilakukan treatment pengawetan serta proses finishing yang benar. Salah melakukan treatment dan salah memilih bahan finishing bisa berakibat fatal terhadap kekuatan dan estetika kusen.

Salah satu bahan finishing yang tepat untuk kusen adalah menggunakan cat kayu yang ada kandungan anti serangganya. Cat jenis ini akan membantu melindungi kusen dari serangan serangga seperti rayap maupun thothor atau teter (bubuk kayu). Jadi, jangan asal memilih cat kayu untuk finishing kusen. Pilihlah yang mampu memberi perlindungan ekstra tanpa melupakan bagusnya hasil tampilan akhir (estetikanya).

Mengapa Kusen Perlu Cat kayu Anti Rayap?

Jika Anda menemukan kasus kusen yang sudah digerogoti oleh rayap maka Anda harus segera mengambil tindakan. Banyak alasan mengapa kusen rumah Anda dihinggapi rayap seperti jenis kayu yang terlalu lunak seperti kayu pinus.  Untuk mendeteksi apakah kusen kayu di rumah Anda sudah terhinggapi oleh rayap, cermati ciri-cirinya berikut ini:

  1. Munculnya serbuk kayu di lantai. Gejala ini sangat mudah Anda cermati karena lantai Anda pasti akan kotor akan serbuk kayu dari rayap yang telah menggerogoti kayun kusen.
  2. Munculnya retakan antara kusen dan juga tembok. Anda bisa mencermati apakah muncul retakan pada cat dan juga tembok dari kusen. Jika ada maka Anda harus waspada rayap sudah ada di dalam kusen rumah Anda.
  3. Munculnya rayap dari tanah atau lantai yang menjulang tinggi dan merayap di dinding kusen. Ini adalah rayap tanah yang mulai menggerogoti kusen kayu dari tanah, walaupun Anda menyapu berulangkali rayap akan tetap memulai aksinya lagi.
  4. Muncul suara gemrisik pada bagian bawah kusen. Jika sudah muncul suara tersebut maka rayap yang menggerogoti sudah sangat banyak dibandingkan dengan ciri yang lainnya. Bahkan jika dibiarkan terus menerus kusen rumah bisa saja ambruk.

finishing kusen warna solid bisa menggunakan cat orchid

Ciri-ciri adanya rayap pada kusen atau semua jenis kayu di rumah tersebut tidak bisa dibiarkan saja. Anda harus waspada dan juga mengantisipasi dari awal. Inilah alasan utama mengapa Anda perlu melakukan finishing kusen menggunakan cat kayu anti rayap. Karena jenis cat yang Anda gunakan untuk finishing kusen akan menentukan lifetime kusen di rumah Anda.

Kusen Tahan Lama Dengan Cat Kayu Anti Rayap

Munculnya rayap bukan karena sebab, Ada beberapa hal yang memicu timbulnya rayap pada kusen kayu yaitu udara yang lembab. Udara yang lembab akan membuat kayu juga menjadi lembab dan muncul jamur. Adanya jamur menarik perhatian rayap dan kemudian menggerogoti kayu. Selain itu juga kayu adalah sumber makanan dari rayap dan tempat tinggal. Rayap akan membentuk koloni dan tinggal di dalam kayu sambil menghabiskan material kayu dari dalam.

Ada antisipasi yang dengan mudah bisa Anda lakukan sejak awal yaitu dengan memberikan cat yang menawarkan perlindungan ekstra, seperti cat kayu anti rayap. Tetapi perlindungan tersebut akan memberikan perlindungan dari bagian luar kayu. Anda juga membutuhkan perlindungan dari dalam kayu yaitu dengan obat anti rayap. Pemberian perlindungan dari dalam ini bisa Anda lakukan sebelum proses finishing dilakukan sehingga bahan bisa meresap ke dalam kayu. Anda bisa menggunakan obat pengawet kayu seperti BioCide Insecticide.

Biovarnish dan Orchid, Cat Kayu Water Based Untuk Finishing Kusen

biovarnish cat kayu anti rayap Untuk pemberian lapisan coating yang tahan rayap ini Anda bisa menggunakan produk Biovarnish. Cat kayu Biovarnish ini akan memberikan lapisan warna natural transparan. Ada tiga rangkaian produk yang perlu Anda lakukan untuk memberikan lapisan perlindungan, dimulai dari Biovarnish Wood Filler sebagai dempul kayu, Biovarnish Wood Stain sebagi pewarna kayu dan juga Biovarnish Clear Coat yang berfungsi sebagai pernis/topcoat kayu.

Yang seringkali menjadi pertanyaan adalah, mengapa produk ini sangat direkomendasikan? Apa keunggulan dari Biovarnish dibanding cat kayu lainnya. Produk cat Biovarnish sebagai cat kayu anti rayap pada kusen ini akan memberikan ketahanan warna yang lebih dari tiga tahun sehingga Anda tidak perlu mengulangi lapisan coating setiap tahunnya. Beragam pilihan warna akan membuat tampilan kusen tampak lebih mewah dan memiliki nilai estetika tinggi terlebih jika Anda memilih jenis kayu dengan serat indah.

Hal paling Anda butuhkan dalam mengecat adalah kemudahan aplikasi. Biovarnish akan memenuhi kebutuhan Anda tersebut karena Anda hanya membutuhkan air sebagai pelarut dan juga kuas sebagai alat aplikasinya. Anda tidak perlu membeli bahan pelarut thinner atau bahan pelarut lainnya yang akan menguras kantong Anda. Selain itu, aplikasinya pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan kuas, kain bal ataupun spray gun. Hasilnya tidak akan berbeda jauh. Jadi, Anda bisa menyesuaikan dengan alat yang Anda miliki.

Biovarnish adalah produk cat water based yang proses pengeringannya tidak tegantung oleh panas matahari tetapi tetap dapat kering sempurna. Berbeda dengan plitur berbahan pelarut thinner yang proses pengeringannya membutuhkan panas matahari karena jika tidak akan muncul efek keputih-putihan pada permukaan kayu setelah kering. Ini disebabkan oleh solvent yang tidak kering sempurna.

cat kusen warna solid

Apabila Anda menginginkan warna solid, Anda bisa menggunakan cat Orchid. Cat kayu water based ini juga mampu memberikan perlindungan efektif untuk kusen. Selain itu, Orchid juga mampu memberikan keindahan warna solid dengan beragam pilihan warna. Aplikasi juga mudah, karena bisa diaplikasi dengan brush system maupun spray system.

Untuk mendapatkan produk Biovarnish dan Orchid, Anda bisa langsung datang ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Anda juga bisa menghubungi terlebih dahulu melalui WA di 08122-525-9280 atau telepon di 0291-598992. Untuk area jogja dan sekitarnya, silahkan datang ke Jl Sidikan 94 Yogyakarta, telp +62.274.388.301. Dan untuk area jepara, silahkan datang ke Jl. Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan, Jepara, telp: +62.291.598992. Untuk informasi keagenan, silahkan kontak ke no hotline 0822-4338-0001. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 241 orang responden
%d bloggers like this: