Finishing kayu food safe wood finish dengan Biopolish® – beeswax pasta

biopolish beeswax pasta polish untuk perabot dapur dari kayu
biopolish beeswax pasta polish untuk perabot dapur dari kayu

Finishing kayu food safe wood finish dengan Biopolish® – beeswax pasta khususnya untuk peralatan makan atau perabot dapur yang terbuat dari kayu atau batu alam yang akan bersentuhan langsung dengan bahan makanan atau minuman (direct food contact) maupun tidak langsung (indirect food contact)

Bahan finishing kayu seperti Melamin, NC, Plitur atau jenis lapisan varnis lainnya dia akan menghasilkan lapisan film cat seperti lapisan plastik yang menutup pori-pori kayu  sehingga terlihat kurang cantik alami. Tampilan hasil finishing kayu seperti itu mungkin disukai beberapa orang tapi lapisan cat atau coating yang terbuat dari resin polimer seperti Melamin, NC atau Plitur tidak direkomendasikan karena berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika digunakan untuk permukaan yang bersentuhan langsung dengan bahan makanan atau minuman.

Bagaimanapun juga lapisan film cat yang mengandung Melamin, formalin, timbal, kadmium dll itu lambat laun akan terkikis dan larut mengontaminasi makanan yang kita makan. Ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Biopolish® – beeswax pasta polish solusi food safe wood finish untuk peralatan makan atau perabot dapur dari kayu atau bambu

Untuk perabot masak yang bersentuhan langsung atau tidak langsung memang sebaiknya kita gunakan bahan finishing yang benar-benar aman bagi kesehatan. Anda dapat menggunakan bahan Biopolish®beeswax pasta polish, sebab bahan pemoles kayu ini dibuat dari 100% bahan alami yang terdiri dari lilin lebah / Beeswax dan campuran minyak nabati yang aman bahkan jika terkontaminasi atau bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman.

Terinspirasi dari beberapa catatan resep tradisional jawa kuno dimana masyarakat jawa tradisional menggunakan campuran ampas kelapa malam tawon dan beberapa campuran minyak nabati untuk memoles dan merawat perabot atau pusaka yang terbuat dari kayu hingga awet sampai ratusan tahun dan semakin lama semakin indah mengkilap alami. Biopolish®beeswax pasta polish ini diteliti secara scientific dan dikembangkan menjadi produk semir kayu yang alami aman dan ramah lingkungan untuk memoles pearabot kayu agar tetap awet dan tampil semakin cantik alami.

Setelah di poles dengan Biopolish®beeswax pasta polish anda akan mendapatkan keindahan warna serat alami kayu akan tampak lebih cerah bersih dan mengkilat alami (natural wood sheen). Disamping itu anda juga akan mendapatkan permukaan kayu relatif lebih kedap air dan tidak mudah retak. Performa seperti ini tentu sangat dibutuhkan khususknya untuk peralatan makan atau perabot masak dari kayu seperti piring makan, mangkok sop, sendok, sumpit, telenan dll.

Cara aplikasi Biopolish® – beeswax pasta polish

Anda dapat menggunakan kain atau kuas untuk mengoleskan Biopolish®beeswax pasta polish keseluruh permukaan benda yang akan dipoles, tunggu beberapa saat antara 5-10 menit. Gunakan kain kering dan bersih untuk menggosok seluruh permukaan sampai halus dan mengkilat alami.

Anda dapat mengulangi sampai beberapa kali polesan dangan cara yang sama untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dan lebih kedap air. Semakin halus kain yang anda gunakan untuk menggosok hasilnya semakin halus dan lebih mengkilat.

Catatan Tips Aplikasi:

Anda dapat menggunakan bahan Biocolours sanding sealer sebagai lapisan dasar untuk membantu menutup pori-pori kayu serta membantu memotong bulu-bulu kayu agar lebih cepat menghaluskan permukaan kayu serta meningkatkan performa hasil finishing kayu seperti yang diinginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba

 

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 349 orang responden
%d bloggers like this: