Finishing Furniture Mudah Menggunakan Orchid Enamel Paint, Cat Kayu Water Based Warna Solid

orchid paint woodFinishing wooden furniture bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai tipe finishing, baik finishing solvent based, oil based, maupun finishing water based. Semua memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, permintaan pasar seringkali menjadi tolok ukur utama untuk penentuan jenis finishing yang digunakan. Misalnya saja, saat ini pasar Eropa, Amerika dan beberapa negara di kawasan Asia sudah mensyaratkan penggunaan cat kayu water based untuk produk-produk furniture yang masuk ke kawasan tersebut.

Peralihan kecenderungan pasar ini tentu saja mempengaruhi geliat industri furniture di Indonesia, baik industri besar maupun pelaku UKM yang tak lepas dari proses finishing. Kecenderungan penggunaan produk finishing water based pun meningkat cukup tajam di beberapa tahun terakhir. Pasalnya, beberapa negara tujuan ekspor mulai mensyaratkan penggunaan finishing water based, termasuk untuk cat kayu yang digunakan.

Beberapa perusahaan cat menangkap peluang tersebut, dengan menyediakan varian produk khusus water based. Saat ini beberapa merk cat kayu water based cukup menguasai pasar industri kayu dan furniture, termasuk diantaranya adalah seri BioColours dan Orchid dari BioIndustries.

Seri BioColours untuk cat kayu water based warna solid adalah seri Bioduco solid. Aplikasi produk ini biasanya diawali dengan aplikasi wood putty (dempul), kemudian dianjutkan dengan aplikasi primer coat, dan setelah itu baru diaplikasikan BioColours Bioduco dan ditutup dengan topcoat sesuai dengan tingkat glossy yang diinginkan.

Aplikasi di atas adalah aplikasi dengan tahapan lengkap untuk menghasilkan finishing yang sempurna. Selain seri BioColours, BioIndustries juga memiliki seri lain untuk finishing warna solid, yaitu menggunakan seri Orchid Enamel Paint. Produk ini bisa dikatakan sebagai shortcut dari seri step lengkap finishing solid menggunakan Bioduco. Karena cukup dengan aplikasi Orchid Enamel Paint saja, Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang bagus.
Seri Orchid Enamel Paint ini sangat cocok digunakan oleh pelaku industri furniture yang membutuhkan proses yang cepat namun dengan hasil yang cukup bagus. Produk ini juga sangat cocok untuk mereka yang suka bermain-main dengan kayu sebagai hobby. Para pelaku DIY yang selalu penasaran ingin mencoba membuat karya-karya baru, misalnya lemari untuk Ibu, rak sepatu untuk istri tercinta, ataupun rak serba guna untuk diletakkan di sudut garasi.

Langkah-langkah Mudah Aplikasi Orchid Enamel Paint, Cat Kayu Water Based Warna Solid 

  1. cat kayu water basedPersiapan
  • Bersihkan dan keringkan permukaan kayu.
  • Jika Anda melakukan pengecatan ulang, maka pastikan cat lama sudah diamplas terlebih dulu, sehingga cat yang baru dapat menempel sempurna.
  1. Pengenceran
  • Pilihlah warna Orchid Enamel Paint sesuai yang diinginkan. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, baik warna solid opaque colors maupun metalik colors.
  • Tambahkan air bersih ke dalam larutan cat sebanyak 20% dari total larutan. Aduk pelan-pelan agar rata.
  1. Aplikasi Lapisan Dasar
  • Aplikasikan larutan orchid yang telah dibuat tadi pada permukaan kayu dengan cara dikuas, di-ball ataupun di-spray.
  • Diamkan sampai lapisan cat kering sentuh (20-30 menit)
  1. Finishing
  • Amplas ambang lapisan cat pertama menggunakan kertas amplas no 400.
  • Ulangi aplikasi orchid, biarkan mengering serta ulangi lagi hingga didapatkan ketebalan lapisan cat serta tampilan yang diharapkan.
  • Jika menginginkn hasil yang lebih sempurna, tutup degan topcoat seri EP 3050 semi gloss.

Demikianlah cara mudah finishing wooden furniture menggunakan cat kayu warna solid berpelarut air, Orchid Enamel Paint dari BioIndustries. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 329 orang responden
%d bloggers like this: