Cara Membuat Finishing Baby Furniture Warna Solid - Bioindustries

Cara Membuat Finishing Baby Furniture Warna Solid

Finishing baby furniture warna solid bisa dihasilkan dengan menggunakan water based wood coating system.

finishing baby furniture warna solid

Trend warna untuk baby furniture di tahun 2016 ini masih didominasi warna-warna yang netral dan jenis warna lembut serta kalem. Warna putih dan warna pastel banyak menghiasi ruangan bayi dan anak. Selain itu, warna natural kayu pun mulai banyak digunakan pada desain furniture anak.

Selain berkonsentrasi pada pemilihan warna yang digunakan, proses finishing baby furniture juga harus memperhatikan sisi keamanan dari bahan finishing yang digunakan. Memilih bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan, seperti water based wood coating system, akan membantu melindungi anak dari bahaya terpapar logam berat dan bahan kimia berbahaya lainnya yang terkandung dalam bahan cat dan pelarutnya .

finishing baby furniture warna solid

Agar lebih mudah dipahami, kami akan mencontohkan proses finishing baby furniture warna solid ini menggunakan metode finishing warna white menggunakan produk water based wood coating system dari Bio Industries. Metode finishing ini bertujuan untuk mendapatkan hasil finishing kayu dengan warna putih yang banyak digunakan pada berbagai jenis furniture anak.

Metode finishing ini menggunakan material finishing BioColours Primer White 1401 Water, BioColours Bioduco White Water, dan Top Coat FA 714 Water dari Bio Industries. Sebelum proses coating dilakukan, pastikan furniture bebas dari minyak, debu dan kotoran yang menempel, dan dalam kondisi benar-benar kering (ditandai dengan MC ≤ 12%).Amplas permukaan kayu hingga halus dan rata.

Proses Finishing Baby Furniture Warna Solid

finishing baby furniture warna solid

Primer Coat (BioColours® Primer)

Langkah selanjutnya, aplikasikan BioColours® Primer White 1410 Water untuk mendapatkan warna sesuai yang diinginkan. Anda bisa menurunkan kepekatan dari bahan ini dengan cara menambahkan air, perbandingannya 3:1. Aplikasikan larutan yang sudah dibuat dengan cara spray. Biarkan selama 1 jam, namun jangan dijemur matahari. Setelah itu, sanding menggunakan amplas no 400.

BioColours® Bioduco

Aplikasikan BioColours® Bioduco white Water agar terhasilkan warna sesuai yang diharapkan. Anda bisa menyesuaikan tingkat kepekatan sesuai kebutuhan Anda dengan menambahkan air bersih dengan rasio 3:1. Cara mengaplikasikan larutan ini dengan teknik spray. Setelah selesai, biarkan minimal 1 jam agar kering. Namun jangan dijemur di bawah matahari secara langsung. Setelah itu, sanding dengan menggunakan amplas no 400.

 Top Coat

Aplikasi top coat ini merupakan tahapan terakhir dari proses finishing baby furniture warna solid white ini. Gunakan BioColours® Top Coat FA 714 gloss yang berfungsi untuk melapisi dan melindungi media kayu, sekaligus memberikan efek tampilan akhir glossy.

Tambahkan air dengan rasio 2:1 untuk mengencerkan larutan. Pastikan larutan diaduk sempurna sampai homogen. Semprotkan larutan tersebut hingga didapatkan tampilan yang rata dan halus mulus. Setelah itu, biarkan mengering di suhu kamar overnight.

Demikianlah cara aplikasi finishing baby furniture warna solid white yang menggunakan bahan-bahan finishing water based dari Bio Industries. Teknik finishing ini menghasilkan warna solid white dengan tingkat film glossy 80% (gloss). Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 565 orang responden
%d bloggers like this: