Efek Negatif VOC bagi Lingkungan - Bioindustries

Efek Negatif VOC bagi Lingkungan

VOC adalah salah satu ancaman bagi kesehatan manusia. Namun, senyawa ini juga bisa berimbas buruk bagi lingkungan. Efek negatif VOC bagi lingkungan berasal dari kemampuannya menghasilkan ozon yang bersifat toksik. Salah satu sumber polusi VOC adalah cat berbasis minyak.

VOC adalah salah satu ancaman bagi kesehatan manusia. Namun, senyawa ini juga bisa  berimbas buruk bagi lingkungan.

VOC adalah salah satu ancaman bagi kesehatan manusia. Namun, senyawa ini juga bisa berimbas buruk bagi lingkungan.

Volatile Organic Compounds atau VOC adalah senyawa organik seperti benzene dan xylene yang memiliki sifat mudah menguap. VOC bersifat toksik dan dapat membahayakan kesehatan bagi mereka yang terpapar. Senyawa organik ini banyak ditemukan pada cat dengan pelarut minyak (oil-based paint). Dalam sebuah ruangan, VOC bisa menyebabkan sindrom yang disebut dengan Sick Building Syndrome. Sindrom tersebut akan menyerang penghuni rumah dengan gejala-gejala seperti pusing hingga mudah lupa. Namun, selain efeknya pada manusia, VOC juga bisa menimbulkan efek pada skala yang lebih luas, yakni pada lingkungan di sekitarnya. Efek negatif VOC bagi lingkungan bukan hanya membahayakan manusia, tetapi juga bisa membahayakan ekosistem.

Ozon di Stratosfer dan Ozon di Troposfer

Ozon dapat ditemukan pada dua lapisan atmosfer, yakni stratosfer dan troposfer. Keduanya memiliki komposisi kimia yang sama, yakni O3. Meskipun demikian, dampak ozon pada kedua lapisan tersebut berbeda.

  • Ozon pada lapisan stratosfer terletak sekitar 10-35 km di atas permukaan tanah. Lapisan ozon pada stratosfer ini dinilai sangat bermanaat karena dapat melindungi organisme di permukaan bumi dari efek membahayakan sinar ultraviolet.
  • Ozon pada troposfer merupakan hasil pembentukan dari sinar matahari, Nitrogen Oksida dan VOC. Ozon pada lapisan ini akan menimbulkan keracunan pada berbagai organisme termasuk tanaman karena ozon memang bersifat toksik.

Peningkatan Ozon di Troposfer karena Penggunaan Oil-based Paint

Terdapat banyak sumber polutan VOC maupun Nitrogen Oksida yang dapat menyebabkan peningkatan jumlah ozon di troposfer. Salah satu sumber peningkatan VOC adalah aplikasi cat yang mengandung banyak VOC. Untuk menghindari efek negatif ozon di troposfer, diperlukan kesadaran dari masyarakat luas. Sebaiknya, sumber-sumber polutan VOC maupun Nitrogen Oksida tidak digunakan atau dibatasi penggunaannya. Penggunaan cat berbasis minyak yang banyak menghasilkan VOC seyogyanya dihindari dan diganti dengan cat berbasis air, seperti produk-produk cat Bioindustries. Cat produksi Bioindustries, yang berupa cat tembok BioPaintĀ® Facade, cat alumunium OrchidĀ® Aloycoat, cat kayu Biocolours Wood Coating, serta cat kayu dan besi OrchidĀ® cat kayu besi menawarkan warna-warna menarik dengan kandungan VOC yang tidak membahayakan.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 289 orang responden
%d bloggers like this: