Cat Water Based untuk Sangkar, Solusi Burung Peliharaan Sehat

Berbagai macam produk cat di pasaran yang didominasi golongan solvent based, memang harus dihindari karena kandungan toksiknya yang tinggi. Namun, memilih cat water based untuk sangkar pun tidak bisa dilakukan dengan asal. Sebab, banyak pula produsen cat water based yang memanfaatkan senyawa beracun seperti formalin.

Pilih cat water based untuk sangkar burung yang terbukti keamanannya.

Pilih cat water based untuk sangkar burung yang terbukti keamanannya.

Sebagai komponen yang biasa diaplikasikan pada sangkar, penggunaan cat memang harus diperhatikan dengan cermat. Bagi Anda yang merupakan penggemar burung peliharaan, pastikanlah cat yang digunakan untuk sangkar burung benar-benar aman. Sebab, beberapa penelitian seperti yang dilakukan Peter Sakas mengindikasikan adanya pengaruh buruk cat sangkar pada burung. Kandungan cat yang toksik seperti timbal akan terakumulasi dan menyebabkan performa burung lebih cepat turun. Belum lagi adanya senyawa mudah menguap pada pelarut cat yang tak kalah toksiknya.

Di pasaran sendiri, setidaknya terdapat dua jenis cat, yakni cat solvent based dan cat water based. Secara umum, cat solvent based memiliki toksiksitas lebih tinggi dibanding cat water based. Paparan cat solvent yang kadar senyawa organik mudah menguap dan timbalnya tinggi bisa menyebabkan pusing-pusing hingga keterbelakangan mental pada janin manusia. Tentu efek yang lebih buruk bisa terjadi pada burung. Sebab, binatang ini memiliki kebiasaan mematuk berbagai benda termasuk sangkar. Padahal, dengan hirupan yang intens saja, senyawa organik mudah menguap yang toksik bisa berakibat membahayakan. Apalagi, pada cat yang baru diaplikasikan. Tak heran bila para pakar burung menyarankan untuk mengangin-anginkan dulu sangkar yang baru dicat, bahkan merendamnya, hingga berminggu-minggu kemudian.

Memilih Cat Water Based untuk Sangkar juga Harus Cermat

Solusi mudah untuk mengatasi ini adalah dengan mengganti cat solvent dengan cat water based. Berbeda dengan cat solvent yang memanfaatkan pelarut solvent seperti thinner dan spiritus yang penuh dengan senyawa organik mudah menguap, cat water based hanya menggunakan pelarut air sehingga sangat aman. Memang, penggunaan cat water based untuk sangkar bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, Anda juga harus hati-hati saat memilih cat water based untuk sangkar burung peliharaan. Sebab, banyak pula cat water based yang diformulasikan dengan bahan-bahan toksik.

Agar cat water based untuk sangkar yang Anda pilih benar-benar aman, pastikanlah Anda membeli produk yang sudah sesuai dengan standar dari lembaga yang kredibel. Akan lebih baik bila Anda memilih cat yang formulasinya mengikuti kriteria yang ditetapkan negara-negara maju seperti negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Dari berbagai produk cat water based yang beredar di pasaran sendiri, kami merekomendasikan Anda menggunakan produk Biovarnish wood coating brush system, Biocolours Water Based Wood Coating untuk sangkar kayu dan Orchid water based metal paint untuk sangkar dari metal. Keduanya termasuk dalam golongan cat water based. Keduanya juga terjamin keamanannya karena diformulasikan mengikuti standar ECHA dari Uni Eropa dan EPA dari Amerika Serikat. Klaim ini bisa dibuktikan dari sertifikat yang didapat dari lembaga sertifikasi TUV Rheinland Jerman. Burung peliharaan Anda pun akan sehat dengan cat yang tidak toksik ini.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 244 orang responden
%d bloggers like this: