Cerdas Memilih Cat untuk Sangkar Burung yang Aman - Bioindustries

Cerdas Memilih Cat untuk Sangkar Burung yang Aman

Tahukah Anda, sangkar burung yang baru Anda beli malah sangat mungkin menyebabkan turunnya performa burung? Burung-burung akan enggan berkicau bahkan mati keracunan akibat penggunaan cat toksik pada sangkar yang masih baru. Untuk mengatasinya, Anda harus cerdas dalam memilih cat untuk sangkar burung yang aman.

Hati-hati burung Anda berhenti berkicau karena penggunaan cat untuk sangkar burung yang toksik.

Hati-hati burung Anda berhenti berkicau karena penggunaan cat untuk sangkar burung yang toksik.

Bagi pecinta burung peliharaan, menempatkan burung kesayangan di dalam sangkar yang indah merupakan suatu keharusan. Meski demikian, kita tidak bisa serta merta menempatkan burung pada sangkarnya ketika sangkar tersebut masih baru. Pasalnya, sangkar burung yang baru biasanya masih berbau menyengat akibat cat yang diaplikasikan.

Menurut Om Duto, seorang pakar burung piaraan pengasuh komunitas pecinta burung omkicau.com, burung kesayangan yang tadinya berkicau aktif atau biasa disebut “nggacor” bisa saja tiba-tiba ngambek” tidak mau berkicau lagi. Sebab burung tersebut ditempatkan di sangkar baru yang masih berbau pedas dan menyengat.
Bila sudah begini, tentu sebagai pemilik burung kita akan kesal. Sangkar burung yang baru kita beli dengan harga mahal justru membuat burung kesayangan ngambek bahkan sampai ada yang mati keracunan

Masih menurut Om Duto, untuk menghindari masalah ini, kita perlu mengangin-anginkan dulu sangkar baru yang dibeli selama beberapa minggu. Bahkan beberapa sangkar sampai perlu direndam dan dijemur terlebih dahulu. Sayangnya perlakuan seperti ini justru bisa membuat keindahan warna dan lapisan cat rusak sebelum dipakai. Ini jelas sangat menjengkelkan. Istilah Bahasa Jawanya, “mangan ati“.

Biocolours Water Based Wood Coating Aman sebagai Cat untuk Sangkar Burung

Anda juga bisa menggunakan Biopolyture, water based coating system yang aman dan ramah lingkungan.

Gunakan Biocolours Biopolyture, water based coating system yang aman dan ramah lingkungan.

Untuk menghindari kasus seperti ini, kami menyarankan Anda menggunakan Biocolours water based wood coating sebagai cat untuk sangkar burung yang berbahan dasar kayu. Sedangkan untuk sangkar burung yang berbahan dasar metal, Anda bisa menggunakan Orchid water based metal paint. Kedua jenis cat ini merupakan cat berbasis air yang aman, ramah lingkungan, dan tidak berbau.

Biocolours merupakan bahan finishing berbahan dasar air yang aman dan ramah lingkungan. Produk ini sangat ideal bagi Anda yang mencari cat untuk sangkar burung yang aman. Produk-produk Biocolours tidak beracun dan tidak berbau pedas. Bahan finishing ini juga lebih aman dari melamin, NC, atau epoxy yang biasa dipake untuk finishing sangkar burung.

Meskipun demikian, pada dasarnya tidak semua cat berbasis air aman dan tidak berbau pedas. Sebab beberapa produsen water based paint di Indonesia masih sering menggunakan formalin dan amonia sebagai bahan aditifnya. Namun demikian, kualitas keamanan Biocolours dan Orchid sudah sangat terjamin. Keduanya telah teruji oleh lembaga pengujian dan sertifikasi TUV reinland German dan Boureu Veritas Finlandia sebagai bahan cat nontoxic yang sesuai dengan standar REACH Regulation Eropa, US EPA, dan juga standar direct food safe US-FDA.

Penggunaan Biocolours dan Orchid akan menghapus kekhawatiran Anda akan paparan toksik sangkar pada burung. Anda yang mencari produk cat untuk sangkar burung yang aman bisa tenang dan tak perlu khawatir lagi dengan produk cat toksik, baik solvent based maupun water based yang banyak beredar di pasaran.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 320 orang responden
%d bloggers like this: