Cat Pagar Bambu Tahan Air Tahan Cuaca

Untuk menjaga pagar bambu agar mampu tahan lama dan tampilannya menarik, cat pagar bambu yang eco friendly seperti Biovarnish dan Orchid bisa menjadi pilihan.

cat untuk pagar tahan air tahan cuacaMaterial yang bisa digunakan untuk membuat pagar sangat bervariasi salah satunya adalah bambu. Bambu memiliki karakter yang eco friendly yag kuat. Dengan pemilihan desain yang tepat bisa menghasilkan desain yang elegan dan tidak ketinggalan jaman. Anda bisa menyesuaikan desain bambu sesuai dengan desain rumah, misalnya saja yang saat ini banyak disukai di masyarakat adalah desain kontemporer dan desain minimalis modern.

Bambu saat ini banyak disukai untuk properti maupun untuk furniture dan interior decorative karena sifatnya yang mudah tumbuh. Belakangan ini mulai ada kesadaran di masyarakat untuk menggunakan bahan yang proses tanam kembalinya cepat seperti bambu. Sehingga proses tebang tidak akan mengganggu ekosistem. Bambu merupakan salah satu tanaman rumput berkayu yang sangat mudah tumbuh dan berkembang biak dengan sangat cepat. Bambu juga memiliki density yang ringan sehingga lebih mudah untuk dibentuk dalam berbagai macam desain.

Penggunaan bambu untuk furniture ataupun pagar tentu saja perlu melalui proses pemilihan bambu yang sudah mature. Sangat disarankan untuk menebang bambu dalam kondisi paling rendah kadar gulanya. Umur 3-7 tahun menjadi pilihan tepat usia penebangan bambu. Karena di usia tersebut, kadar gula di posisi lebih rendah dibandingkan saat bambu di masa pertumbuhan.

Setelah proses penebangan, pastikan bambu dikeringkan untuk menghilangkan kadar gula. Proses perendaman menggunakan air mengalir bisa membantu mempercepat proses hilangnya gula dalam getah bambu. Hal ini penting dilakukan, karena jika kadar gula masih tinggi maka bambu rawan terhadap serangan serangga. Anda bisa menggunakan bahan pengawet atau obat serangga, misalnya BioCide Insecticide untuk memastikan bambu lebih awet terhadap serangan serangga seperti kutu bubuk dan rayap.

Mengapa Cat Pagar Bambu Tahan Air Tahan Cuaca Sangat Penting?

cat pagar bambu tahan cuaca

Pagar berbahan bambu akan memberikan tampilan yang etnik dan elegan. Namun, bahan bambu jika terkena sinar matahari, hujan, angin dan debu secara alami akan cepat pudar warnanya dan mudah lapuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi pagar bambu dengan bahan finishing yang tepat.

Cat pagar bambu tahan air menjadi solusi efektif untuk Anda yang menginginkan pagar etnik berbahan bambu yang awet. Bahan finishing tersebut akan membantu melindungi pagar bambu Anda, sehingga lifetime-nya lebih lama. Cat kayu warna natural Biovarnish dan cat kayu enamel Orchid merupakan dua jenis bahan finishing dari Bioindustries yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya tahan terhadap air dan cuaca. Kedua jenis cat tersebut bisa Anda pilih sebagai bahan finishig yang tepat untuk pagar bambu.

Cat Pagar Bambu Warna Natural, Biovarnish

Pemilihan warna natural biasanya digunakan untuk menyelaraskan gaya hunian yang dekat dengan alam. Warna natural ini akan tekstur asli bambu karena sifatnya yang transparan. Anda bisa menggunakan pada berbagai jenis bambu yang telah dikeringkan dan sudah siap untuk di-finishing. Produk bahan finishing water based yang dianjurkan untuk warna natural adalah Biovarnish. Produk Biovarnish memiliki pilihan warna natural yang bervariasi. Warna cat pagar bambu natural ini memberikan nilai estetika yang menarik.

biovarnish untuk cat pagar bambuProduk Biovarnish  ini bisa Anda gunakan dengan mudah pada pagar bambu. Berikut ini cara aplikasinya:

  1. Pastikan permukaan pagar bambu sudah kering. Pastikan juga bambu yang digunakan sudah dikeringkan karena jika bambu yang digunakan masih basah akan mempengaruhi hasil finishing. Pastikan pagar bambu bersih dari kotoran dan juga dari debu amplas.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau pallet ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Aplikasikan searah serat bambu. Kemudian tunggu kering sekitar 20 menit dan mulai diamplas dengan kertas amplas no. 240 hingga halus dan serat terlihat.
  3. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan pilihan warna sesuai selera dengan air bersih perbandingan 4 bahan : 1 air. Campurkan dalam gelas plastik hingga tercampur benar. Lalu baru aplikasikan ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit. Setelah kering barud diamplas dengan kertas amplas no.400 diamplas ambang saja. Lakukan aplikasi kembali jika warna dirasa masih kurang.
  4. Campurkan Biovarnish Clear Coat doff atau gloss dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Campurkan dalam gelas plastik dan aplikasikan ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit dan jika dirasa kurang bisa diaplikasikan kembali.

Cat pagar bambu natural ini sangat disarankan bagi Anda yang menginginkan hasil warna dekat dengan alam. Memang menarik mengekspose warna bambu asli karena akan terlihat lebih eksotik dan juga dekat dengan alam.

Orchid Enamel Paint, Cat Pagar Bambu Warna Solid

pagar warna solid bisa dilakukan degan aplikasi orchidSelain pagar bambu warna natural, ada pilihan warna lainnya yaitu warna solid. Warna solid ini akan menutup warna asli bambu. Warna solid ini biasanya banyak digunakan pada rumah model modern minimalis seperti warna hitam.

Warna hitam ini akan memberikan kesan elegan dan juga minimalis. Bambu akan terlihat sangat berbeda ketika Anda menggunakan warna solid ini. Jenis bahan finishing water based yang bisa Anda gunakan adalah cat Orchid.

Produk Orchid ini adalah cat enamel yang proses aplikasinya tidak jauh berbeda dengan Biovarnish bahkan lebih mudah. Berikut ini cara aplikasi cat kayu besi Orchid pada pagar bambu:

  1. Siapkan pagar bambu yang kering dan bersih. Persiapan tidak jauh berbeda dengan proses aplikasi Biovarnish.
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air berish perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk cat hingga rata kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Aplikasikan tipis-tipis saja karena Anda dapat mengaplikaskannya beberapa kali. Tunggu pagar bambu hingga kering kemudian diamplas dengan kertas amplas no. 400. Setelah diamplas halus Anda bisa mengaplikasikan kembali cat kayu besi Orchid. Untuk mempercepat diperoleh daya tutup, Anda bisa mengaplikasikan primer coat sebelum aplikasi Orchid.
  3. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih mengkilap lagi Anda bisa menambahkan BioColours Clear Coat Gloss. Caranya campurkan bahan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, aduk rata dan aplikasikan dengan kuas searah serat kayu.  Tunggu kering.

Cat pagar bambu solid ini walaupun tanpa menggunakan clear coat gloss juga akan menghasilkan tampilan glossy. Manakah yang lebih membuat Anda tertarik? Apakah warna natural atau warna solid?

Mengenal Lebih Dekat Cat Pagar Bambu Eco Friendly, Biovarnish dan Orchid

orchid enamel paint untuk pagar bambuCat Biovarnish dan cat enamel Orchid merupakan dua jenis cat dari Bioindustries yang direkomendasikan untuk kebutuhan finishing building material, furniture maupun craft berbahan bambu, kayu dan produk turunannya, termasuk bahan natural fiber. Cat kayu Biovarnish dan cat kayu besi Orchid adalah cat yang dibuat sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency). Sehingga, tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya yang  terdapat di dalam cat.

Dalam hal ketahanan terhadap cuaca, produk Biovarnish dan juga Orchid ini dapat digunakan pada outdoor karena tahan terhadap panas dan juga hujan. Warna tidak akan mudah luntur terutama produk Orchid yang memiliki ketahanan lebih dari tiga tahun.  Ketahanan inilah yang paling banyak dicari karena semakin produk tahan gangguan cuaca dan juga lebih tahan terhadap rayap atau jamur akan membuat bambu bertahan lebih lama.

Apakah Anda sudah menentukan warna cat pagar bambu yang akan digunakan? Silahkan konsultasikan warna yang ingin Anda beli dengan menghubungi costumer service melalui nomor 0878-3934-6433 atau menghubungi Bio Service Center Jogja, Bio Service Point Cirebon dan Bio Service Point Jepara. Atau Anda bisa juga menghubungi agen terdekat di kota Anda. Untuk keagenan produk cat kayu tahan air ini, silahkan kontak no hotline 0822-4338-0001. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 250 orang responden
%d bloggers like this: