Seperti Apa Cat Mainan Kayu SNI?

Beberapa kriteria harus dipenuhi agar suatu produk cat disebut cat mainan kayu SNI. Standar Nasional Indonesia untuk cat mainan kayu meliputi aspek kualitas, keamanan, pengemasan, hingga standar pengujian.

cat mainan kayu sni

Berikut ini kriteria agar sebuah produk cat dapat disebut sebagai cat mainan kayu dengan standar nasional.

6 Kriteria Cat Mainan Kayu SNI

  1. Daya Lekat Minimal 4B

Minimal daya lekat yang dipersyaratkan dalam cat mainan kayu saat tes crosscut adalah 4B. Tes crosscut dilakukan dengan membuat 6 garis vertikal dan horizontal yang saling tegak lurus pada panel cat yang akan diuji. Selotip kemudian ditempelkan dan beberapa saat selanjutnya ditarik cepat. Bila area yang terkelupas kurang dari 5% (standar 4B), maka cat dinyatakan lulus uji SNI untuk standar daya lekat.

  1. Kekerasan Minimal Pensil 3B

Untuk mengukur kekerasan coating cat, digunakan pensil dengan tingkat kekerasan terendah hingga tertinggi. Sebuah produk cat dinyatakan lulus uji SNI dalam hal kekerasan bila setidaknya mampu menahan goresan pensil 3B.

  1. Kandungan VOC maksimal 720g/L

VOC atau Volatile Organic Compounds adalah senyawa organik mudah menguap yang ditemukan berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Dikutip dari EPA, VOC dapat menyebabkan gangguan organ dalam, meningkatkan resiko kanker, dan menurunkan fungsi kecerdasan. Zat ini juga dapat meracuni tumbuhan dan dengan demikian, memiliki dampak buruk pada lingkungan. Contoh senyawa VOC adalah formalin dan benzena.

  1. Migrasi Logam Berat Tidak Melebihi Batas yang Ditetapkan

Hampir sama seperti VOC, logam berat dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia dan kerusakan alam. Migrasi logam berat sendiri mengacu pada mudah tidaknya bahan tersebut berpindah dari lapisan cat ke substrat lain (termasuk tubuh anak).

  1. Kemasan Aman Selama Pengiriman dan Penyimpanan

Kemasan cat harus aman saat dilakukan proses pengiriman dan penyimpanan.

  1. Informasi dalam Kemasan Sesuai Keterangan yang Ditetapkan

Kejelasan informasi menjadi salah satu konsen yang dipersyaratkan dalam SNI. Cat mainan kayu SNI harus memiliki keterangan di bawah ini dalam kemasannya:

  • Nama produk
  • Jenis
  • Warna
  • Nama serta alamat produsen (importir bila merupakan produk impor)
  • Negara tempat cat dibuat
  • Netto atau berat kering
  • Kode produksi
  • Cara penyimpanan
  • Keterangan pemakaian
  • Simbol bahaya dan simbol lainnya yang penting

Cat Mainan Kayu yang Kami Rekomendasikan

cat mainan kayu sni

Selain aman dan ramah lingkungan, seri cat Biocolours juga mampu menampilkan keindahan solid color menawan

Sebagai bahan pertimbangan, kami merekomendasikan Anda menggunakan cat mainan kayu SNI dari seri cat Biocolours khusus untuk mainan kayu. Selain sudah memenuhi standar SNI, produk cat Biocolurs khusus untuk mainan kayu juga:

  1. Mampu menampilkan warna solid maupun transparan indah dan mengkilap

  Biocolours khusus untuk mainan kayu dapat membuat bahan kayu tampak indah baik dengan warna solid maupun transparan. Tersedia beragam warna mulai dari merah, hijau, hingga kuning. Produk mainan yang dihasilkan juga akan mengkilap sesuai selera anak-anak.

  1. Standar Keamanan Sudah Memenuhi Kriteria Internasional

Semua produk Biocolours bukan hanya memenuhi standar nasional Indonesia, akan tetapi juga sudah memenuhi standar US Environmental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency. Khusus untuk cat mainan kayu, juga tersedia top coat food grade yang sangat aman dan cocok untuk anak-anak.

Silahkan hubungi no kontak dan alamat email kami untuk informasi produk lebih lanjut dan pemesanan.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 546 orang responden
%d bloggers like this: