Cat Kayu Water Based Non Formalin Untuk Finishing Kusen - Bioindustries

Cat Kayu Water Based Non Formalin Untuk Finishing Kusen

Finishing kusen memerlukan bahan finishing yang bukan hanya berkualitas, tetapi juga aman dan ramah lingkungan. Cat kayu water based untuk kusen yang bebas formalin bisa menjadi alternatif pilihan.

cat kayu water based untuk finishing kusenFinishing menggunakan cat kayu water based akhir-akhir ini mulai naik daun, tak terkecuali pada item building seperti kusen dan pintu. Aturan yang semakin ketat di negara-negara Eropa, Amerika, Jepang, dan berbagai negara maju lainnya menuntut industri furniture dan building tanah air mengikuti aturan tersebut. Salah satunya adalah diwajibkannya bahan finishing yang digunakan untuk proses finishing furniture maupun material building seperti kusen dan kayu mengacu pada standar regulasi yang telah ditetapkan.

Bahan finishing furniture dan material building berbahan kayu biasanya  mengandung senyawa organik berbahaya apabila terkandung dalam jumlah relatif besar, melebihi ambang batas atau limit yang dibolehkan. Contohnya adalah bahan kimia yang termasuk dalam golongan Volatile Organic Compound (VOC content).

Golongan bahan kimia yang termasuk dalam VOC merupakan jenis golongan bahan kimia yang sangat berbahaya, yang bisa menyebabkan terjadinya polusi udara di dalam ruangan. Efeknya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Solvent, thinner, etanol, acetone, methyl acetate merupakan contoh VOC. Bahan-bahan tersebut seringkali digunakan dalam bahan finishing atau dalam proses aplikasinya. Keberadaan VOC ditandai dengan bau, walaupun cat yang tidak berbau belum tentu telah bebas dari VOC.

Sejak proses pembuatan di pabrik, cat sudah menggunakan solvent atau pelarut. Bahan solvent seringkali digunakan dalam proses pembuatan cat, yaitu untuk proses pembentukan film agar terhasilkan lapisan film yang bagus saat cat diaplikasikan. Selain itu, solvent juga digunakan sebagai pencampur cat untuk membantu menciptakan kekentalan yang pas sehingga cat akan mudah diaduk, mudah untuk pengaplikasiannya dan cepat kering.

Kalau dilihat dari manfaatnya, sebenarnya solvent sangat bermanfaat. Sayangnya, solvent seperti halnya thinner termasuk dalam golongan bahan kimia mudah menguap yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Untungnya saat ini polimerisasi (salah satu tahap dalam pembuatan cat) dengan teknologi terbaru memungkinkan proses pembuatan cat tidak lagi membutuhkan solvent. Salah satu contoh cat yang tidak menggunakan solvent dalam proses pembuatan maupun sebagai pelarut adalah cat kayu water based dengan merk Biovarnish.

 Biovarnish yang diproduksi oleh Bioindustries ini merupakan cat kayu water based yang banyak digunakan untuk industri furniture dan material building seperti pintu dan kusen kelas ekspor.  Untuk mempermudah customer mendapatkan produk ini, Biovarnish saat ini juga dibuka untuk pasar retail. Sehingga para pengrajin kecil, DIY dan end user juga bisa menggunakan produk high quality ini. Ini juga menguntungkan bagi industri besar yang menjalin kerja sama dengan industri kecil, atau bagi buyers yang membutuhkan produk high quality dan sekaligus lolos standar keamanan produk untuk masuk pasar Eropa, Amerika, Jepang, Jerman dan negara-negara lain dengan regulasi ketat.

Biovarnish, Cat Kayu Water Based Bebas Formalin

Salah satu keunggulan dari produk Biovarnish ini dibanding produk water based sejenis maupun produk solvent based sejenis adalah produk ini merupakan produk yang aman dan ramah lingkungan (non-toxin, low VOC, no fragrance). Produk Biovarnish dikembangkan sebagai solusi pengganti bahan plitur kayu konvensional, atau pernis kayu shellac gum berpelarut minyak atau thinner. Produk ini diformulasikan dengan mendasarkan pada regulasi dari European Chemical Agency (ECHA) yang merupakan regulasi yang mengawasi, mengatur dan membatasi penggunaan bahan kimia yang berbahaya pada produk yang beredar di wilayah Uni Eropa. Biovarnish dan berbagai produk dari Bioindustries telah memenuhi standar tersebut dan dinyatakan bebas dari bahan kimia berbahaya.

Produk Biovarnish juga diformulasikan sesuai dengan standar regulasi US-EPA, yaitu lembaga pemerintah AS yang dibentuk untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungannya. Biovarnish sebagaimana produk Bioindustries lainnya telah sesuai dengan regulasi US-EPA Paint VOC regulation number 8 yang mengatur peggunaan bahan kimia yang termasuk dalam golongan VOC content.

efek formalin terhadap kesehatanGolongan logam dan bahan kimia berbahaya lainnya yang seringkali ditemukan di bahan cat seperti formaldehid (formalin), cobalt, lead, maupun merkuri juga tak terdeteksi dalam formulasi Biovarnish. Diantara berbagai bahan kimia berbahaya tersebut, formalin yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Formalin dan bahan kimia berbahaya lainnya  mampu memicu kerusakan organ dalam, memicu aktifnya sel kanker, mempengaruhi turunnya kecerdasan otak, dan berbagai penurunan fungsi tubuh lainnya.

Sangat penting untuk memahamkan masyarakat mengenai berbahayanya formalin dan bahan-bahan kimia berbahaya tersebut. Biovarnsih merupakan upaya sadar yang dialkukan Bioindustries untuk memahamkan masyarakat, betapa pentingnya memilih barang maupun produk yang aman dari bahan kimia berbahaya seperti formalin. Karena tidak bisa dipungkiri, masyarakat kita sangat dekat denagn produk yang dibalut dengan bahan coating maupun cat.

Lantas, bagaimanakah cara aplikasi Biovarnish? Berikut akan kami bahas cara mudah untuk mengaplikasikan Biovarnish, baik untuk finishing furniture ataupun finishing building material seperti kusen dan pintu.

Coating Proses Aplikasi Biovarnish, Cat Kayu Water Based Aman

Langkah awal, pastikan media kayu yang mau di-finishing sudah kering sempurna dan bebas dari kotoran maupun minyak. Siapkan alat untuk aplikasi, misalnya kuas spon, bal, spray gun serta kain/kertas amplas. Siapkan pula bahan-bahan yang akan digunakan, yaitu Biovarnish series yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat. Amplas media kayu menggunakan kertas amplas no 120. Bersihkan menggunakan lap bersih yang lembut.

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Langkah selanjutnya adalah aplikasi Biovarnish Wood Filler. Produk wood filler ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu warna jati dan mahoni. Pilih Biovarnish Wood Filler sesuai warna kayu. Apabila jenis kayu yang digunakan berbeda, pilihlah warna yang paling mendekati. Sebagai catatan, Anda tidak perlu mengaplikasikan Biovarnsih wood filler apabila dianggap kayu sudah mulus sempurna.

Aplikasikan wood filler dengan menggunakan pisau scrub (palet), kuas, bal, atau spray gun searah serat. Encerkanlah jika dianggap perlu. Proses pengenceran perlu dilakuakn selama aplikasi. Setelah diaplikasikan, tunggu hingga kering. Setelah kering, amplas permukaan kayu dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240 searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat. Pastikan wood filler telah teramplas habis dan yang tersisa hanyalah yang ada dalam pori-pori kayu

Aplikasi Biovarnish Wood Stain

biovarnish wood stain untuk finishing kusenSiapkan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang diharapkan. Warna yang banyak diminati konsumen kami adalah warna walnut brown. Namun Anda bisa memesan sesuai warna yang ada di color swatch. Jika dianggap perlu, tambahkan air bersih untuk mengencerkan atau untuk menurunkan kepekatan warna. Gunakan rasio 2 wood stain : 1 air atau 4:1 atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Aplikasikan larutan menggunakan spray gun, bal, kuas spon, atau kuas yang dibungkus dengan kain lembut bersih. Diamkan hingga kering, yaitu sekitar 60 menit. Tidak disarankan untuk dijemur secara langsung di bawah sinar matahari. Setelah kering, amplas ambang menggunakan amplas no 400. Ulangi prosesnya dengan rasio pengenceran 4:1. Tunggu hingga kering ± 30 menit.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Tahap yang terakhir adalah aplikasi Biovarnish Clear Coat. Fungsi dari clear coat ini adalah untuk melindungi, melapisi, sekaligus memberikan efek glossy. Biovarnish clear coat tersedia dalam pilihan tingkat glossy, yaitu gloss dan doff. Tambahkan air bersih dengan perbandingan 2:1. Aduk perlahan hingga homogen. Aplikasikan menggunakan kuas, bal ataupun spray gun hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai produk cat kayu water based untuk kusen yang bebas formalin beserta cara mudah aplikasinya. Untuk mendapatkan produk ini, silahkan menghubungi CS Bioindustries di no 0822-2026-5056 dan 0878-3934-6433. Jika Anda ingn berkonsultasi secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Center Jogja, Bio Service Point Jepara, atau Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 429 orang responden
%d bloggers like this: